Rangkuman Dasar Pelatihan Pembuatan CV atau Resume dari TopKarir

Rangkuman Dasar Pelatihan Pembuatan CV Atau Resume Dari TopKarir | Ryan Mintaraga (Image: Envato)
Rangkuman Dasar Pelatihan Pembuatan CV Atau Resume Dari TopKarir | Ryan Mintaraga (Image: Envato)

Daftar Isi

Lama baca: 3 menit

Salah satu portal online yang selalu memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya adalah TopKarir.  Memiliki tujuan untuk membantu anak muda dalam mengembangkan karirnya, TopKarir pun menyediakan berbagai macam fitur layanan yang sangat membantu tujuan tersebut.  Salah satu fitur layanan dari TopKarir berisi tentang pelatihan yang ilmunya bisa diterapkan untuk mengembangkan karir Anda.

Kali ini, pelatihan yang akan dibahas memuat materi tentang cara membuat CV yang baik dan benar agar nantinya berpeluang lebih besar untuk dilirik perusahaan afau rekruter.

Materi pembuatan CV yang menarik ini dibahas oleh pemateri bernama Agata Paskarista, seorang consellor dan brand ambassador dari TopKarir.

Memahami bidang pengembangan karir dan skill, Agata pun membagikan ilmunya mengenai beberapa hal yang bisa dimasukkan ke dalam CV.

Hal-hal yang Bisa Dimasukkan Dalam CV

Menurut Agata, beberapa hal yang bisa Anda masukkan ke dalam CV adalah:

  1. Informasi Pribadi
    Masukkan informasi pribadi yang memang dibutuhkan oleh perusahaan.  Informasi pribadi tersebut berupa nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat surel yang aktif, serta alamat tempat tinggal Anda.
  2. Latar Belakang Pendidikan
    Di dalam CV, Anda bisa memasukkan latar belakang pendidikan formal yang telah Anda lalui.  Pastikan Anda menulis urutan riwayat pendidikan dari mulai yang terbaru hingga yang terlama.  Dalam poin ini, yang ditulis hanya pendidikan di lima tahun terakhir.
  3. Pengalaman Profesional
    Anda bisa mencantumkan pengalaman profesional yang Anda jalani sebelumnya.  Anda bisa menuliskan perusahaan beserta posisi pekerjaan Anda yang dulu.  Cantumkan juga tugas dan penghargaan yang pernah Anda capai sebelumnya.
  4. Keterampilan dan Kualifikasi yang Relevan
    Dalam hal ini, bacalah kualifikasi dari posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar.  Selanjutnya, carilah keterampilan Anda yang sesuai dengan kualifikasi posisi tersebut.
  5. Daftar Pencapaian dan Penghargaan
    Selain pengalaman bekerja secara profesional, Anda juga bjsa menuliskan pencapaian dan penghargaan dari beberapa sumber yang pernah Anda dapatkan.  Jangan lupa untuk menuliskan tahun beserta sumbernya.
  6. Publikasi yang Relevan
    Anda bisa memasukkan berbagai macam publikasi yang sesuai dengan posisi atau bidang yang Anda jalani.  Publikasi bisa berupa artikel, jurnal, presentasi, juga buku.
  7. Daftar Asosiasi dan Afiliasi Profesional
    Jika Anda seorang fresh graduate, pastinya Anda belum bisa untuk memenuhi poin ini karena belum menerima afiliasi.  Namun, jika Anda memilikinya, Anda bisa mencantumkannya ke dalam CV.
  8. Periksa Kembali
    Pemeriksaan kembali wajib dilakukan untuk menghindari kesalahan ataupun kekurangan dalam penulisan informasi yang Anda cantumkan.
  9. Masukkan Skill
    Dalam memasukkan skill, Anda bisa untuk mencantumkan dua jenis skill yang relevan dengan bidang pekerjaan tersebut.  Kedua jenis skill tersebut, yakni hard skill dan soft skillHard skill bisa diketahui secara langsung, namun tidak dengan soft skill.
    Di pelatihan ini, Agata juga menyebutkan ada 6 soft skill yang bisa dipakai, antara lain aktif mendengarkan, kemampuan berkomunikasi, kemampuan interpersonal, kepemimpinan, manajemen waktu, dan memecahkan masalah.
Baca juga:  Ngeblog di Era Pandemi Agar Otak Tetap Tajam

3 Tips Khusus Menulis CV

Selain membahas hal-hal yang bisa dimasukkan ke dalam CV, Agata juga menjelaskan mengenai 3 tips khusus untuk menuliskan CV yang baik dan benar.

Tiga tips khusus tersebut, yakni mengakali sistem dengan cara menggunakan bahasa yang formal, tunjukkan kemampuan, serta membahas pengalaman lain yang mungkin Anda punya dan jangan sebatas pengalaman kerja saja.

Nah, itu dia sedikit review video pelatihan Agata dari TopKarir.  Jangan lupa untuk diterapkan ya!  Adapun bagi para fresh graduate, blog ini memberikan tips sukses melamar kerja yang bisa diterapkan.  Selamat membaca! [p/pr]

Sumber Gambar: Envato

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar