Berwisata dan Mencari Hotel Murah di Bandung

Dengan suhu rata-rata 25° Celsius, “dingin” adalah salah satu alasan Bandung menjadi tujuan wisata favorit khususnya bagi warga wilayah panas seperti Jakarta yang suhu rata-ratanya sekitar 30° Celcius. Ditambah Bandung termasuk kota besar dan modern (metropolitan) sehingga para wisatawan tidak akan kehilangan segala kemudahan dan kenyamanan yang biasa mereka temui di tempat asalnya.

Bicara wisata di Bandung, biasanya yang terucap pertama adalah ikon Kota Kembang tersebut seperti Gedung Sate, sentra sepatu Cibaduyut, gunung Tangkuban Parahu, kebun teh, hingga kampus ITB, padahal Bandung dan sekitarnya memiliki sangat banyak destinasi wisata mulai wisata alam, kuliner, belanja, dan lain-lain.

Tulisan berikut akan mengulas sedikit diantaranya.

Kawah Putih

Bagi wisatawan yang mencari tempat dingin, objek wisata Kawah Putih adalah salah satunya. Disebut demikian karena tanah di sini berwarna putih sebagai hasil campuran belerang dengan beberapa unsur lainnya, bahkan air kawahnya berwarna putih seperti kapur. Informasinya, warna air kawahnya bisa berubah-ubah.

kawah putih, dokpri 2009 menggunakan sony dsc-p32

Bagi yang memiliki kemampuan bagus dalam fotografi, lokasi ini sangat tepat dijadikan pilihan. Pohon kering tanpa dedaunan dipadu latar danau(?) berwarna putih ditambah angle nan tepat dijamin bakal menghasilkan foto yang dramatis-romantis. Kalau perlu sebelumnya siapkan properti ala-ala winter, cocok.

Kabarnya salah satu adegan film ‘Heart’ yang dibintangi Acha Septriasa dan Irwansyah mengambil lokasi di Kawah Putih. Bukan itu saja, Kawah Putih kerap dijadikan lokasi pemotretan Pre-Wedding karena keindahannya.

Situ Patenggang

Tidak terlalu jauh dari Kawah Putih ada Situ Patenggang, sebuah danau yang dikelilingi kebun teh. Di sini pengunjung bisa melayari danau menggunakan perahu atau menginjakkan kaki ke situs ‘Batu Cinta’ yang terletak tepat di tengah danau.

Legenda mengatakan Batu Cinta adalah tempat pertemuan Ki Santang dengan Dewi Rengganis. Mereka bertemu setelah sekian lama terpisah dan saling mencari. Karena legenda itulah, konon pasangan yang mengunjungi Batu Cinta akan langgeng kehidupan cintanya. Bagi yang belum menemukan pasangan, konon akan segera menemukannya setelah singgah di Batu Cinta.

Terlepas dari mitosnya, panorama di sini instagrammable, udaranya juga sejuk meski tak sedingin Kawah Putih.

situs batu cinta di situ patenggang? dokpri 2009 menggunakan sony dsc-p32

Kawah Putih dan Situ Patenggang berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Bandung.

Yang harus diperhatikan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke dua lokasi tersebut adalah jalannya yang menanjak, karena itu pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan patuhi selalu aturan berkendara termasuk jumlah penumpang.

Rumah Stroberi

Berlokasi di Parongpong Bandung, Rumah Stroberi tampaknya adalah resto yang dilengkapi penginapan dan arena bermain tidak hanya bagi anak-anak melainkan juga remaja. Di sini pengunjung bisa menyewa ATV atau mencoba Flying Fox. Untuk anak-anak ada permainan luar ruang, termasuk kolam renang.

Namun yang paling menarik dari Rumah Stroberi adalah wisata memetik buah strawberry. Pengalaman memetik strawberry ini tentunya akan jadi pengalaman dan cerita yang mengesankan bagi si kecil.

Untuk bisa merasakan pengalaman tersebut, pengunjung diharuskan membeli tiket masuk. Setelah mendapat tiket masuk, pengunjung akan dibekali gunting dan keranjang kecil, lalu siap memetik!

memetik strawberry di rumah stroberi, dokpri 2016 menggunakan oppo f1s
memetik strawberry di rumah stroberi, dokpri 2016 menggunakan oppo f1s

Menurut pengelola kebun di Rumah Stroberi, ada waktu-waktu tertentu dimana strawberry yang dipetik jumlahnya bisa jauh lebih banyak.

Usai memetik strawberry, kita bisa memesan dan menikmati ragam makanan Indonesia ala lesehan sembari mencicipi strawberry segar yang barusan kita petik.

Mau cuci tangan? Airnya, brrr, dingin.

Surabi

Malam? Lapar? Coba meluncur ke jalan Dr. Setiabudi, Sukasari dan nikmati sajian khas yang bisa bikin lidah meleleh yakni surabi.

surabi bandung di kawasan setiabudi bandung, bikin lidah meleleh, dokpri 2016 menggunakan oppo f1s

Terdapat puluhan varian surabi yang ditawarkan mulai dari yang kekinian semacam coklat, keju, susu, greentea, dan sebagainya sampai yang tradisional seperti oncom, kinca bahkan durian.

Surabi hangat, minuman hangat, perut pun hangat dan kenyang.

Di Bandung sendiri banyak kedai surabi yang recommended, sila tanyakan mana yang terdekat dengan lokasi netter menginap.

Bicara penginapan, saat menelusuri situs Pegipegi ada sesuatu yang menarik; ternyata lumayan banyak penginapan murah di Bandung dibawah 100 ribu.

Sama sekali tak terbayang sebelumnya bahwa masih ada penginapan atau hotel murah di Bandung yang notabene metropolitan.

Lokasi penginapan itu bahkan relatif dekat dengan lokasi wisata yang dibahas di artikel ini seperti Lembang, Buahbatu, Parongpong, Sukasari, dan lain-lain.

Mudahnya Mencari Hotel

Berdasar pengalaman, mencari hotel via Pegipegi sangat mudah. Di halaman awal situsnya kita cukup memasukkan nama kota di mana kita hendak menginap, tentukan tanggal check-in dan check-out, jumlah tamu, jumlah kamar yang diinginkan, kemudian klik tombol [CARI].

Dalam sekejap, pilihan hotel yang tersedia akan ditampilkan.

Untuk membuat hasil pencarian lebih spesifik, di bilah kiri (left sidebar) kita bisa menentukan beberapa pengaturan pencarian seperti tarif kamar, bintang hotel (dari 5 sampai 1), area, fitur (kolam renang, dekat mall, akses internet, TV, dll), juga tipe hotel.

Untuk menampilkan hotel yang tarifnya di bawah 100 ribu tadi, cukup ganti angka tarif maksimal (kotak sebelah kanan di bilah kiri situs) menjadi 100000 tanpa tanda baca apapun lalu tekan [ENTER] di komputer. Hotel yang tersedia pun ditampilkan.

untuk mencari penginapan murah di bandung dibawah 100 ribu, cukup kita ubah angka sebelah kanan di tarif kamar, ketik angkanya saja tanpa tanda apapun, hasilnya ada 18 hotel murah di bandung yang sesuai, screenshot dari situs pegipegi

Menarik!

Jadi, sudah menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi berikut penginapannya bila hendak ke Bandung?

By the way, berikut sedikit oleh-oleh dari Bandung 🙂

ada di lobi hotel tempat saya menginap, ada yang tau nama hotalnya? dokpri 2019 menggunakan lg q6

Ada yang tahu nama hotelnya?

Catatan:

  • Foto yang menyertai tulisan ini adalah dokumentasi pribadi dan benar kondisinya seperti itu saat pengambilan gambar. Perbedaan kondisi mungkin saja terjadi karena adanya rentang waktu antara pemotretan dengan pembuatan tulisan.
Sumber Gambar: dokpri menggunakan Oppo F1S

Artikel Terkait

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini. Disclaimer selengkapnya.

Artikel ini mendapat 117 views sejak dipublish

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: