Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?

Mitos Putri Duyung | Ryan Mintaraga
Mitos Putri Duyung | Ryan Mintaraga

Daftar Isi

Lama baca: 2 menit

Halaman sebelumnya

Putri Duyung dari Yunani

Legenda Yunani mengisahkan adik Alexander Agung bernama Thessalonike yang meninggal kemudian berubah menjadi putri duyung. Putri duyung Thessalonike berdiam di laut Aegea dan selalu bertanya soal kakaknya. Bila ada yang melintas, dia hanya menanyakan satu hal;

“Apakah Alexander Agung masih hidup?”

Jika ia menanyakan itu, jawaban yang tepat adalah:

“Dia masih hidup dan masih memerintah.”

Jika tidak menjawab seperti itu, maka Thessalonike akan berubah menjadi Gorgon lalu mencelakai pelaut naas tersebut.

Kisah tersebut konon terdapat dalam catatan Alexander Agung, sang penguasa Macedonia (356-323 SM).

Putri Duyung dari Assyria

Sampai sekarang disepakati bahwa inilah kisah tertua tentang duyung. Kisah itu disebut-sebut tercatat dalam dokumen yang diperkirakan berasal dari tahun 1.000 SM.

Dalam catatan tersebut diketahui bahwa di masa itu masyarakat Assyria percaya bahwa putri duyung adalah seorang putri raja yang dikutuk alam akibat membunuh suaminya sendiri. Putri tersebut menceburkan diri ke Laut Tengah. Wujudnya lantas berubah jadi manusia setengah ikan.

Ya, pinggang ke atas berwujud gadis cantik sedangkan pinggang ke bawah berbentuk ikan.

Ia kemudian berdiam di laut dan sering mengganggu kapal-kapal yang lewat di atas tempat tinggalnya. Ia akan menenggelamkan dan membunuh semua awak kapal yang berlayar di lautnya sebagai balasan atas kutukan yang ditimpakan padanya.

penggambaran atargatis, duyung menurut masyarakat assyria, elfagr

Sedangkan versi lain menyebutkan bahwa putri duyung sebenarnya adalah Atargatis, dewi yang jatuh cinta pada seorang pria (manusia). Malangnya, cinta sang dewi ditolak.

Karena ditolak, Atargatis tanpa sengaja Atargatis membunuh pria tersebut.

Malu akan perbuatannya, Atargatis melompat ke dalam danau lantas mengubah wujudnya jadi seekor ikan. Namun air tempatnya melompat tidak mampu menyembunyikan kecantikan Atargatis hingga yang berubah menjadi ikan hanyalah sebagian tubuhnya. Atargatis pun menjadi putri duyung.

Halaman berikutnya: Ada di Jepang dan Indonesia?

Baca juga:  Waspada Penipuan Berkedok Investasi Titip Dana

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

2 pemikiran pada “Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?”

  1. kalo netizen yg ga suka mencari tau dulu, apa itu beneran ato hanya hoax atopun ternyata property film, pasti lgs main sebar aja :D. tapi bagus banget yaaa buatannyaa..:D, aku malah jd penasaran ama filmnya. ga nonton pas diputer dulu

    Balas

Tinggalkan komentar