Cara Mendaftar GMail, Lengkap dengan Gambar!

Cara Mendaftar GMail | Ryan Mintaraga - Image: Pixabay
Cara Mendaftar GMail | Ryan Mintaraga - Image: Pixabay

Daftar Isi

Lama baca: 6 menit

Pada awalnya GMail tak lebih dari layanan surat elektronik (surel, e-mail) milik Google dengan kapasitas awal sewaktu pertama kali diluncurkan (April 2004) ‘hanya’ 1GB. Tapi jangan salah, kapasitas sebesar itu sudah lebih besar dibanding yang diberikan penguasa saat itu yaitu Yahoo!Mail yang berada di kisaran 250MB jika saya tidak salah ingat. Saat itu pula, kita hanya bisa memilikinya dengan sistem undangan, artinya hanya pengguna yang ‘beruntung’ yang bisa memiliki akun GMail.

Enam belas tahun kemudian, GMail menjadi bagian tak terpisahkan bahkan menjadi dasar bagi seluruh layanan terintegrasi Google seperti YouTube, Google Play, Google Duo, Google Drive, dan sebagainya termasuk Blogspot. Bahkan, hampir semua telepon cerdas berbasis Android mensyaratkan penggunanya memiliki akun GMail.

Karena itulah, memiliki sebuah akun GMail rasanya menjadi sebuah keharusan. Lantas, bagaimana caranya mendaftar?

Langkah berikut dikutip dari situs caranya.online, mari kita simak!

Panduan Langkah Demi Langkah Mendaftar GMail

Memulai Pendaftaran

  1. Di peramban, ketikkan alamat https://gmail.com.
  2. Tergantung bahasa yang digunakan, di sudut kanan atas layar ada tombol bertuliskan ‘Buat Akun’.  Klik untuk memulai proses pendaftaran.
    klik tombol ‘buat akun’ untuk memulai proses pendaftaran (screenshot)
  3. Kita akan diminta memasukkan nama depan dan belakang, juga alamat GMail yang diinginkan beserta kata sandinya (password).  Di kolom Konfirmasi yang letaknya persis bersebelahan dengan Sandi, ketik ulang password yang sudah kita tentukan sebelumnya.  Lanjutkan dengan mengeklik tombol ‘Berikutnya’.
    isi nama depan & belakang, lalu alamat gmail yg diinginkan berikut passwordnya, ulangi lagi pengetikan password di kolom konfirmasi, lalu klik tombol ‘berikutnya’ (screenshot)
  4. Jika alamat GMail yang kita inginkan ternyata sudah dimiliki orang lain, sistem akan menolak permintaan dengan pesan ‘Nama pengguna tersebut telah digunakan.  Coba yang lain’.  Coba masukkan alamat lain atau pilih satu dari beberapa alamat yang disarankan Google.
    peringatan ini muncul jika alamat gmail yang kita mau ternyata sudah dimiliki orang lain, kita bisa coba memasukkan alamat gmail lain atau memilih alamat yang disarankan google (screenshot)

    Verifikasi

  5. Google akan meminta kita memasukkan nomor telepon selular aktif untuk mengirim kode verifikasi melalui SMS.  Masukkan nomor ponsel aktif yang bisa menerima SMS, lalu klik tombol ‘Berikutnya’.
    dengan alasan keamanan, google meminta kita mengisi nomer ponsel aktif karena akan mengirim kode verifikasi berupa sms (screenshot)
  6. Segera setelah kita memasukkan nomor ponsel aktif, Google akan mengirim SMS berisi kode verifikasi untuk alamat GMail yang didaftarkan.  Kode verifikasi diawali huruf G diikuti 6 digit angka, misalnya G-123456.  Masukkan kode verifikasi yang kita dapat (angkanya saja), lalu klik tombol ‘Verifikasi’.
    google akan mengirim sms kode verifikasi, kode biasanya diawali huruf g diikuti angka, masukkan angkanya saja kemudian klik tombol ‘verifikasi’ (screenshot)
  7. Jika kita tak kunjung menerima SMS yang dikirim Google, kita bisa meminta Google untuk memberitahukan kode verifikasi melalui telepon.  Klik saja tombol ‘Telepon saja‘, hanya saja ada kemungkinan bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris dengan pengucapan yang agak cepat, tapi tak ada salahnya mencoba.
Baca juga:  Ingin Punya Kartu Jenius? Begini Tahapannya

Lengkapi Data

  1. Berikutnya, lengkapi data-data yang diminta Google antara lain alamat email pemulihan (ditandai dengan angka 1 berwarna kuning), tanggal, bulan, dan tahun lahir (ditandai dengan angka 2 berwarna kuning), serta jenis kelamin seperti gambar berikut:
    lengkapi data-data yang diminta google (screenshot)

     

    1. Untuk alamat email pemulihan meskipun opsional sebaiknya diisi alamat e-mail lain yang kita punya atau alamat e-mail orang lain yang kita percaya, tentu dengan persetujuan ybs.  Gunanya untuk mempermudah kita memulihkan kembali apabila suatu saat GMail kita di-hack atau apabila kita lupa password.  Password yang baru akan dikirim ke alamat e-mail pemulihan.
    2. Khusus untuk tahun lahir, pastikan bahwa netter sudah berusia 13 tahun ke atas.
    3. Jenis kelamin terserah mau pilih apa.
    4. Jika sudah lengkap, klik tombol ‘Berikutnya‘.
  2. Penawaran di halaman berikut ini sifatnya opsional, netter bisa memilih ikut atau lewati, terserah.
    ini sifatnya opsional, terserah pilih jawaban ya atau lewati (screenshot)
  3. Halaman terakhir pendaftaran, Google akan menampilkan informasi Privasi dan Persyaratan.  Idealnya memang dibaca untuk dipahami – jika netter mau.  Kalau saya, cukup scroll cepat ke bawah untuk menemukan tombol bertuliskan ‘Saya Setuju’.  Klik tombol tersebut.
    idealnya memang dibaca supaya paham, tapi saya lebih suka langsung scroll cepat ke bawah untuk menemukan tombol ‘saya setuju’, klik (screenshot)
  4. Google akan menampilkan splash screen ucapan selamat datang, cukup klik tombol ‘Berikutnya’.
    splash screen penyambutan dari google, klik saja tombol ‘berikutnya’ (screenshot)
  5. Terakhir, tentukan tampilan antarmuka GMail yang kita inginkan antara Default, Longgar, atau Rapat.  Klik salah satu yang kita suka kemudian klik tombol ‘Oke’.
    pilih tampilan antarmuka yang diinginkan lalu klik ‘ok’ (screenshot)
  6. Selesai!  Sekarang kita sudah kita memiliki alamat/akun GMail.  Alamat ini harus ditulis dan disebut lengkap misalnya namasaya@gmail.com, karena itu sedari awal pilih alamat GMail yang mudah diingat atau sesuai preferensi kita.

Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan

  1. Kata sandi (password) GMail adalah hal yang sangat penting, sama seperti PIN kartu ATM, karena itu jangan mudah memberitahu password pada sembarang orang. Kita juga tidak boleh lupa password GMail kita.
  2. Jika suatu saat kita mengganti nomor ponsel, daftarkan nomor baru tersebut di GMail sekaligus menghapus nomor lama dari akun – demi alasan keamanan.
  3. Selalu logout jika kita suatu saat mengakses layanan Google di komputer umum seperti warnet atau komputer yang disediakan di – misalnya – bandara atau perpustakaan.
Baca juga:  Pelanggaran Privasi, Snowden: Jauhi Facebook, Google, dan Dropbox!

Itulah panduan langkah demi langkah membuat akun GMail. Setelah memiliki akun, kenapa nggak coba membuat blog?

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat!

Referensi & Tautan Luar:

  1. GMail, official
  2. Terbaru, Begini Caranya Membuat Akun GMail, caranya.online
Sumber gambar: Haris Imran (Pixabay)

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar