Waspada Penipuan Berkedok Investasi Titip Dana

Waspada Penipuan Berkedok Investasi | Ryan Mintaraga
Waspada Penipuan Berkedok Investasi | Ryan Mintaraga

Daftar Isi

Lama baca: 6 menit

Satu pesan singkat masuk ke ponsel saya, dikirim dari nomor 0856-5635-5459. Bunyi pesan yang saya terima tersebut adalah sbb: “JOIN INVESTASI TITIP DANA.  600rb GET 7jt.  1jt GET 15jt.  1,5jt GET 32 jt.  2jt GET 40jt.  4jt GET 80jt.  5jt GET 95jt.” Di akhir pesan ada URL yang begitu diklik membawa saya ke sebuah blog yang beralamat di https://join-recovery-sukses.blogspot.com/.

Sebagai informasi awal untuk pembaca, ini bukan pertama kalinya saya menerima pesan singkat serupa.  Pesan yang saya terima beberapa bulan lalu membawa saya ke sebuah blog yang tampilannya sama persis dengan blog di atas hanya saja alamatnya berbeda di – jika saya tidak salah ingat – https://dana-recovery-sukses.blogspot.com/

Di blog gratisan tersebut disertakan tombol [CHAT VIA WA] yang bisa diklik untuk chat dengan adminnya di nomor 0856-5635-6664.

Sebelumnya perlu saya ingatkan bahwa blog tersebut dan investasi yang ditawarkannya 99,99% TERINDIKASI PENIPUAN.

Di blognya terpajang banyak tangkapan layar (screenshot) chat WhatsApp yang memperlihatkan keberhasilan orang-orang yang menggunakan jasa mereka. Ada pula testimoni.

Karena saya yakin itu adalah penipuan, saya hanya perlu mencari bukti-bukti yang bertebaran di internet.

Baca juga: Terkena Jebakan KREDIVO

Bukti-bukti Bahwa Recovery Dana Sukses Terindikasi Penipuan

Kita mulai dari blognya saja. Sebelumnya yang perlu diketahui adalah situs apapun yang di akhirnya selalu diikuti dengan blogspot adalah situs yang pembuatannya tidak mengeluarkan biaya alias gratis 100%.

Jadi, jika ada sebuah situs yang menawarkan uang tapi menggunakan alamat gratisan, pasti ada sesuatu yang salah.  Jika bukan operasinya yang salah (melanggar hukum, misalnya), bisa jadi apa yang ditawarkan situs tersebut adalah sebuah kebohongan.

Baca juga:  Cara Download Video YouTube ke MP4, Praktis!

Nomor WhatsApp-nya Tidak Cocok dengan Domisili

Blog tersebut memajang foto seseorang berikut KTP-nya.  Dugaan saya, foto dan KTP yang dipajang adalah milik orang lain yang bisa jadi tidak tahu menahu masalah ini.  KTP yang dipajang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Kota Samarinda atas nama Walesa Landung Wibisana.  Mas Walesa ini disebutkan lahir di Semarang.

Sekarang kita cross check dengan nomor WhatsApp 0856-5635-6664 yang dipajang di blognya.

Dari penelusuran menggunakan tools HLR Lookup didapati fakta bahwa nomor 0856-5635-6664 adalah nomor yang berasal dari Makassar.  Bahkan, nomor 0856-5635-5459 yang mengirim pesan singkat ke nomor saya pun berasal dari kota yang sama.

penelusuran hlr lookup untuk nomor admin dana recovery sukses yang dipajang di blognya, screenshot

Di sini sudah ada ketidakcocokan.  KTP Samarinda, lahir di Semarang, tapi nomor ponselnya area Makassar.

Di sebuah situs, saya menemukan nomor rekening a.n Walesa Wibisana ini dilaporkan sebagai penipu dan dimaki-maki memakan uang haram.

Jumlah Visitor (Pengunjung) yang Ternyata Rekayasa

Di bilah kanan blog tersebut termpampang informasi jumlah visitors.  Saat saya mengunjungi blog tersebut, jumlah pengunjung disebut-sebut berada di angka 460.684.

jumlah visitor blog, screenshot

Tapi apakah informasi tersebut benar adanya?

Saat saya memeriksa, jumlah visitor yang dipajang di blog tersebut hanya file gambar, bukan data sebenarnya yang di-grab dari situs FlagCounter. Jika jumlah visitor itu adalah data sebenarnya, datanya pasti bisa diklik. Bila netter ingin mencoba, sila melaju ke blog tersebut dan cek jumlah pengunjungnya apakah masih sama atau sudah ada perubahan.

Bukti dari Internet Bahwa Recovery Dana Sukses Adalah Investasi Bodong

Berita dari Situs Kontan

Media daring kredibel Kontan dalam artikelnya tanggal 3 Desember 2019 memuat berita penutupan terhadap 182 investasi bodong.  Tindakan penutupan tersebut dilakukan oleh  Satgas Waspada Investasi.

Dari 182 investasi bodong yang ditutup Satgas Waspada Investasi terdapat nama Recovery Dana Sukses di urutan kelima.  Dalam keterangannya disebut bahwa usaha investasi yang dijalankannya digolongkan sebagai Money Game.

recovery dana sukses termasuk investasi bodong yang ditutup satgas waspada investasi, screenshot

Dengan adanya berita dari situs Kontan, saya rasa tidak perlu lagi mencari bukti meskipun saya jadi berpikir ulang kenapa digolongkan sebagai money game bukannya penipuan? Apakah ada Recovery Dana Sukses yang lain?

Baca juga:  Data Realtime Kasus Positif COVID-19 dari Seluruh Dunia

Sementara kita lupakan dulu.

Yang jadi pertanyaan saya adalah, “Bagaimana cara kerja mereka?”

Saya pun melanjutkan penelusuran.

Beginilah Cara Kerja Mereka Menurut Cerita Netizen

Di blog yang alamatnya saya tulis di atas tadi disebutkan bahwa dana yang kita investasikan akan diputar di permainan poker online.

Berikut kutipannya:

Disini kita hanya meng-investasikan dana kita saja untuk dikelola oleh kami, jadi kita hanya duduk manis saja menunggu Profit cair. contoh:

Contoh.. Titip 2 jt get 40 jt

Hasil 40 jt dibagi 70% 30%

Investor 70% = 28.000.000

Saya 30 % = 12.000.000

Dana titipan di putar di poker online.. dijamin 99% pasti WINZ 1% LOSE

Jikalau wins maka member yg titip dana menerima hasil total 28.000.000 dan jikalau lose/kalah member hanya dibalikin modal join awal 2 jt

Seperti disebutkan di atas, skema pembagian keuntungannya adalah 70:30 dimana mereka hanya meminta bagian 30% dari kemenangan yang didapat di permainan poker/judi online.

Korban yang tertarik dengan besarnya hasil yang akan didapat kemudian menghubungi pelaku via chat WhatsApp. Korban yang makin tertarik lalu mentransfer uang ke rekening yang digunakan pelaku. Beberapa jam kemudian pelaku memberitahu bahwa korban menang dan uang kemenangan akan ditransfer ke rekening korban sesuai skema 70:30.

Di sini permainannya.

Korban diminta mentransfer lebih dulu bagian 30% yang jadi hak Recovery Dana Sukses.

Setidaknya ada beberapa netizen yang menceritakan pengalamannya sebagai berikut:

pengalaman netizen dengan recovery dana sukses, screenshot
pengalaman netizen dengan recovery dana sukses, screenshot
pengalaman netizen dengan recovery dana sukses, screenshot

Terkuak sudah. Modus yang digunakan mirip dengan penawaran handphone murah yang pernah marak beberapa tahun lalu.  Uang pertama yang mereka ambil dari korban jumlahnya kecil saja sambil mereka memberikan iming-iming bahwa korban akan mendapat sesuatu yang jauh lebih besar dibanding nominal yang dikeluarkan.  Setelah korban teriming-iming, mereka akan merayu korban mentransfer lagi sejumlah uang.

Jadi, korban kena dua kali.

Baca juga:  WhatsApp Web: Kirim WA dari Komputer

Harus saya akui, mereka hebat dalam mempermainkan psikologis korban.

Lalu, apa satu kata yang pantas buat mereka?

Penutup

Penelusuran lanjutan saya menemukan mereka punya akun facebook dan hari ini (25 Desember 2019) baru saja mengiklankan diri di sebuah situs lowongan kerja.

Untuk akun facebooknya, saat ini mereka mencomot foto desainer Dian Pelangi sbb:

foto dian pelangi yang dicomot pelaku, sumber: grid

Sama seperti Walesa yang KTP dan fotonya dicomot si pelaku, pemilik foto di atas ini pun dimaki-maki oleh netizen yang jadi korban.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, tetap cermati setiap penawaran – khususnya yang ada di internet, dan tetap berhati-hati karena penipuan berkedok investasi titip dana ini punya banyak blog bernama mirip yang semuanya di-host di blogspot.

Ada yang ingin berbagi pengalaman? Sila tulis di kolom komentar atau ikuti terus update terbaru seputar artikel ini.

Halaman berikutnya: Update “Waspada Penipuan Berkedok Investasi Titip Dana”

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

78 pemikiran pada “Waspada Penipuan Berkedok Investasi Titip Dana”

  1. Sangat meresahkan mas,tlg di pantau dan dilaporkan…Hampir saya tergiur tawaran nya,IG : bayu_lemana77 tapi saya ragu dan tidak jadi. Terima kasih atas informasinya mas Ryan M.

    Balas
  2. jaman internet sebelum kita melakukan hal yg berhubungan dgn uang,situs,dll harap cari infonya dulu di google. sy jg hampir tergiur dgn titip dana,tp untung sy cari infonya dulu & nemu artikel ini. trimakasih utk yg nulis artikel ini. semoga tdk ada lg orang yg ketipu.

    Balas
    • Iya, Mas Ardi. Semoga nggak ada lagi yang ketipu. Hari gini, uang sangat berarti seberapapun nilainya. Terima kasih kunjungan dan komentarnya…

      Balas
      • Sy jg kena tipu barusan bang… dgn no.085340104499..berharap ketiban bulan…eh malah ketiban tangga, bisa bntu cek alamat no.ponsel tersebut

        Balas
      • Sy jg kena tipu mas barusan 600rb salahnya saya stlh trf baru cari tau…aduh nasib bgt lg susah bgni 600jg berharga bgt ya terkutuk tu org

        Balas
        • Rekening yg dia pakai atas nama andi syahrul sahrani bank BTPN stlh 5menit sy trf sy baca brita kl ini penipu lsg sy tlp halo bca spy diblok atau tarik dana trnyata tdk bs krn bank lain tp sdh dibantu untk pelaporan blokir ke bank btpnnya smoga aj berhasil dannplakunya cpt tertangkap ya…

          Balas
          • Terima kasih informasinya, Mbak. Semoga pelakunya bisa ditangkap. Masalahnya, seingat saya ada minimal besar kerugian supaya penipuan seperti ini bisa diperkarakan…

  3. mas ryan tolong di cek saya baru baca di ignya sangat menggiurkan saya juga sudah berminat tapi masih ragu-ragu dari sistem hampir sama kaya yang mas ryan jelaskan,,nama ignya bayu_lesmana77 tolong pantau mas

    Balas
  4. Mas mohon bantuannya utk apakah akun @bigprofit_investment apakah juga sama dgn embel2 keuntungan yg gede, terimakasih,

    Balas
  5. Mas, ini adalagi dari instagram
    +62 823-5414-3257
    Ini nomor penipunya. Bank BTPN atas nama BIMA PRAKOSO
    alamat telp nya dari mana pak ?

    Balas
  6. Met malam Pak Ryan..
    Tadi sore saya sudah semoat transfer ke rek An. Muh Wahyu Dwi Putra norek
    Silahkan di transfer bosku untuk dana titipanya ke

    Bank BTPN
    A/n : Muh. Wahyu Dwi
    No rek : 90200048784
    Kode bank : 213

    Mohon buktinya klo sudah di transfer di kirim ya
    Nah barusan saya diinfo menang tapi harus transfer dulu fee 30% dari 7.000.000 (2,1 juta) kembali ke rek tsb diatas.
    Boleh dibantu Pak Ryan cek no WA admin tsb 085320474748 lokasinya?

    Terim kasih

    Balas
    • Mas Syukri, dengan menggunakan tools HLR Lookup, tercatat nomor WA di atas berasal dari Bandung, tapi lokasinya belum tentu di Bandung. HLR Lookup hanya mengindentifikasi – istilahnya – kode area sebuah nomor ponsel…

      Balas
  7. Pak saya mau tanya kalau investasi_dana_sukses bagaimana, ig-nya investasi_dana_sukses, saya sudah kirim 500rb dan trnyata mereka bilang win, dan minta dana yg 20%..setelah itu akan ditransfer 7jt..menurut bapak bagaimana?

    Balas
    • Mas Johanis, modusnya sama seperti pengalaman teman-teman di sini. Kalau saya 99% yakin Masnya sudah kena, karena itu jangan transfer lagi…

      Balas
  8. Wah guys saya jumpa di instagram
    Investasi_official
    Sama persis yang di tawarkan iseng aja chat di wa Malahan dijamin menang 100% haha
    Di instagram hanya ada bukti orang trf tapi tidak ada bukti orang yang trf mendapatkan hasil yang di tawarkan harus pinter pinter jaman skrg mana ada dapat duit dengan hasil seperti itu kalau ada mungkin ga ada org miskin lagi di indonesia 😂

    Balas
  9. Silahkan Langsung Melapor Ke Polisi Terdekat Bahwa Anda Telah Menjadi Korban Penipuan , Jangan Lupa Bawa Bukti Anda Seperti Bukti Trf , Rekening Koran , Bukti Chat Anda Ke Pelaku Setelah Itu Mintak Surat Pemblokiran Rekening Penipu Dan Anda Langsung Pergi Ke Bank Yang Digunakan Penipu Untuk Memblokir Rekening Bank Penipu Dan Mengatakan Ke Pihak Bank Kejadian Yang Anda Alami Serta Menunjukan Surat Laporan Polisi Yang TelahAnda Buat Tadi

    Semoga Bermanfaat😊

    Balas
    • 4Y0 5393R4H J01N
      PR09R4M 1NV35T451
      600 G3T 7jt
      1jt G3T 15jt
      1,5jt G3T 32jt
      2jt G3T 40jt
      4jt G3T 80jt
      5jt G3T 95jt
      1NF0 L3N9K4P alamt webnya
      bit.ly/RECOVERYDANAONLINE

      Pak Ryan, ni saya barusan dapat SMS dri nomor +6285248233019 ni dgn isi SMS kaya diatas, bsa tolong di Cekin ga pak….

      Balas
  10. Apakah ada info biar uang bisa kembali?? Saya baru kena tipu ilang 4.100.000 no hp nya ini +62 823 3064 6076

    Balas
  11. Tgl 1 Juni 20 pagi sekitar pukul 06.00 pagi saya bangun pagi, di sela-sela waktu itu saya membuka akun sosmed Instagram dan saya menemukan iklan yg mengarah ke akun @tanaminvestasisukses . Di akun tersebut menawarkan berupa jasa titip dana yg berupa “titip Rp. 500.000,- akan mendapat uang sebesar Rp. 7.000.000,- dalam waktu 6 jam akan cair. Entah setan apa yg merasuki saya menjadi sangat tergiur melihat iklan tsb mengingat kondisi keuangan saya yg banyak cicilan belum lunas sehingga saya menjadi gelap mata untuk ikut program tersebut. Sekitar pukul 13.28 saya disuruh transfer oleh pihak penipuan tsb, pertama-tama sebesar Rp. 500.000,- ke no. Rek. CIMB NIAGA A/C 761610848600 a.n Wahyu Jayadi Putra dari rekening OCBC NISP saya. Setelah transfer, disuruh menunggu selama 6 jam. Kira-kira pukul 19.11 saya disuruh transfer lagi sebesar Rp. 1.400.000,- ke rekening yang sama tadi, yang mana katanya untuk bagi hasil. Setelah transfer, saya dijanjiin dana Rp. 7.000.000,- akan cair dalam waktu 5 menit. Akhirnya pihak tersebut mengabari kalau dana sudah cair dengan mengirimkan bukti transfer dari Bank Danamon dengan no. A/C 0036 25225 143 dengan pengirim bertuliskan D-Save. Setelah saya cek M- Banking OCBC NISP saya, ternyata dana Rp. 7.000.000,- yg dijanjikan tidak kunjung masuk (tak ada notifikasi transfer masuk sama sekali). Saya coba transfer dana dari akun Bank saya yang lain ke rekening OCBC NISP saya sebesar Rp. 15.000,- dan langsung masuk dananya (ada notifikasinya), dari situ saya baru menyadari kalau ada hal yang aneh mengapa dana Rp. 7.000.000,- yg dijanjikan tidak masuk (tak ada notifikasinya), setelah itu saya menghubungi pihak tersebut perihal mengapa belum masuknya imbal hasil yg dijanjikan, namun pihak tersebut malah menyuruh saya untuk transfer lagi sebesar Rp. 4.000.000,- ke rek. CIMB NIAGA yang tadi untuk pancingan, katanya error dalam transfer dananya ke rekening saya, namun saya memutuskan untuk tidak transfer lagi karena saya menyadari kalau saya ditipu.

    Balas
    • Itu dia, Mas. Mereka pintar sekali mempermainkan psikologis korbannya. Karena itu saya mengambil kesimpulan kalo mereka ini penipu profesional & sangat berpengalaman…

      Terima kasih banyak sharingnya, Mas. Saya sangat prihatin bacanya, semoga pengalaman Mas bisa jadi contoh buat kita semua, dan semoga uang yang hilang bisa segera kembali.

      Balas
      • Sama saya juga kena tipu mas,,tpi bagaimana lgi uangnya gak bisa kembali lgi..biar Allah SWT yg membalasnya,di dunia atau pun di akhirat buat penipu itu.

        Balas
        • Iya, Mas. Pada akhirnya kita cuma bisa pasrah. Mau dikejar secara hukum juga sepertinya susah karena kerugian pribadi yang relatif kecil. Dulu seingat saya kasus penipuan baru bisa dilaporkan kalau kerugiannya minimal 2,5 juta – kalau saya nggak salah ingat. Celah ini yang dimainkan para penipu itu…

          Balas
  12. Pak. Ryan ini nongol lagi tapi menggunakan nama Agus Sugiharto sekarang di Surabaya kantornya katannya, apa benar itu bos

    Balas
  13. Makasih banyak mas
    Hampir aja aku transver 5 ratus ribu

    Masalahnya iklannya muncul di instagram. .

    Dan tampilannya menarik
    Coba tolong aparat yang berwenang mengusut

    Balas
    • Saya pernah ngasih link web Recovery Dana Sukses ini ke Divisi Cyber Crime Polri. Entah ada hubungannya atau nggak, beberapa hari kemudian keluar imbauan dari Polri agar masyarakat mewaspadai apa yang disebut sebagai investasi bodong.

      Balas
  14. Dari tulisan di atas dan komentar teman2 yg uda pengalaman,aku baru menyadari bahwa jaman skrg gak ada namanya bisa untung besar yg menghasilkan bnyak uang tanpa usaha bekerja.
    Trnyata Allah msh ksh aku petunjuk soal ini.. Baru bbrp jam lalu aku jg hmpir jd korban, kronologi nya sm sprti yg di atas. Bedanya Mreka pakek no hp n no rek yg bkn itu lg.Tp alhmdllah aku blm sempet trnsfer krn aku lgsg cari referensi di internet dan dpt tulisan ini. Makasi bro ini sangat mmbantu.

    Balas
    • Saya pernah kasih link tulisan ini ke seorang polisi yang kebetulan bertugas di Cyber Crime Polri. Beberapa hari kemudian – entah ada hubungannya atau tidak – muncul imbauan polisi pada masyarakat untuk waspada investasi bodong. Untuk tindakan berikutnya, saya nggak tau…

      Balas
  15. ak kena 2x, pulsa 6 juta, transfer 14,400,000 2x rugi sampe 34 juta lebih. 😭😭😭😭😭😭😭😭😭 emang pinter bgt buat ngelabui psikis korbannya. emang harus fokus trus.

    Balas
      • Apakah uangnya balik Mbak?
        Saya kena pulsa ke nomer yang sama dengan Mbak Angel sebesar 2 juta dan ke rekening BCA juga 29 jutaan,,yang BCA saya proses blokir dan penipu mengembalikannya,,cuma yang pulsa dua juta ini lagi tahap memperjuangkan masih cari caranya, nomer sudah tidak aktif,,tapi kemungkinan aktif lagi karena Mbak Angel ini posting 30 Maret dan saya kena tanggal 18 April dia kasih nomer hp yang sama untuk diisi pulsa, berarti nomer ini aktif,,Mbak Angel dan yang lainnya bisa berjuang di BCA untuk minta blokir rekening penipu,,ini penipu mau mengembalikan ke saya karena saya yakin dia jumlah uang di rekening banyak sekali daripada rekeningnya diblokir mending dia kembalikan uang saya

        Balas
        • Aduh, ngeri bacanya.

          Semoga sharing Mbak Sofi bisa menginspirasi teman-teman yang jadi korban untuk memperjuangkan uangnya supaya bisa balik…

          Balas
      • Halo mba angel, lokasi dimana ya ? saya juga lagi proses kepolisian, tpi saya bukan transfer ke jo yenny rani, org yg menipu saya yang transfer ke jo yenny rani

        Balas
  16. Saya salah satu yang kena tipu. Sadar kena bakal ditipu tapi gw ikutin permainannya, udahannya nyesal. Waspada rekening atas nama REGI SANDRA di BTPN 90360016355. Pemilik KTP Surabaya an: Shandy Sofian Haryadi. Saya ada KTP ybs, entah palsu atau tidak.

    Balas
    • Penyelidikan yang mahal, ya, Mas Kopi. Terimakasih banyak untuk informasinya. Sedikit tambahan, mungkin NIK-nya bisa dilacak keberadaannya di situs KPU…

      Balas
  17. Tadi sebelumnya saya tertarik sekali dengan RECOVERY DANA SUKSES… Karena penasaran saya mencari informasi pendukung dan browsing ternyata dana titipan bodong… Artinya saya belum sempat transfer… Terima kasih ya Alloh atas bimbingan Mu

    Balas
  18. Maaf utk meringkus nya di telusuri saja no rek mereka di Bank BPTN rek No :90110026846 atas nama A. Muh Ilham Ramsadu ini adalah penipu silakan para petugas bantuannya.

    Balas
  19. Hehe barusan gue baru nyadar gue kena tipu
    Dia saat ini pake nomer WA 081526131314
    Yaudah lah ikhlas aja , kasih sumbangan utk org yg membutuhkan, biar nanti dia dapat karma makan duit hasil nipu.
    Gue udh sempet trf 600rb , lalu diminta trf 30% nya ke dia , disitu gue baru nyadar.. anjir gue kena tipu
    Hahaaha yah pembelajaran (yg mahal) ajalah buat gue supaya level goblok gue dikurangin wkwkwk

    Balas
  20. Banyak org yg masih belum melek investasi yaa :(. Modal kecil, untung gede, risiko Nil, kalo buat orang bank ato yg ngerti investasi, itu bullshit :p. Kasian Ama orang2 yg msh percaya ginian..

    Balas
    • Iya, Mbak. Apalagi ‘investasi’ ini yang return-nya 1.000% lebih dalam waktu singkat, sudah pasti nggak beres, apalagi dijanjikan 99% pasti menang.

      Istilahnya too too too good to be true. Terimakasih kunjungannya 🙂

      Balas

Tinggalkan komentar