Pernah Nonton YouTube Live Streaming yang Ini Belum?

Inilah Channel YouTube Live Streaming Recommended | Ryan Mintaraga (Image: Scatter)
Inilah Channel YouTube Live Streaming Recommended | Ryan Mintaraga (Image: Scatter)

Daftar Isi

Lama baca: 5 menit

Sebagai penonton, salah satu yang menarik dari YouTube adalah konten live streaming. Secara umum, live streaming mengacu pada konten yang disiarkan langsung melalui media internet. Karena disiarkan langsung, ada anggapan bahwa konten tersebut tidak melalui tahap post production (editing). Embel-embel LIVE menandakan bahwa pengambilan gambar dilakukan saat itu, meski terkadang yaa nggak gitu juga, sih.

Intinya, live streaming sepertinya hadir untuk memuaskan insting kekepoan manusia akan apa yang sedang terjadi di tempat lain.

Lewat tulisan ini saya ingin mengajak netter melirik beberapa kanal YouTube live streaming yang menurut saya lain dari yang lain. Konten yang disajikan kanal-kanal tersebut sejauh ini menenangkan bahkan membosankan buat sebagian orang karena diambil dari live cam.

Di sini kita nggak ketemu dengan, “Hai, guys, selamat datang di channel bla bla bla, kali ini saya live dari bla bla bla, dst dst.

Ini benar-benar live cam, atau setidaknya seperti itu.

Mari kita mulai.

NASA ISS Live Streaming – Earth From Space

Konten ini disiarkan oleh kanal terverifikasi Space Videos, menayangkan planet Bumi dilihat dari kamera-kamera yang dipasang NASA di stasiun luar angkasa (ISS, International Space Station).

screenshot dari iss live streaming

Pernah ada satu kejadian langka di kanal ini. Kamera menangkap satu objek – yang terlihat sebagai titik cahaya – bergerak. Ya, kamera menangkap objek bergerak.

Lalu tiba-tiba transmisi terputus.

Kejadian tersebut tentu jadi bahan perbincangan di kolom live chat-nya.

Apapun itu, dari kanal YouTube live streaming yang satu ini kita akan tahu betapa indahnya bola Bumi dilihat dari luar angkasa.

Pertanyan nakal setelah menonton live streaming ini adalah, “Katanya banyak satelit di atas Bumi, tapi mana, ya? Kok nggak ada satupun yang kelihatan?

Baca juga:  Memperbaiki Tampilan Blog Setelah Ganti Template

Tautan:

Tokyo & Shibuya Scramble Crossing Live Cam

Buat yang suka Jejepangan, live streaming dari dua titik ini sepertinya menarik.

Tokyo Live Camera Ch 1 lebih memperlihatkan lalulintas kereta di – kalo tidak salah – Tokyo Shiodome Railway. Yang menarik, video dari live cam ini ada suaranya. Kita bisa mendengar suara kereta yang sedang bergerak. Sejauh yang saya tahu, siaran dari kanal ini tidak pernah terputus.

Sementara 渋谷スクランブル交差点 ライブ映像 yang menurut Google Translate berarti Shibuya Scramble Crossing Live Video memperlihatkan suasana di penyeberangan Shibuya yang ikonik dan sering ditampilkan di video-video tentang Jepang.

screenshot dari shibuya scramble crossing

Dari beberapa kali kunjungan saya ke kanal ini, penyeberangan tersebut tidaklah seramai iklannya, atau mungkin saya menonton di jam yang kurang tepat? Sila informasinya jika ada netter yang lebih tahu.

Tautan:

Makkah Live

Konten ini menyiarkan live streaming dari Ka’bah, Makkah.

Selain menyaksikan Kabah yang menjadi tujuan berhaji kaum Muslim, penonton diperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an sepanjang tayangan. Konten ini disiarkan oleh kanal terverifikasi Haramain Support dan saya rekomendasikan khususnya untuk bulan Ramadan ini.

screenshot dari makkah live streaming
screenshot dari makkah live streaming

Karena beberapa kali mengunjungi kanal ini, ada perbedaan yang kentara dari jumlah jamaah. Dulu Ka’bah penuh sesak oleh jamaah yang melakukan tawaf. Namun semenjak mewabahnya CoVid-19 yang berujung pada aturan dari pemerintah Arab Saudi, jumlah jamaah menyusut drastis bahkan pernah kosong sama sekali.

Selain Makkah Live, kanal Haramain juga menayangkan live streaming dari Masjid Nabawi Madinah.

Baca juga:  Pemblokiran Medsos dan Kotak Pandora VPN

Tautan:

Channel YouTube Live Streaming Lainnya

Di luar kanal-kanal tadi masih banyak kanal YouTube live streaming seperti:

  1. Live Streaming Chicken Coop Cam yang memperlihatkan kelakuan ayam. Iya, ayam. Beneran ayam.
  2. Djuma Private Game Reserve yang memperlihatkan suasana sebuah taman safari di Afrika. Jika kita mengunjungi kanal ini saat malam (dini hari di kita), kita akan tahu bahwa angin di sini sangat kencang dengan deru yang menakutkan.
  3. Train Driver’s View from the Bergen Line, Norway yang menayangkan pemandangan sepanjang jalur kereta dari kabin masinis (mungkin). Di deskripsinya disebutkan bahwa kanal ini menayangkan video yang sudah direkam sebelumnya, jadi bukan siaran langsung (karena keterbatasan cakupan internet). Ini termasuk salah satu kanal YouTube live streaming yang menurut saya menarik karena kita akan disuguhi salju di sepanjang perjalanan.
  4. Live from PRG yang memperlihatkan aktivitas penerbangan di bandara Prague (Praha), Ceko.
  5. EarthCam Live: Times Square yang memperlihatkan suasana seputar Times Square, New York. Saya sesekali mengunjungi kanal ini dan sama seperti Makkah, suasana yang tertangkap kamera saat ini cukup sepi, tidak seperti dulu.
  6. Atau netter mungkin lebih suka Times Square: 1540 Broadway View Live. Di sini kita bisa melihat bangunan-bangunan yang dipasangi layar berukuran raksasa. Layar-layar tersebut menampilkan iklan.
  7. Coronavirus Pandemic: Real Time Counter yang memperlihatkan data real time jumlah pasien CoVid-19 dari seluruh dunia.

Pastinya masih sangat banyak kanal YouTube live streaming lainnya, netter bisa menemukannya dengan kata kunci yang tepat sesuai interest, entah itu game, kucing, gunung, dan sebagainya.

Jadi, jika netter sedang gabut dan tidak tahu harus menonton apa, salah satu dari konten rekomendasi di sini mungkin bisa jadi pilihan. Atau mungkin, kanal di atas justru jadi inspirasi untuk netter melakukan live streaming? Silakan saja.

Baca juga:  WhatsApp Web: Kirim WA dari Komputer

Apapun itu, selamat menonton! Jangan lupa, pastikan netter memiliki internet yang kencang dan tentu saja unlimited.

Sumber gambar: Scatter

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Satu pemikiran pada “Pernah Nonton YouTube Live Streaming yang Ini Belum?”

  1. Hello there! Quick question that’s entirely off topic. Do
    you know how to make your site mobile friendly? My
    web site looks weird when viewing from my apple iphone.
    I’m trying to find a theme or plugin that might be able to fix this problem.
    If you have any suggestions, please share.
    Thank you!

    Balas

Tinggalkan komentar