Mengamankan Rumah dari Pencuri

Mengamankan Rumah dari Pencuri | Ryan Mintaraga (Image: Adobe Stock)
Mengamankan Rumah dari Pencuri | Ryan Mintaraga (Image: Adobe Stock)

Daftar Isi

Lama baca: 3 menit

Halaman sebelumnya

Pasang CCTV, UPS, dan Alarm

CCTV dan alarm adalah rekomendasi umum untuk mengamankan rumah dari pencuri. Tidak hanya rumah, kantor dan toko pun menggunakan sistem ini.

CCTV

Penggunaan CCTV atau IP camera sangat disarankan supaya kita bisa memantau kondisi dari manapun termasuk dari dalam rumah.

Bila perlu, pasang beberapa kamera, misalnya:

  1. Ke arah kendaraan (mobil), lebih baik pasang dua kamera.
  2. Ke arah pagar.
  3. Dekat dengan meteran listrik.
  4. Ke arah atau dekat jendela.
  5. Ke arah atau dekat pintu depan maupun belakang.

Sedikit perbedaan CCTV dengan IP camera adalah CCTV menggunakan kabel dan biasanya hasil tangkapan CCTV bisa direkam menggunakan perangkat yang disebut DVR. Sementara IP camera menggunakan jalur internet dan pemantauan bisa dilakukan melalui aplikasi.

Konsultasikan dengan penjual CCTV, mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan netter, namun untuk pemakaian rumah tangga, penggunaan IP camera lebih disarankan.

Saran tambahan, pilih setidaknya satu kamera yang memiliki fitur infrared, artinya kamera bisa menangkap gambar dalam kondisi gelap. Lebih baik lagi apabila CCTV atau IP camera tersebut memiliki fitur komunikasi atau bisa mengeluarkan suara.

Alternatifnya, para pemilik ponsel android bisa memanfaatkan ponselnya untuk dijadikan CCTV.

UPS

Karena CCTV dan perangkat yang terhubung dengannya (monitor, perekam, dan modem bila menggunakan IP camera) membutuhkan daya listrik, penggunaan UPS mutlak diperlukan supaya peranti keamanan tersebut tetap bisa beroperasi mengamankan rumah dari pencuri saat meteran dimatikan.

Fake CCTV, Apakah Efektif?

Fake CCTV alias CCTV bohongan disebut bisa menghalau niat seseorang melakukan tindak kejahatan karena dia merasa diawasi. Setidaknya disebut-sebut pencuri akan berpikir dua kali sebelum melakukan aksinya.

fake cctv untuk mengamankan rumah dari pencuri (sg-cctv)
fake cctv (sg-cctv)

Namun bagaimanapun, penggunaan fake CCTV sebaiknya tetap dibarengi dengan CCTV sungguhan.

Baca juga:  Sukses Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate

Alarm

Untuk menghalau pencuri, pasang alarm baik yang otomatis aktif saat sensor mendeteksi adanya gerakan maupun yang manual (hanya aktif saat kita menekan tombolnya).

Pasang alarm otomatis di bagian rumah yang menurut kita berpotensi jadi jalan masuk bagi pencuri (selain pagar), atau bisa juga dipasang dekat pintu kamar tidur untuk membangunkan kita saat rumah kemasukan pencuri.

Adapun untuk alarm manual sebaiknya remote-nya diletakkan dekat tempat tidur, lalu tempatkan speaker-nya di luar. Penempatan yang seperti ini diharapkan akan membuat tetangga terbangun dan memberi pertolongan.

Halaman Berikutnya: Aktifkan Ponsel

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

2 pemikiran pada “Mengamankan Rumah dari Pencuri”

  1. Ditengah tehnologi maju sekarang ini, keberadaan kamera pengawas kini lebih diperhatikan oleh masyarakat, dan pemerintah daerah. Lihat saja sekarang banyak tersedia CCTV di pertigaan jalan atau hampir disetiap flyover ditahun 2020 ini tersedia CCTV live jasa marga oleh pemerintah. Semoga produk pengawasan berteknologi digital ini membawa dampak yang positip bagi masyarakat.

    Salam Toko CCTV Karawang

    Balas

Tinggalkan komentar