Mengamankan Rumah dari Pencuri

Mengamankan Rumah dari Pencuri | Ryan Mintaraga (Image: Adobe Stock)
Mengamankan Rumah dari Pencuri | Ryan Mintaraga (Image: Adobe Stock)

Daftar Isi

Lama baca: 2 menit

Halaman sebelumnya

Aktifkan Ponsel

Terkait dengan tindakan mengamankan rumah dari pencuri, mungkin selama ini kita punya kebiasaan menonaktifkan ponsel saat tidur. Ada baiknya sementara ini ponsel diaktifkan saat kita tidur, bahkan bila perlu deringnya diatur sekencang mungkin.

Dalam keadaan darurat, gunakan ponsel untuk menghubungi tetangga dan minta bantuan, pun dengan dering yang kencang, kita bisa memberi bantuan seandainya ada yang meminta tolong.

Siapkan Alat Pertahanan Diri & Jangan Tidur Terlalu Lelap

Terakhir, siapkan benda-benda yang bisa dijadikan pertahanan diri saat darurat. Letakkan benda-benda tersebut di kamar tidur di tempat yang mudah dijangkau namun tidak terlihat.

Lalu untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengamankan rumah dari pencuri, ada baiknya kita pasang alarm untuk membangunkan kita setiap satu hingga dua jam sekali. Prinsipnya, kita tak boleh tidur terlalu lelap. Bahkan bila perlu kita tidur lebih awal dan terjaga di dini hari.

Setidaknya kita lakukan ronda untuk keamanan diri dan keluarga.

Penutup

Itulah yang bisa kita lakukan – secara individual – untuk mengamankan diri, keluarga, dan rumah dari tindak pencurian. Tidak semuanya harus dilakukan, pilih saja yang paling sesuai dengan kondisi di mana netter tinggal.

Adapun untuk pengamanan secara kolektif, rasanya Siskamling bisa digalakkan kembali.

Sekali lagi, tindakan di atas tidak seratus persen menjamin rumah aman dari pencurian, namun setidaknya akan mempersulit pencuri melaksanakan aksinya. Rumah yang terlindung pengaman berlapis bisa membuat pencuri urung beraksi karena sempitnya waktu yang ia miliki, kecuali jika rumah kita memang ditarget.

Semoga tulisan saya tentang mengamankan rumah dari pencuri ini bermanfaat, sila sharing jika ada pengalaman atau tips serupa. Tetap sehat dan tetap aman semuanya!

Baca juga:  5 Hal Penting Memilih Laptop bagi Anak Sekolah

Referensi & Tautan Luar:

  1. Ragam Kunci Pengaman Tambahan yang Dibenci Maling Motor, Kompas
  2. Polisi Sebut Ada Pergeseran Kejahatan Selama Pandemi Covid-19, Pelaku Incar Minimarket Ketimbang Rumah, SumselUpdate
  3. Tips Menjaga Rumah dari Ancaman Maling, Tirto
  4. Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?, Interactive
Sumber Gambar: Adobe Stock

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar