Tips Memilih Lampu Canggih untuk Rumah Tinggal

Halaman sebelumnya

Bagaimana Cara Menghitungnya?

Rumus yang saya temukan cukup rumit, tapi mudah diaplikasikan dengan cara sederhana.

Begini langkah-langkahnya:

  1. Kita tentukan terlebih dahulu nilai LUX yang diinginkan.
  2. Kalikan nilai LUX dengan luas ruangan.
  3. Kalikan lagi dengan koefisien yang nilai tengahnya 0,5 (50%)
  4. Kalikan lagi dengan ligh loss factor yang nilai rata-ratanya 0,7 (70%)

Contoh:

Sebuah kamar mandi berukuran 2×3 meter akan dipasangi lampu dengan nilai 250 LUX supaya terang.  Maka untuk mengetahui nilai lumens yang tepat dari lampu tersebut adalah:

  1. Tentukan nilai LUX, yaitu 250
  2. Kalikan LUX dengan luas ruangan, 250 x 2 x 3 = 1500
  3. Kalikan dengan koefisien 50%, 1500 x 0,5 = 750
  4. Kalikan lagi dengan loss light factor 70%, 750 x 0,7 = 525

Maka lampu yang kita butuhkan adalah yang memiliki tingkat kecerahan 525 lumens.

Untuk memudahkan pencarian produk, kadang nilai lumens ini perlu dikonversi ke watt.

Dari beberapa situs, rata-rata 1 watt LED setara dengan 75 lumens.  Ini hanya nilai rata-rata karena bisa dibilang setiap merek punya nilai sendiri, ada yang 1 watt = 80 lumens, ada pula yang 90 lumens.

Jika kita anggap 1 watt = 75 lumens, maka 525 lumens setara dengan 7 watt (525:75).

Jika kita anggap 1 watt = 90 lumens, maka 525 lumens setara dengan 5,8 watt (525:90). Kembali lagi, besaran watt itu tidak sama antara merek satu dengan lainnya.

Di internet tersedia kalkulator untuk menghitung konversi dari lumens ke watt. Nilai standar lumens/watt yang digunakan di situs tersebut adalah 1 watt = 90 lumens, namun bisa diganti-ganti.

Saya juga menemukan tabel konversi lumens ke watt sbb:

tabel konversi lumens ke watt, angka 220+ hingga 1300+ adalah lumens, sesuaikan dengan jenis lampu yang diinginkan (sumber: dekoruma)

Mengaplikasikan Lampu Canggih di Rumah

Untuk penempatan lampu canggih, ingatlah bahwa tidak semua fitur cocok diaplikasikan di sebuah ruangan, misalnya lampu ber-CCTV tentu tidak etis dipasang di ruangan yang sifatnya privasi seperti kamar mandi.

Sila cek contoh pengaplikasian lampu canggih di bawah ini:

  1. Sensor gerak, lampu akan menyala saat menangkap adanya gerakan dalam radius tertentu.  Untuk rumah tinggal, lampu ini pas dipasang di gudang atau ruang tertutup karena sensornya yang sensitif hingga radius 8 meter bisa memberi rasa waswas bila lampu tiba-tiba menyala sendiri.
  2. Sensor cahaya, lampu akan menyala bila kondisi sekitarnya gelap. Lampu seperti ini cocok dipasang di titik yang terkena cahaya matahari misalnya teras.  Karena menyala otomatis saat gelap, kesannya seolah-olah ada orang di rumah
  3. Tricolour, lampu memiliki tiga warna yang berubah setiap kita mematikan/menyalakan saklar.  Warna yang umumnya ada di lampu ini adalah putih, putih kekuningan, dan kuning.  Lampu tricolour lebih cocok dipasang di teras atau ruang tamu dimana kita bisa mengganti mood ruangan.  Tidak cocok untuk ruang kerja karena proses mengganti warnanya tidak praktis.
  4. Smart bulb, lampu yang terkoneksi dengan WiFi sehingga bisa kita matikan/nyalakan dari mana saja.  Ini adalah lampu all-in-one karena bisa dipasang di manapun kecuali di luar ruang karena harganya yang lumayan.  Dengan smart bulb, kita bisa menjadwalkan kapan lampu otomatis menyala, mati, meredup, atau bahkan berganti warna (tergantung tipe).  Paling cocok dipasang di kamar tidur, ruang belajar, dan ruang keluarga dengan contoh penjadwalan lampu akan mati/berganti warna setelah jam 10 malam dan menyala sendiri jam 5 pagi.
  5. Lampu yang sekaligus berfungsi sebagai CCTV.  Meski mahal, penempatan lampu ini adalah di luar ruang untuk mengawasi kendaraan pribadi.  Lampu dengan CCTV ini juga cocok dipasang di ruang tamu atau keluarga.  Bahkan, lampu dengan fitur ini cocok dipasang di rumah yang difungsikan sebagai kos-kosan.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat.

Referensi & Tautan Luar:

Sumber Gambar: Rumah123

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini. Disclaimer selengkapnya.

Artikel ini mendapat 126 views sejak dipublish

Leave a Reply

%d bloggers like this: