Panduan Memilih PlayStation 3, Konsol Lawas yang Masih Menggoda

PlayStation 3 (PS3) memang barang lama.

Sony sendiri kabarnya sudah menyiapkan PlayStation 5 sebagai next-gen console penerus PlayStation 4 yang saat ini dijual di rentang 4,5 hingga 8 juta-an.

Meski barang lama, harga PS3 yang lebih bersahabat membuat konsol ini masih banyak peminatnya.  Di sebuah marketplace, konsol yang dirilis pertama kali tahun 2006 ini dijual dengan harga 800 ribu hingga 2,5 juta-an.  Saya bahkan menemukan konsol PS3 yang dijual dengan harga Rp 650.000.

Menarik bukan?

Tulisan ini merupakan panduan mudah bagi netter yang ingin memboyong konsol PS3 baik untuk dimainkan sendiri, untuk anak, maupun hiburan keluarga.  Beberapa poin yang nantinya saya tulis mungkin sudah tidak update – tergantung kapan netter mengunjungi tulisan ini.

Siap?  Mari kita mulai!

Kok PS3 Beda-beda?

Pertama kali yang harus diketahui sebelum membeli PS3 adalah, konsol ini punya banyak versi baik hardware maupun firmware.  Banyaknya versi tersebut mungkin bakal membingungkan calon konsumen sehingga ujung-ujungnya malah batal atau membeli yang paling murah dengan pikiran, “Ah yang manapun sama aja, yang penting bisa main.”

Lalu apa saja versi PS3 yang beredar?

Dari hardware, versi PS3 adalah:

  1. Fat
  2. Slim
  3. Super Slim

Dari firmware, versi PS3 adalah:

  1. OFW
  2. CFW

Sehingga akan ada 6 kombinasi PS3 antara lain:

  1. Fat OFW
  2. Fat CFW
  3. Slim OFW
  4. Slim CFW
  5. Super Slim OFW
  6. Super Slim CFW

Kombinasi yang membingungkan bukan?

Kebingungan mungkin akan bertambah saat kita dihadapkan pada kapasitas hardisk yang ditawarkan mulai 20 hingga 500GB.  Belum lagi jika penjual mengatakan PS3 yang dijualnya menggunakan HAN, HEN, HFW, ODE, dll.

Tapi sudahlah, sementara kita fokus pada sisi hardware dan firmware PS3.

PS3 FAT

Fat adalah generasi pertama konsol PlayStation 3 alias yang paling tua usianya, ukurannya pun paling bongsor dibandingkan penerus-penerusnya meski sepintas terlihat paling sangar dan hi-tech.  Berdasar pengamatan, cara paling mudah mengenali PS3 Fat adalah bodinya yang glossy (mengkilap) dengan tulisan tersemat PLAYSTATION 3 berwarna perak.

Di pasaran, tipe PS3 inilah yang harganya paling murah.  Bahkan saat tulisan ini dibuat, harga PS3 Fat sudah berada di bawah 1 juta rupiah.

Karakteristik:

  • Harga jualnya paling murah dibanding tipe-tipe lainnya.
  • Punya ‘penyakit’ yang jadi momok bagi penggunanya yaitu YLOD (Yellow Light of Death).  YLOD yaitu kondisi dimana PS3 mati akibat overheat (kepanasan).  Konon PS3 yang sudah pernah kena YLOD bakal jadi langganan tukang servis setiap 2-3 bulan sekali.

PS3 SLIM

Jika tadi disebutkan bahwa Fat adalah generasi PS3 paling tua, generasi berikutnya yang dirilis adalah tipe Slim.  Bentuknya masih agak mirip tipe Fat, bedanya adalah bodi konsol yang doff, tidak lagi glossy seperti tipe Fat.  Lantas tulisan yang tersemat di bodinya adalah PS3, bukan lagi PLAYSTATION 3.

Di pasaran, PS3 Slim rata-rata dijual di kisaran 1,2 hingga 1,8 jutaan.

Karakteristik:

  • Kemungkinan terkena YLOD tidak sebesar tipe Fat.
  • Firmware-nya bisa CFW sehingga dapat memainkan game-game non-ori (bajakan).
  • Karena menggunakan prosesor yang sama dengan tipe Fat, PS3 Slim masih bisa kena YLOD.

PS3 SUPER SLIM

Ini adalah generasi terakhir dari keluarga PS3.  Bodinya paling kecil dibandingkan kakak-kakaknya, juga sedikit lain.

Ada tekstur garis-garis di bagian atas konsol (jika konsol diletakkan horizontal).  CD tray-nya dibuka manual dengan cara digeser (slide), tidak lagi auto telan seperti tipe Fat dan Slim.  Tombol on-nya pun terletak di depan (jika konsol diletakkan horizontal), bukan di atas seperti kakak-kakaknya.

Di pasaran, harga PS3 Super Slim tidak jauh beda dengan tipe Slim, rata-rata di kisaran 1,5 hingga 2 jutaan.

Karakteristik:

  • Diklaim sudah bebas YLOD.
  • Menggunakan komponen yang speknya lebih tinggi namun lebih dingin dibanding kakak-kakaknya.
  • Tidak mudah menemukan PS3 Super Slim versi CFW.
  • Jika ada versi CFW-nya, tidak mudah diinstal game-game non-ori (bajakan).

Halaman berikutnya: PS3 OFW

Baca Juga: Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk

 

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini. Disclaimer selengkapnya.

Artikel ini mendapat 125 views sejak dipublish

2 thoughts on “Panduan Memilih PlayStation 3, Konsol Lawas yang Masih Menggoda”

    • Iya, Mbak. PS3 (dan PS4) banyak tipenya. Sebelum beli memang harus browsing-browsing dulu biar nggak salah. Btw, biasanya yg harga 600 itu yg tipe Fat, not recommended. Terimakasih kunjungannya 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: