Nostalgia Game Jadul dengan Game Stick, Tinggal Colok Langsung Main

Nostalgia Game Jadul dengan Game Stick, Tinggal Colok Langsung Main | Ryan Mintaraga
Nostalgia Game Jadul dengan Game Stick, Tinggal Colok Langsung Main | Ryan Mintaraga (Envato)

Daftar Isi

Lama baca: 5 menit

Di artikel sebelumnya saya membagi tutorial bagaimana cara menambah atau mengisi game sendiri ke dalam Game Stick.  Nah, kali ini saya akan menulis tentang apa itu Game Stick karena ada satu pertanyaan yang masuk dimana si penanya justru baru tahu adanya konsol game tersebut setelah membaca artikel yang sebelumnya saya tulis.

Jadi, apa itu Game Stick?

Singkatnya, Game Stick adalah sebuah perangkat kecil (sedikit lebih besar dari flashdisk) dimana perangkat tersebut berisi kumpulan video game jadul dari banyak platform jadul.

Saya sendiri menyebut Game Stick sebagai konsol game karena di paket pembeliannya sudah dilengkapi dua buah gamepad (stik) nirkabel.  Untuk Game Stick yang saya miliki, gamepad-nya mirip stik PlayStation hanya saja tombol-tombolnya bertanda A, B, X, Y seperti XBox, bukannya simbol kotak, bulat, x, dan segitiga seperti PS.

penampakan gamepad game stick, paket pembeliannya sudah termasuk dua buah stik, dokpri
penampakan gamepad game stick, paket pembeliannya sudah termasuk dua buah stik, dokpri

Karena nirkabel, masing-masing gamepad ditenagai dua buah baterai AAA.  Juga, setahu saya, kedua gamepad tersebut tidak bisa ditukar posisinya.  Stik 1 ya stik 1, stik 2 ya stik 2.  Stik 1 adalah stik yang bisa mengakses/memulai permainan dengan lampu indikator berwarna merah sedang stik 2 tidak memulai permainan dengan lampu indikator berwarna hijau.

Terlepas dari bobot gamepad yang menurut saya kurang mantap, setidaknya Game Stick sudah sangat siap dimainkan begitu dibeli.

Di marketplace, Game Stick bisa dicari dengan kata kunci “gamestick lite 4k” dan dijual dengan rentang harga bervariasi mulai empat ratus ribuan hingga satu jutaan.

Mulai Bermain dengan Game Stick

Perhatikan gambar di bawah ini:

koneksikan setiap port yang ada di game stick agar perangkat bisa dimainkan, dokpri
koneksikan setiap port yang ada di game stick agar perangkat bisa dimainkan, dokpri
  1. Game Stick menggunakan port HDMI untuk tampilannya.  Colokkan port HDMI Game Stick ke port HDMI yang ada di TV.
    Catatan, seringnya port HDMI di TV letaknya sulit dijangkau, karena itu di paket pembelian Game Stick disertakan kabel HDMI male to female agar perangkat lebih mudah dicolokkan ke port HDMI yang ada di TV.
  2. Game-game di dalam Game Stick disimpan di kartu memori MicroSD. Paket pembelian yang ditawarkan adalah kapasitas 32GB (berisi sekitar 3.000 game) atau 64GB (berisi hingga 10.000 game).  Biasanya kartu memori sudah dipasang, tapi kalau belum, kita bisa pasang sendiri dengan posisi sebagai berikut:
    posisi kartu saat dimasukkan ke slotnya di game stick, hati-hati jangan terbalik, dokpri
    posisi kartu saat dimasukkan ke slotnya di game stick, hati-hati jangan terbalik, dokpri

    Adapun cara memasang kartu memori adalah dorong kartu ke dalam slotnya menggunakan ujung kuku hingga terdengar bunyi klik dan posisi kartu terkunci.

  3. Pasang dongle untuk gamepad nirkabel ke port USB yang ada di Game Stick.  Boleh juga sekalian nyalakan stik dengan menggeser switch on/off-nya.
  4. Terakhir, colokkan kabel MicroUSB to USB ke sumber daya (colokan listrik).  Di paket pembelian Game Stick sudah disertakan kabelnya, tanpa kepala charger.

Jika tidak ada kendala, beberapa detik kemudian Game Stick sudah aktif dan siap dimainkan.

Game Nintendo NES?  SNES?  Mega Drive?  Ada!

Program utama dalam Game Stick adalah emulator bernama EmuELEC yang saat tulisan ini dibuat sudah masuk ke versi 4.5.  Adapun Game Stick yang saya punyai sepertinya menggunakan EmuELEC 3.9.

EmuELEC mendukung beberapa platform game populer diantaranya (ditulis sesuai urutan abjad):

  • Arcade (dingdong)
  • Atari
  • Gameboy Advance dan Gameboy Color
  • Nintendo 64 (N64)
  • Nintendo DS (NDS)
  • Nintendo NES dan SNES (Super Nintendo)
  • PSP
  • PSX (PS1)
  • Sega Mega Drive

Selain itu masih ada beberapa platform game yang baru saya dengar seperti Naomi, NGPC, MSX2, GameGear, Sega32X, dll.

Untuk isi game sebetulnya tergantung produsennya, namun setidaknya saya rasa game-game populer di bawah ini ada di Game Stick (ditulis acak seingatnya) :

  • Street Fighter
  • Samurai Shodown
  • Mario Bros
  • Gran Turismo
  • Metal Slug
  • Contra
  • Winning Eleven versi lama
  • Final Fight
  • 1943
  • Captain Commando
  • King of Fighters
  • Fatal Fury
  • FIFA World Cup
  • Dan lain-lain sampai 3.000 hingga 10.000 judul
beberapa judul game psx yang ada di game stick, screenshot
beberapa judul game psx yang ada di game stick, screenshot
beberapa judul game nes, screenshot
beberapa judul game nintendo nes, screenshot
tampilan menu game di game stick, dokpri
tampilan menu game di game stick, dokpri

Yang harus diingat, game-game yang ada di sini adalah game-game jadul untuk konsol jadul juga seperti Nintendo NES, SNES, dan PSX, lebih karena menyesuaikan kemampuan hardware.  Karena itulah, seringnya perangkat ini disebut sebagai perangkat retrogaming.

Adapun untuk memainkan game dari konsol modern seperti PS3, XBox360, dsb bisa menggunakan emulator lain yang akan saya tulis lain kali.  Jangan lupa, hardware-nya juga harus kuat.

happy gaming, envato
happy gaming, envato

Kembali ke topik.

Karena Game Stick adalah emulator, kita bisa menambah sendiri game-game yang ada di dalamnya, sudah saya tulis di artikel saya sebelumnya “Cara Nambah Game di Game Stick Lite, Gampang Banget!

Game Stick Bisa Dioprek Sendiri, Lho

Di internet saya tidak menemukan spesifikasi hardware Game Stick yang saya miliki.  Setelah melalui berkali-kali percobaan, kira-kira inilah spesifikasinya:

  • Chipset Amlogic S905L
  • RAM 1GB

Dengan hardware di atas, versi EmuELEC yang bisa diunduh dan diinstal ke dalam Game Stick adalah versi 4.3 Generic (bukan Generic NG).  Lalu, untuk DTB-nya adalah gxl_p212_1g.dtb atau gxl_p212_1g_slowemmc.dtb.  Saya rasa informasi ini cukup membantu apabila suatu saat kartu memorinya error dan Game Stick ‘terpaksa’ diinstal ulang.

Juga, tadi saya sebutkan bahwa paket pembelian yang ditawarkan adalah kapasitas memori 32GB dan 64GB.  Nah, kita bisa melakukan backup terhadap seluruh isi kartu memori dengan sangat mudah menggunakan software/tools yang memiliki fitur clone disk, dua diantaranya yang saya tahu adalah balenaEtcher dan AOMEI Partition Assistant.

Clone disk adalah cara paling mudah melakukan backup, kita bahkan bisa meng-clone seluruh isi kartu memori ke kartu memori lain yang kapasitasnya lebih besar.  Setelah proses backup/clone selesai, simpan backup-nya untuk jaga-jaga apabila suatu saat kartu memori utamanya rusak.

Semoga tulisan saya mengenai Game Stick kali ini bermanfaat, happy gaming dan selamat bernostalgia dengan game-game jadul, tepatnya game jaman dulu 90-an!

Referensi dan Tautan Luar:

  1. EmuELEC download
  2. Full Games List of 4k Gamestick Lite
Sumber gambar: Envato Elements
Baca juga:  Philips HD4515, Rice Cooker Canggih!

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar