YouTuber, Ini Rahasia Membuat Thumbnail yang ‘Menjual’

Rumus Membuat YouTube Thumbnail yang Menarik | Ryan Mintaraga (Image: Pixabay)
Rumus Membuat YouTube Thumbnail yang Menarik | Ryan Mintaraga (Image: Pixabay)

Daftar Isi

Lama baca: 2 menit

Halaman sebelumnya

Rumus 3: Hati-hati Sisi Kanan!

Apa maksudnya?

Coba buka YouTube dan arahkan mouse ke thumbnail yang ada, kita akan mendapati bahwa sisi kanan sudah penuh dengan ikon dari YouTube.

Setidaknya di kanan bawah ada durasi video, sementara di kanan atas ada ikon jam (Watch Later) dan Add to Queue.

Karena itu salah satu rumus membuat thumbnail yang menarik adalah atur sedemikian rupa agar elemen visual yang sudah kita buat berupa foto dan teks bisa tetap terlihat, tidak tertimpa ikon-ikon dari YouTube.

Rumus 4: Manfaatkan Layar Semaksimalnya

Bahasa gampangnya:

Elemen visual pada thumbnail harus dibuat sebesar mungkin.

Flashback lagi, seorang klien pernah menegur saya, mengatakan bahwa teks kecil-kecil sinematik ala-ala bioskop dan tivi sudah nggak jaman.

“Sekarang jamannya orang nonton pake hape, pake layar kecil,” katanya.  “Lu mesti buat tulisan yang gede-gede, kalo perlu segede layar.”

Begitulah, di masa kini ternyata memanfaatkan layar dengan maksimal adalah salah satu rumus membuat thumbnail yang menarik.

Lalu bagaimana mengetahui apakah elemen visual pada thumbnail yang kita buat sudah cukup maksimal di layar?

Yang pertama, berdirilah agak jauh dari komputer. Jika elemen visual yang kita buat masih terlihat jelas, maka seharusnya aman, thumbnail bakal cukup jelas saat dilihat di ponsel.

Yang kedua, perkecil ukuran gambar jadi sekitar 20 persennya. Sama seperti cara pertama, jika elemen visual berupa foto dan teks masih terlihat jelas, maka seharusnya aman saat dilihat dari ponsel.

Itulah 4 rumus membuat thumbnail yang menarik untuk YouTube. Mungkin ada teman-teman YouTuber yang punya rumus lain? Sila share di kolom komentar.

Baca juga:  Hemat Listrik agar Tak Tersengat Tarifnya

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, selamat nge-YouTube, guys! Omong-omong, mungkin netter mau tahu channel live streaming yang saya rekomendasikan?

Referensi & Tautan Luar:

  1. Modelling Six Universal Emotions, Cornell.edu
  2. Membuat Judul Berita, Blog Panduan Jurnalistik
  3. Apa itu Thumbnail? Fungsi dan Kegunaannya Lengkap, Blog Drappedia
Sumber gambar: StockSnap (Pixabay)

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar