Mendapatkan Uang dari Internet? Tidak Semudah Itu, Fergusso!

mendapatkan uang dari internet | ryan mintaraga (envato)
Mendapatkan Uang dari Internet? | Ryan Mintaraga (Image: Envato)

Daftar Isi

Lama baca: 3 menit

Halaman Sebelumnya

Semudah Itukah Mendapatkan Uang dari Internet?

Buat saya sampai saat ini, bisa dikatakan tidak mudah.

Meski bisa membuat blog sendiri, tetap diperlukan kerja keras dan ketekunan agar mendapatkan uang dari internet.

Seorang travel blogger di list pertemanan facebook saya pernah mengunggah pendapatan Google AdSense-nya yang menyentuh angka 3.500 dolar Amerika.

Wow!

Dengan ‘gaji’ sebesar itu, bisa dipastikan hampir tiap bulan dia pergi ke Jepang.

Jalan-jalan?  Ya, bukanlah.  Dia ke Jepang untuk konten.

Dia bercerita bahwa ‘jam kerjanya’ selama di Jepang – atau di manapun tempat yang dia kunjungi – sudah dimulai sejak pagi.  Dia menuju lokasi pertama, nge-vlog, mengambil gambar-gambar tambahan yang diperlukan, kemudian menuju ke lokasi kedua.  Di lokasi kedua, ketiga, dan seterusnya dia melakukan hal yang sama.

Malam hari di hotel, dia sudah harus membuat tulisan dan mengedit video yang dia ambil.  Dia tak mau menunda-nunda karena setiap penundaan akan membuat to-do-list-nya makin menumpuk.

Begitu pulang ke Indonesia, dia sudah punya kurang-lebih 16 video yang penayangan di kanal YouTube-nya sudah ia jadwalkan.  Tulisan yang ia buat lalu di-publish di blognya dengan menyematkan video yang sudah ia sunting.

“Orang-orang nyangka gue seneng-seneng jalan-jalan ke Jepang. Mereka nggak tau bahwa begitu balik ke hotel, gue begadang ngedit video-video yang gue ambil,” katanya.

Seorang teman lagi yang menurut pengakuannya sudah mendapatkan sekitar 11 juta sebulan dari internet mengatakan bahwa ia begadang setiap malam untuk menulis dan mem-publish hampir 10 artikel dengan target pembaca berbahasa Inggris.

ilustrasi blogger, pexels (bongkarn thanyakij)
ilustrasi blogger, pexels (bongkarn thanyakij)

Bagaimana dengan saya?

Karena saya termasuk blogger tipe super-santai (baca: pemalas), meski bisa membuat blog sendiri, pendapatan pertama dari Google AdSense baru didapat setelah dua tahun ngeblog, itupun masih di jumlah minimal sekitar 100 dolar Amerika.

Baca juga:  "Gimana Cara Buka File Ini?" Simak Sampai Tuntas!

Setelah tiap hari rajin menulis, jaraknya makin dekat dari setahun hingga sekarang enam bulan.

Tapi dengan rajin menulis, saya bisa katakan hampir setiap minggu ada saja yang menghubungi saya untuk kerja sama mulai dari penempatan backlink, penulisan konten bersponsor, penulisan konten berbayar, maupun undangan untuk mengikuti event blogging.

Intinya, ada banyak cara mendapatkan uang dari internet, namun tidak semuanya pas alias berjodoh dengan kita.  Pilih yang paling pas dengan aktivitas harian kita, lalu yang paling penting, tekuni.

Sama seperti dunia nyata, mencari uang di dunia maya pun memerlukan kerja keras serta ketekunan. Dan percayalah, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Saya masih ingat bagaimana puasnya saya mendapat 100 dolar pertama dari GoogleAdSense.

Selamat berusaha mencari dan mendapatkan uang dari internet, sukses menanti mereka yang bekerja keras dan berjodoh!

Ngomong-ngomong, ada teman yang bisa mendapatkan uang dari jualan foto di internet.  Setiap foto yang ia buat dibanderol 250 dolar Amerika.

Tertarik?

Satu yang perlu saya ingatkan, jangan jadi scammer alias penipu online seperti yang pernah saya tuliskan di sini. [bn]

Sumber gambar: Envato

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Satu pemikiran pada “Mendapatkan Uang dari Internet? Tidak Semudah Itu, Fergusso!”

Tinggalkan komentar