IndoXXI Tutup, Saatnya Beralih Ke Streaming Legal

IndoXXI Tutup, Saatnya Beralih ke Streaming Legal | Ryan Mintaraga
IndoXXI Tutup, Saatnya Beralih ke Streaming Legal | Ryan Mintaraga

Daftar Isi

Lama baca: 5 menit

Sejak tanggal 1 Januari 2020, IndoXXI menyatakan diri tutup meski belakangan ada rumor yang menyebut situs tersebut ganti nama. Apapun itu, situs-situs penyedia konten ilegal – termasuk streaming film – akan terus dikejar. Pelanggan pun bakal ikut dibuat repot karena kebanyakan situs-situs tersebut sekadar ganti nama sehingga pelanggan harus selalu update dengan alamat baru si penyedia konten.

Nah, ketimbang ikutan repot, kenapa tidak coba beralih ke streaming legal? Konten yang ditawarkan mungkin tidak se-fresh yang disediakan penyedia ilegal, namun kualitasnya – terutama subtitel – jelas lebih baik.

Beberapa penyedia streaming yang ditulis di sini menawarkan biaya berlangganan yang relatif terjangkau, bahkan yang gratis pun ada.

GENFLIX

genflix, screenshot

Bagi penyuka anime, Genflix mungkin bisa dijadikan pilihan, setidaknya beberapa judul anime dan OVA seperti Detective Conan dan Tokyo Ghoul ada di sini.  Genflix juga memiliki konten orisinal seperti Rusun Tawa dan Meja Gunjing.

Untuk bisa menikmati seluruh konten yang disediakan, pengguna harus memiliki akun Premium alias berlangganan.

Adapun paket yang ditawarkan saat ini hanya satu yaitu Gold.  Dengan membayar biaya berlangganan, pengguna bisa mengakses konten di hingga 3 perangkat secara bersamaan serta menikmati tayangan bebas iklan.

Genflix dapat diunduh di Google Play dan App Store.

Harga langganan 30 hari: Rp 49.000,-

Alamat: https://genflix.co.id/

HOOQ

hooq, screenshot

Yang menarik dari Hooq adalah tersedianya banyak saluran televisi yang bisa dinikmati secara gratis termasuk RCTI.  Selain itu, ada beberapa film yang bisa ditonton secara gratis.

Adapun film yang tersedia di Hooq adalah film Indonesia, Hollywood, dan Thailand.  Untuk series-nya didominasi kartun produksi Pinkfong yang pernah ngetop dengan lagu Baby Shark-nya.  Yang unik, ada serial drama Filipina di sini.

Baca juga:  DreadOut, Game Survival Horror Buatan Bandung

Untuk series-nya beberapa judul populer seperti Gotham, Legends of Tomorrow, The Good Doctor, Supergirl, dan lain-lain tersedia untuk dinikmati, tentu apabila penggunanya sudah membayar biaya berlangganan.

Biaya berlangganan Hooq bisa dibayar menggunakan pilihan seperti kartu kredit, kartu debit, OVO, GoPay, Grab, ataupun pulsa (Telkomsel, XL, 3, Indosat, SmartFren).

Harga langganan 30 hari: Rp 69.000,-

Alamat: https://www.hooq.tv/

Update:

Per 30 April 2020, Hooq menutup layananannya.

IFLIX

iflix, screenshot

Halaman awal Iflix sepintas didominasi tayangan Korea dan Indonesia, termasuk konten orisinalnya seperti film Dua Garis Biru yang fenomenal, Terlalu Tampan yang diadaptasi dari webtoon, Keluarga Cemara, dan Pengabdi Setan.

Kebanyakan tayangan Iflix ber-genre romance.  Untuk penggemar KDrama, anime, dan sinetron-sinetron RCTI, di sini tersedia banyak judul yang bisa dipilih.

Sebagai filter agar anak-anak tidak menonton tayangan dewasa, Iflix menyediakan Kids Mode.  Tayangan di Kids Mode berisi kartun seperti Thomas and Friends, Barbie, dan lain-lain.

Paket langganan yang ditawarkan tersedia mulai harian, mingguan, bulanan maupun tahunan yang bisa dibayar menggunakan kartu kredit maupun debit (Visa dan MasterCard) serta pulsa (3, IM3, SmartFren, Telkomsel, dan XL).

Harga langganan bulanan: Rp 39.000,-

Alamat: https://www.iflix.com/

NETFLIX

netflix, screenshot

Sebagai penyedia streaming asal Amerika yang populer, Netflix ikut bermain di Indonesia.  Koleksinya bisa dibilang yang terlengkap dibanding penyedia lainnya.

Konten Netflix dominan series dari negeri Paman Sam namun KDrama populer seperti Hotel Del Luna, Goblin, dan Love Alarm pun tersedia.  Anime?  Ada juga.  Setidaknya Erased, Attack on Titan, dan Your Lie in April ada di sini. Untuk film-filmnya, beberapa judul yang masih lumayan gres sudah tersedia di Netflix.

Baca juga:  10 Menit Memahami Alur Cerita "Westworld" Season 1

Netflix juga memiliki konten orisinal seperti Stranger Things, Bird Box, Black Mirror, dan 13 Reasons Why.

Karena lisensi distribusi, konten yang ditayangkan Netflix tidak sama untuk setiap negara.

Sebagai filter tayangan, di Netflix juga ada Kids Mode.

Tersedia beragam paket yang bisa dipilih untuk berlangganan Netflix mulai Ponsel, Dasar, Standar, dan Premium.  Perbedaan tiap paket ada di banyaknya perangkat yang bisa mengakses konten secara bersamaan serta kualitas tayangan (SD, HD, atau Ultra HD).

Untuk pembayarannya, sejauh ini Netflix hanya menerima kartu kredit dan kartu debit (Visa atau MasterCard).

Bagi pengguna baru, saat ini Netflix memberikan tayangan percobaan gratis selama 30 hari.

Harga langganan bulanan: mulai dari Rp 49.000,- (Ponsel) atau Rp 109.000,- (Standar).

Alamat: https://www.netflix.com/

Baca Juga: Cara Langganan NETFLIX tanpa Kartu Kredit

VIU

viu, screenshot

Bagi penyuka tayangan Asia khususnya asal Korea, Viu layak dijadikan pilihan.  Setidaknya Viu merekomendasikan tayangan Hotel Del Luna, Goblin, dan Running Man.  Film yang ditawarkan pun bagus seperti Train to Busan dan A Taxi Driver.

Bagi penyuka tayangan non-Asia Timur, Viu menyediakan tayangan drama dari Timur Tengah dan Thailand meski judul yang tersedia saat ini masih bisa dihitung dengan jari.  Tak ketinggalan film Indonesia ada di Viu dengan koleksi yang cukup banyak, mungkin terbanyak kedua setelah konten asal Korea. Bahkan penyuka Bollywood bisa menemukan beberapa judul tayangan di Viu.

Untuk menikmati sebagian konten Viu, pengunjung bahkan tak perlu melakukan registrasi. Namun sebagian besar konten Viu bersifat Premium dan hanya bisa dinikmati apabila pengunjung melakukan registrasi serta membayar biaya langganan.

Untuk konten gratis, tayangan Viu disisipi jeda iklan.  Setelah membayar biaya berlangganan, seluruh tayangan yang ada bisa ditonton tanpa iklan.

Baca juga:  Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk

Bagi pengguna baru, saat ini Viu memberikan tayangan percobaan gratis selama 30 hari.

Harga langganan 30 hari: Rp 30.000,-

Alamat: https://www.viu.com/

Itulah sebagian penyedia streaming legal yang bisa dipilih sesuai keinginan dan dana yang tersedia.

Bagaimana? Sudah menentukan pilihan? Atau ada rekomendasi lain? Mungkin mau coba HBO Go yang belum lama ini masuk Indonesia? Sila tulis di kolom komentar.

Sumber Gambar: CNN

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Satu pemikiran pada “IndoXXI Tutup, Saatnya Beralih Ke Streaming Legal”

Tinggalkan komentar