Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?

Sebuah artikel beberapa tahun lalu yang dimuat di satu media daring ternama cukup membuat saya ternganga dan geleng-geleng kepala. Artikel tersebut mengiformasikan ditemukannya sesosok putri duyung yang terdampar di pesisir pantai Hawaii dalam keadaan tidak bernyawa. Berikut cuplikan beritanya:

Beredar Foto Putri Duyung Terdampar di Hawaii

Senin, 10 Agustus 2015 | 16:13 WIB Oleh: Dian Lestari Ningsih, wowmenariknya02

VIVA.co.id – Putri duyung adalah makhluk air yang memilki tubuh, layaknya seorang perempuan, mulai dari pinggang sampai kepala, sedangkan dari pinggang sampai ke bawah tubuhnya menyerupai ikan.

Keberadaan makhluk ini dianggap mitos belaka, karena sebelumnya belum pernah ditemukan sosok nyata dari putri duyung.  Mungkin, keberadaan makhluk ini hanya muncul dalam layar kaca Anda saja.

Jika kalian termasuk orang yang tidak percaya dengan keberadaan putri duyung, apa reaksi kalian, setelah melihat foto-foto ini yang menunjukkan sosok putri duyung yang terdampar di salah satu pantai di Hawaii?

Menurut situs wittyfeed.com, makhluk mitologis ini ditemukan dipesisir pantai di Hawaii.  Berikut ada beberapa foto amatir sosok putri duyung.  Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang penemuan ini.

Tak ketinggalan, artikel di atas menyertakan sejumlah foto yang disebut-sebut penemuan putri duyung yang saat ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa sebagai berikut:

putri duyung yang ditemukan, viva
putri duyung yang ditemukan, viva

Apakah itu Putri Duyung Sungguhan?

Saat melihat foto-foto yang ditampilkan artikel tersebut, feeling saya mengatakan bahwa ‘putri duyung’ yang ditemukan itu lebih mendekati sebuah karya seni alih-alih putri duyung betulan. Belum lagi saat browsing saya menemukan informasi yang saling bertentangan. Ada yang mengatakan penemuan sosok putri duyung itu sebenarnya terjadi di Pakistan, Brasil, bahkan Meksiko.

Jasad yang sama, foto yang sama, namun diklaim ditemukan di tempat yang berbeda-beda?

Melalui investigasi digital lebih lanjut, butuh beberapa menit bagi saya untuk menemukan jawabannya.

Penemuan jasad putri duyung tersebut beserta artikel dan foto serta video yang menyertainya ternyata adalah bagian dari viral marketing untuk film “Pirates of The Caribbean: On Stranger Tides” yang dibuat tahun 2011.

Putri duyung tersebut merupakan bagian dari film dan dibuat oleh Joel Harlow, seorang penata efek khusus.

konsep duyung di film pirates of caribbean, pinterest
salah satu adegan dalam film pirates of caribbean, zenfolio
proses pembuatan ‘putri duyung’ oleh tim efek khusus, hispanicnews

Berikutnya, rasa ingin tahu saya malahan meluap.

Benarkah putri duyung adalah urban legend-nya budaya Barat saja? Apakah budaya lain mengenal mitos putri duyung? Jika ya, sejak kapan?

Halaman berikutnya: Mitos Duyung di Eropa

Artikel Terkait

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini. Disclaimer selengkapnya.

Artikel ini mendapat 118.113 views sejak dipublish

2 pemikiran pada “Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?”

  1. kalo netizen yg ga suka mencari tau dulu, apa itu beneran ato hanya hoax atopun ternyata property film, pasti lgs main sebar aja :D. tapi bagus banget yaaa buatannyaa..:D, aku malah jd penasaran ama filmnya. ga nonton pas diputer dulu

    Balas

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: