Fakta Duo Darlim&Hamabal yang Vokalnya Bikin Kesengsem

Duo Darlim&Hamabal | Ryan Mintaraga
Duo Darlim&Hamabal | Ryan Mintaraga

Daftar Isi

Lama baca: 5 menit

Beberapa minggu belakangan ini terus-terang saya sedang kesengsem dengan duo Darlim&Hamabal. Channel YouTube duo musisi asal Korea Selatan itu hampir seluruhnya diisi video cover lagu-lagu Jepang populer seperti ‘Orange’ (7!!), ‘Rain’ (Motohiro Hata), ‘Lemon’ (Kenshi Yonezu), ‘Uchiage Hanabi’ (Daoko), dan lain-lain.  Namun bukan hanya lagu Jepang, beberapa lagu KPop dan barat pun dibuat cover-nya.

Kabarnya debut duo Darlim&Hamabal – yang disingkat Darmabal – dimulai Desember 2017.

Ciri khas penampilan mereka adalah Darlim menyanyi di depan kamera sementara Hamabal duduk di belakang mendengarkan nyanyian Darlim. Satu lagi, Hamabal selalu mengenakan topeng putih – yang ternyata wajah hippo.

Teman Dekat yang Kemudian Bermitra

Banyak penggemar bertanya apakah mereka adalah pasangan, tapi keduanya kerap mengatakan mereka ‘hanya’ teman semasa sekolah.

Darlim – yang namanya kerap ditulis Kim Darlim – telah memilih musik sebagai impiannya.  Ia beberapa kali mengisi jingle iklan, bahkan pernah dilatih untuk menjadi bintang KPop di sebuah agensi, namun kemudian keluar.

“Pertama, saya bukan penari yang baik.  Pelatih vokal juga mengkritik suara saya, mengatakan saya harus mengubah gaya vokal saya untuk menyanyikan lagu-lagu KPop dengan baik,” kata Darlim seperti dituturkan pada The Korea Herald.

Dalam masa-masa sulit itu, Darlim berkeinginan menyanyikan lagu-lagu favoritnya dan membagikannya pada orang lain. Ia lalu mengungkapkan keinginannya untuk meluncurkan channel YouTube pada Hamabal – yang sebelumnya bekerja sama dengannya dalam rekaman.

Gayung bersambut.

“Inilah saatnya!  Selama ini saya tak memiliki kesempatan menunjukkan diri pada publik saat bekerja sebagai arranger musik,” tutur Hamabal.

Tepat setelah Hamabal berhenti dari dinas militer, keduanya mulai mewujudkan rencana tersebut.

Baca juga:  Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?

Berawal dari JPop

Menurut Hamabal, dibutuhkan waktu seminggu penuh untuk menyelesaikan sebuah lagu – termasuk videonya.  Berbeda dengan musisi lain yang ‘sekadar’ menambahkan vokal mereka pada rekaman musik yang ada, Hamabal melakukan aransemen sendiri dari awal agar menemukan melodi dan ritme yang sempurna untuk Darlim.

“Saya selalu berusaha agar sebuah lagu terdengar nyaman di telinga semua orang – bahkan jika mereka mendengarkannya untuk waktu yang lama.  Karena suara Darlim yang jernih membuat pendengarnya merasa nyaman dan santai, itu cocok dengan MR (Music Recording) saya,” ujar Hamabal.

“Selama ini saya berusaha menemukan warna spesifik dari suara saya.  Banyak pelatih vokal berkata bahwa suara saya ada di tengah-tengah, di satu tempat yang tidak akan cocok dengan sempurna untuk jenis musik apapun,” ungkap Darlim.

Namun setelah jatuh cinta dengan lagu Jepang yang dibawakan Miwa, Darlim sadar bahwa suaranya cocok dengan JPop.

“Dari situ saya mendengarkan lebih banyak lagu JPop dan memutuskan menyanyikan lagu-lagu seperti itu untuk karier saya,” lanjutnya.

Banyak penggemar yang memuji pelafalan bahasa Jepang Darlim yang akurat.  Mereka mengatakan, “Saya belum pernah melihat penyanyi asing yang bisa menyanyikan lirik JPop dengan akurasi seperti itu.”

Ya, mungkin itu salah satu daya Tarik channel Darlim&Hamabal, melihat seorang penyanyi Korea menyanyikan lagu Jepang dengan pelafalan dan warna suara yang Jepang banget.

Bahkan jika penonton jeli, Darlim terkadang mengenakan aksesoris rambut yang senada dengan lagu yang dibawakan.

Popularitas yang Membawa Tekanan?

Dengan menanjaknya popularitas channel Darlim&Hamabal, Darlim mengatakan ia pernah merasa tertekan untuk menjadi penyanyi yang lebih baik.  Dia pernah berlari keluar dari studio di tengah sesi rekaman malam hari karena merasa gagal memenuhi harapannya sendiri.

Baca juga:  Gojek, Sang Perintis Ojek Modern

“Saya duduk di jalan dan menangis.  Saya berpikir, “Apa yang terjadi pada saya?  Saya memulai YouTube untuk menikmati musik, tapi pada akhirnya saya tidak bisa cukup tidur dan terus-menerus bekerja merekam lagu setiap minggu.  Tiba-tiba saya menyadari bahwa yang harus saya lakukan adalah menjadi diri sendiri dan menyanyi dengan gaya saya,” ungkap Darlim.

Sejak itu Darlim belajar membebaskan dirinya dari tekanan untuk menjadi sempurna, ia pun menikmati pekerjaannya lagi.

Saat ini, Darlim memilih beristirahat ketika menghadapi kesulitan dalam rekaman.  Begitu ia mendapatkan kembali kepercayaan dirinya, kualitas video juga meningkat.

darlim&hamabal, hanjstar

Impian Darlim&Hamabal

Selain JPop, Darlim&Hamabal baru-baru ini menyanyikan beberapa lagu KPop popular seperti ‘Yes or Yes’-nya Twice, ‘Violeta’ (Iz*One), juga soundtrack film seperti ‘A Whole New World’ (Aladdin 2019) dan ‘The Next Right Thing’ (Frozen 2).

Untuk merayakan Natal, duo ini membawakan lagu ‘Santa Tell Me’ yang aslinya dinyanyikan Ariana Grande.

“Karena penggemar dari seluruh dunia menonton channel kami, kami ingin menyanyikan lagu dalam bahasa mereka sebagai rasa terima kasih.  Kami membawakan setiap lagu yang kami sukai hari ini, ”kata Darlim.

“Kami berharap dapat merilis album dengan lagu-lagu yang kami tulis sendiri suatu saat nanti,” tambah Hamabal.

Bagaimana dengan netter? Lebih suka duo ini membawakan lagu dari berbagai negara atau cukup cover JPop saja?

Sementara itu, saya sertakan salah satu lagu yang dinyanyikan Darlim&Hamabal berjudul Orange. Saya sendiri malah lebih menyukai versi cover ini ketimbang aslinya yang dibawakan 7!!.

Referensi & Tautan Luar:

  1. Darlim&Hamabal Official YouTube Channel
  2. Darlim&Hamabal Official Instagram Channel
  3. Korean duo seeks to spread happiness through singing (The Korea Herald)
Sumber Gambar: KoreaHerald

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar