Memilih WiFi Terbaik untuk di Rumah. Mana yang Bagus?

Memilih WiFi Terbaik untuk di Rumah. Mana WiFi yang Bagus? | Ryan Mintaraga (sumber: Envato)
Memilih WiFi Terbaik untuk di Rumah. Mana WiFi yang Bagus? | Ryan Mintaraga (sumber: Envato)

Daftar Isi

Lama baca: 5 menit

Internet sudah menjadi sesuatu yang sangat penting dewasa ini, terlebih di masa pandemi.  Saat ini hampir semua orang memerlukan akses internet, misalnya mereka yang bekerja dari rumah, siswa-siswi dan pengajar yang melaksanakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), pemilik toko daring (olshop), dan sebagainya.  Bahkan, layanan hiburan seperti Netflix dll pun memerlukan akses internet, terutama internet WiFi.  Jelas bahwa internet – terlebih lagi – WiFi terbaik untuk di rumah adalah sebuah keharusan.

Nah, di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, kita kadang dibuat bingung dengan banyaknya pilihan provider internet yang masing-masing menawarkan keunggulannya untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

Saya sendiri beberapa kali menerima pertanyaan semacam, “Mas, internet dari xxx bagus nggak?  WiFi yang bagus itu apa?”

Sebuah pertanyaan yang tidak bisa saya jawab dengan mudah karena – menurut saya – banyak faktor yang menentukan bagus-tidaknya kualitas internet di sebuah wilayah.

Ingat, internet yang bagus di tempat saya belum tentu bagus di tempat lain.

Lalu, dengan banyaknya fitur yang ditawarkan provider membuat kita lupa, “Tujuan awal saya pasang internet itu apa sebenarnya?”

Contoh:

Ada provider internet yang sekalian menawarkan nomor telepon rumah dengan harga sekian-sekian.  Adalah hal yang wajar apabila kita tertarik.

Tapi, apakah kita memang benar-benar memerlukan telepon rumah?  Bukankah akan lebih baik apabila harga yang kita bayarkan untuk langganan telepon rumah itu dialokasikan untuk meng-upgrade paket internet?

Sekali lagi, itu hanya sekadar contoh.

Lewat tulisan ini saya mencoba menggolongkan provider internet berdasarkan fitur yang mereka tawarkan.  Gunanya tentu untuk memudahkan netter memilih provider sesuai kebutuhan sehingga tidak ada ‘pemborosan’ untuk fitur yang tidak perlu atau tidak digunakan.  Seperti biasa, urutan penyebutan provider nanti semata berdasar abjad.

Baca juga:  7 Hari Menikmati Akses Gratis HBO GO Indonesia

Mari kita mulai!

Internet + TV

Bagi netter yang masih suka nonton TV terutama TV nasional, channel berita asing, anime, atau channel pengetahuan, sila pertimbangkan provider yang dalam paketnya sudah termasuk langganan TV.

Sebetulnya setahu saya hampir semua provider menawarkan TV, namun rekomendasi saya adalah tiga provider berikut:

  • First Media
  • Indihome
  • MNC Play

Harga yang ditawarkan ketiga provider di atas untuk paket internet + TV rata-rata sekitar 300 ribuan dengan speed WiFi umumnya di kisaran 10-30 Mbps, mohon koreksinya apabila saya salah.

Untuk TV-nya, kebanyakan adalah siaran TV nasional tanpa RCTI (hanya MNC Play yang ada RCTI).  Untuk TV luar, kebanyakan channel berita dan pengetahuan seperti National Geographic, CNN, Al-Jazeera, dll.  Untuk hiburan biasanya ada Animax dan HITS Movie.

animax, channel yang ada di hampir semua penyedia internet di indonesia (change)
animax, channel yang ada di hampir semua penyedia internet di indonesia (change)

Jika netter suka nonton film, sepertinya harus bayar lagi supaya dapat paket movie karena paket tersebut dijual terpisah.

Jangan lupa, tanyakan pada sales atau CS, channel apa saja yang akan didapat.  Setahu saya, untuk pelanggan baru biasanya ada akses all channel untuk waktu tertentu.

Internet Unlimited

Bagi netter yang kebutuhannya full internetan, butuh kecepatan tinggi untuk nonton atau melakukan streaming, suka download-download, atau banyak anggota keluarga yang butuh internet, sila pertimbangkan provider di bawan ini:

  • Biznet Home
  • MyRepublic
  • Oxygen

Dengan harga relatif sama, speed internet yang ditawarkan mulai dari 30 Mbps.  Biznet Home bahkan menawarkan kecepatan hingga 85 Mbps, diikuti Oxygen (50 Mbps), dan terakhir MyRepublic (30 Mbps).  Untuk koneksinya, rata-rata mampu mendukung hingga 7 perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Yang menarik di sini, MyRepublic dan Oxygen menawarkan harga yang sama.  Untuk kecepatan yang ditawarkan, Oxygen lebih unggul, namun MyRepublic lebih unggul di luas jangkauan.  Saya sendiri menggunakan MyRepublic sejak tahun 2015 dengan segala suka-dukanya hahaha.

Baca juga:  Pemblokiran Medsos dan Kotak Pandora VPN

Khusus bagi netter yang pemakaian internetnya gila-gilaan, yang harus diperhatikan adalah pilihlah provider yang internetnya benar-benar unlimited tanpa FUP karena dari semua provider internet yang saya tahu, ada satu yang menerapkan FUP.  Lalu bagi netter yang sering melakukan zoom meeting atau video call, perhatikan pula kecepatan upload yang ditawarkan provider, lakukan upgrade paket jika diperlukan.

bagi yang sering melakukan zoom meeting dan semacamnya, perhatikan speed upload internet, upgrade jika perlu (pixabay)
bagi yang sering melakukan zoom meeting dan semacamnya, perhatikan speed upload internet, upgrade jika perlu (pixabay)

Modem yang Bisa Dipindah-pindah & Internet Tanpa Biaya Bulanan

Bagi netter yang kebutuhan internetnya tidak begitu besar karena mungkin masih lajang, tinggal sendiri, atau lebih banyak berinternet di kantor, maka opsi ini patut dipertimbangkan.  Sebetulnya sistemnya sama seperti kita internetan di handphone lalu di-tethering ke perangkat lain, hanya saja di sini kita menggunakan modem.  Cara kerjanya, modem menangkap sinyal selular (ada SIM card), lalu disebar.

Sejauh ini saya hanya tahu dua operator yaitu:

  • Telkomsel Orbit
  • XL Home

Dulu, beberapa tahun lalu ada Bolt, bahkan saya sangat puas selama menggunakannya.  Sayangnya provider tersebut dicabut izin frekuensinya.

Oke, kembali ke topik.

Saat ini saya menggunakan Telkomsel Orbit sebagai cadangan bila sewaktu-waktu internet utama saya bermasalah.  Keunggulan Orbit dan XLHome ya itu, modem yang bisa dipindah-pindah (karena akses internetnya menggunakan sinyal selular) dan nggak perlu biaya langganan, jadi kita top up (isi kuota) hanya jika sedang perlu internet saja.  Tapi jangan bayangkan modemnya portabel ya, modem ini tetap perlu listrik dari colokan, tidak seperti Bolt dulu yang pake USB saja cukup.

modem orbit yang terpasang di rumah sebagai cadangan (dokpri)
modem orbit yang terpasang di rumah sebagai cadangan (dokpri)

Daftar Provider Internet Terbaik di Indonesia

Hasil Googling saya menemukan bahwa ternyata cukup banyak provider internet di Indonesia khususnya di kota-kota besar.  Dan inilah daftar provider internet terbaik di Indonesia, seperti biasa urutan berdasar abjad.

  1. Biznet
  2. CBN
  3. First Media
  4. Groovy
  5. Indihome
  6. MNC Play
  7. Megavision
  8. MyRepublic
  9. Oxygen
  10. Transvision
Baca juga:  Foto di Internet Bebas Diambil Begitu Saja?

Selain daftar tersebut, kita semua tahu ada iConnect dari PLN yang harganya sangat kompetitif.  Juga, beberapa waktu lalu saya menerima WA dari Comet Broadband yang menawarkan speed internet hingga 100 Mbps.  Mana WiFi yang bagus?  Semuanya tentu kembali ke kebutuhan kita.

Bagaimana Memilih Provider yang Tepat?

Seperti yang saya katakan, provider internet yang bagus di tempat saya belum tentu bagus di tempat lain, karena itu salah satu cara terbaik untuk memilih provider adalah dengan bertanya pada tetangga yang menggunakannya.

Adapun cara saya adalah:

  1. Tentukan dulu kebutuhan internet kita seperti apa.  Apakah internet saja, internet dan TV, atau internet dan telepon?  Jangan tanggung-tanggung, maksudnya jangan berpikir, “Oh, yang penting sekarang bisa internetan dulu, TV mah nanti saja.”  Jangan seperti itu.  Lebih baik sekalian saja pilih provider internet yang bisa TV, nah soal milih paketnya nanti bisa belakangan.
  2. Setelah tahu kebutuhan internet seperti apa, netter bisa menggunakan tulisan saya ini sebagai masukan untuk mem-filter provider mana yang sesuai dengan kebutuhan netter.
  3. Buka situs resmi provider yang bersangkutan, lalu cek apakah tempat tinggal kita sudah ter-cover jaringan si provider.
  4. Sangat disarankan untuk melakukan perbandingan dengan provider lain.
  5. Jika sudah yakin dengan salah satu provider, hubungi untuk menanyakan prosedur pemasangan dan benefit yang didapat.

Nah, itulah rekomendasi WiFi terbaik untuk di rumah.  Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, selamat berakhir pekan dan selamat memilih!

Referensi & Tautan Luar:

  1. Ini Provider Internet Tercepat di Indonesia pada Kuartal III/2021, bisnis
  2. Rekomendasi 10 Provider Internet Tercepat di Indonesia, idntimes
Sumber Gambar: Envato Elements

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar