WhatsApp Web: Kirim WA dari Komputer

WhatsApp Web, Kirim WA dari Komputer | Ryan Mintaraga
WhatsApp Web, Kirim WA dari Komputer | Ryan Mintaraga

Daftar Isi

Lama baca: 3 menit

Meski belakangan diterpa kabar tak sedap menyangkut keamanannya, sampai saat ini WhatsApp alias WA masih menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Dilansir dari Inc.com, total pengguna aplikasi perpesanan tersebut mencapai angka 1,5 miliar di 180 negara dengan pengguna terbanyak berasal dari India (400 juta pengguna). Di Indonesia, pengguna WA disebut-sebut mencapai 40% dari populasi.

Meski populer, tidak semua pengguna mengetahui fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kebanyakan pengguna merasa cukup dengan penggunaan sehari-hari.

Salah satu fitur yang belum banyak diketahui selain trik menggunakan dua WhatsApp di satu ponsel adalah penggunaan WhatsApp Web.

Apa Itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web (WA Web) adalah fitur yang memungkinkan pengguna WA menerima dan mengirim pesan dari komputer selama terhubung ke internet. WA Web diakses menggunakan peramban (browser) dan berjalan dengan baik pada komputer Windows maupun Mac.

Sedikit flashback, seorang teman merasa heran tatkala melihat layar komputer saya.

“Mas Ryan lagi whatsapp-an ya?” tanyanya.

“Iya,” jawab saya.

“Kok bisa di komputer?” lanjutnya.

Kali lain seorang klien minta dikabari kapan ia bisa dapat jadwal editing. Cerobohnya saya waktu itu, handphone ketinggalan di rumah, sementara pada saat bersamaan saya sedang ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Saya pun menyalakan komputer, terhubung ke internet, kemudian mengirim pesan whatsapp pada klien – menggunakan komputer.

Bagaimana Menjalankannya?

Pastikan WA Bisa Menjalankan WhatsApp Web

  1. Jalankan WhatsApp di smartphone, tap ikon tiga titik vertikal yang biasanya terletak di sudut kanan atas.
  2. Jika menu WhatsApp Web tidak tampil, update dulu WA ke versi terbaru.
tap ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi whatsapp, periksa apakah ada menu whatsapp web, jika belum ada, lakukan update versi wa (screenshot)
tap ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi whatsapp, periksa apakah ada menu whatsapp web, jika belum ada, lakukan update versi wa (screenshot)

Mulai Menjalankan WA Web

  1. Di komputer, jalankan peramban dan ketik alamat https://web.whatsapp.com. Layar komputer akan menampilkan QR Code.
  2. Jalankan WA yang terinstal di smartphone lalu tap ikon tiga titik tadi dan pilih menu WhatsApp Web.
  3. Smartphone akan berubah menjadi moda kamera dengan kotak transparan di tengah layar. Arahkan kamera untuk memindai QR code yang tampil di layar komputer.
qr code yang tampil setelah kita mengetik alamat web.whatsapp.com di komputer, pindai qr code ini menggunakan ponsel, screenshot
qr code yang tampil setelah kita mengetik alamat web.whatsapp.com di komputer, pindai qr code ini menggunakan ponsel, screenshot

Selesai! Kita pun bisa WhatsApp-an di komputer.

Baca juga:  Memperbaiki Null Link di Blogspot

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Jangan gunakan pada komputer milik bersama (warnet, kantor, dll) karena program ini akan terus aktif dan terhubung dengan akun WhatsApp kita.

Meski kita menutup peramban bahkan mematikan komputer & jaringan internet, selama kita tidak logout, jendela WhatsApp kita akan langsung terbuka begitu alamat web.whatsapp.com diketikkan.

Ini tentu berbahaya.

Orang-orang yang tak bertanggung jawab bisa menggunakan akun kita untuk menghubungi seluruh kontak kita dan bisa jadi akan melakukan tindak penipuan.

Juga, beberapa orang menyebut bahwa WA Web adalah salah satu cara menyadap WA orang lain.

Apa Kegunaan WhatsApp Web?

WA Web memudahkan kita untuk kirim-kirim berkas yang dibuat di komputer (hasil kerja Word, Excel, atau foto yang sudah diedit menggunakan Photoshop, misalnya). Saya sendiri menggunakannya untuk mengirim file-file video hasil pekerjaan saya (video editing).

Selain itu, mengetik menggunakan keyboard komputer jelas lebih cepat dan nyaman ketimbang di layar smartphone.

Omong-omong, apakah netter sudah tahu bahwa ada trik anti-typo di smartphone?

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat!

Referensi & Tautan Luar:

  1. Alamat WA Web
  2. Hati-hati, Hacker Pakai WhatsApp untuk Akses Data di Desktop, HiTekno
Sumber Gambar: Gerd Altmann from Pixabay

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar