Hindari Hoax, Ini Situs Penyedia Informasi Corona Covid-19

Inilah Situs Penyedia Informasi Corona Covid-19 | Ryan Mintaraga
Inilah Situs Penyedia Informasi Corona Covid-19 | Ryan Mintaraga

Daftar Isi

Lama baca: 4 menit

Mau tidak mau perhatian kita belakangan ini terfokus pada pandemi global Corona Covid-19. Media di seluruh dunia memberi perhatian khusus pada pandemi global ini sembari waspada karena virus Corona ini mudah sekali menular antarmanusia.  Beberapa negara di dunia saat tulisan ini ditulis sudah melakukan lockdown, yaitu menutup perbatasan agar tidak ada satupun orang yang keluar-masuk negara tersebut.

Dalam situasi seperti ini transparansi informasi tentu sangat diperlukan untuk mencegah beredarnya hoax.  Salah satu informasi yang dibutuhkan masyarakat adalah peta sebaran virus Corona Covid-19 termasuk jumlah kasus yang terkonfirmasi baik secara nasional maupun internasional.

Pada tulisan kali ini saya mengkompilasi situs-situs yang bisa dijadikan sumber informasi tepercaya seputar Corona Covid-19.

covid19.go.id dari BNPB

tampilan situs covid19.go.id (screenshot)

Situs ini dibuat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB dan kontennya lebih banyak mengedukasi masyarakat seputar Corona Covid-19, termasuk langkah-langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari penularan.

Tak kalah penting, situs covid19.go.id ini juga menyanggah hoax yang cukup banyak beredar di masyarakat akibat Corona Covid-19.

infeksiemerging.kemkes.go.id dari Kementerian Kesehatan

tampilan situs infeksiemerging.kemkes.go.id (screenshot)

Tak hanya membahas Corona Covid-19, situs dari Kementerian Kesehatan RI (Kemkes RI) ini membahas penyakit lain seperti Demam Kuning, Demam Lassa, MERS, Zika, dan Polio.  Memang untuk Covid-19 diberi porsi khusus mengingat situasi nasional saat ini.

Kontennya mungkin lebih ilmiah, semacam press release.  Di situs ini juga tersedia panduan protokol isolasi diri dan komunikasi penanganan Corona Covid-19 yang bisa diunduh dalam format PDF.

corona.jakarta.go.id dari Pemprov DKI

tampilan situs corona.jakarta.go.id (screenshot)

Dibuat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, informasi yang ditampilkan di situs ini lugas dan sangat mudah dipahami dengan tampilan sederhana.

Baca juga:  Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?

Halaman awal situs corona.jakarta.go.id langsung menampilkan nomor Layanan Jakarta Tanggap Covid-19 dan di bawahnya ada data pantauan Covid-19 Jakarta, termasuk kasus terkonfirmasi Corona Covid-19 secara nasional.

Di situs ini juga ditampilkan peta sebaran kasus Corona Covid-19 di Jakarta, lagi-lagi dengan tampilan yang langsung bisa dimengerti pengunjung situs.  Tak kalah penting, situs ini menginformasikan daftar rumah sakit yang dijadikan rujukan untuk pasien dengan status Dalam Pengawasan.

Coronavirus Covid-19 Global Case

tampilan situs csse jhu (screenshot)

Inilah situs yang saya rasa dijadikan rujukan global.  Situs ini menampilkan data dari Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at John Hopkins University (JHU) yang – jika tidak salah – berpusat di Amerika Serikat.

Situs ini menampilkan jumlah kasus terkonfirmasi Corona Covid-19 di seluruh dunia dengan data yang terus diperbarui secara – mungkin – real time.  Data yang ditampilkan sangat jelas dan mudah dipahami.

Situs Lain

Di luar keempat situs di atas, tentunya masih ada situs-situs yang dibuat pemerintah daerah setempat agar masyarakat bisa memantau situasi terkini penyebaran Corona Covid-19 di daerahnya.  Situs-situs resmi tersebut tentu menyajikan informasi resmi – sekali lagi – supaya kita tidak mudah termakan hoax seputar Corona Covid-19 baik yang sengaja diembuskan pihak-pihak tertentu maupun yang secara spontan akibat kepanikan dan kurangnya pengetahuan.

Sebagai penutup, inilah data kasus terkonfirmasi Corona Covid-19 saat ini. Data di bawah ini bersifat dinamis sehingga akan terus berubah setiap waktu, netter bisa memeriksanya sendiri secara berkala.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, tetap sehat semuanya, dan semoga kita semua bisa segera melalui pandemi ini.

Baca juga:  Fakta Duo Darlim&Hamabal yang Vokalnya Bikin Kesengsem

Tautan Luar:

  1. Covid19, BNPB
  2. Infeksi Emerging, Kemkes RI
  3. Jakarta Tanggap Covid-19, Pemprov DKI Jakarta
  4. Coronavirus Global Case, CSSE John Hopkins University

Video jumlah kasus Corona Covid-19 di seluruh dunia:

Sumber gambar: Markus Distelrath (Pixabay)

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar