Data Realtime Kasus Positif COVID-19 dari Seluruh Dunia

Data Realtime Kasus Positif Corona | Ryan Mintaraga (Pexels)
Data Realtime Kasus Positif Corona | Ryan Mintaraga (Pexels)

Daftar Isi

Lama baca: 3 menit

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, pada hari Sabtu 21 Maret 2020 sekira pukul 16.00 menyatakan bahwa pasien terkonfirmasi positif Corona Covid-19 hingga hari Sabtu 21 Maret 2020 pukul 13.00 berjumlah total 450 orang atau berarti ada pertambahan sekitar 80 kasus dibanding hari sebelumnya yang berjumlah 369 orang.

“Seluruh data ini sudah kami berikan ke semua Kepala Dinas Provinsi.  Dan (dari) Kepala Dinas telah diberikan ke Rumah Sakit, dan diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk melacak penularan.  Kemudian dari tracing akan dilengkapi dengan rapid test.  Semua ini akan dilaksanakan,” papar Achmad Yurianto.

Achmad Yurianto juga mengingatkan untuk tetap melaksanakan upaya menjaga jarak saat kontak sosial.

“Jangan kurang dari satu meter, ini penting.  Hindari kerumuman, (hindari) pertemuan yang menghadirkan banyak orang, (dan) memiliki peluang terjadinya penularan penyakit,” ungkapnya dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung dari Graha BNPB.

Bicara data, lewat tulisan kali ini saya hanya ingin berbagi data jumlah total kasus terkonfirmasi positif Corona COVID-19 di seluruh dunia. Tentunya sharing data ini bukan dimaksudkan untuk menimbulkan kepanikan maupun keresahan.

Saya hanya ingin kita semua semakin aware dengan wabah Corona COVID-19 ini dan bisa berkontribusi untuk mencegah penyebarannya, sekecil apapun.

Inilah Data Realtime Kasus Terkonfirmasi Positif Corona COVID-19

Data yang saya tampilkan di sini bersifat dinamis dan realtime, artinya akan selalu ada perubahan setiap kali netter mengunjungi halaman ini. Data diambil dari sumber yang – menurut saya – kredibel dan khusus untuk Indonesia, datanya selalu saya cross check dengan data resmi yang dikeluarkan pemerintah.

Bicara realtime di sini tentu tetap ada jeda antara penyedia satu dengan lainnya, tergantung jam berapa mereka melakukan input dan publikasi data. Namun sejauh ini data-data tersebut cukup cepat diperbarui.

Data di atas saya dapat dari media South China Morning Post. Adapun data berikut saya dapat dari John Hopkins University, sebagai berikut:

Khusus untuk Indonesia, seperti inilah datanya:

Saya juga menemukan kanal YouTube Roylab Stats yang menampilkan data realtime kasus terkonfirmasi positif Corona COVID-19. Sampai saat ini kanal tersebut melakukan siaran langsung.

Baca juga:  Hindari Hoax, Ini Situs Penyedia Informasi Corona Covid-19

Seperti yang saya tulis di atas, sharing ini dimaksudkan agar kita semua semakin awas dengan penyebaran virus Corona dan bisa berkontribusi mencegah penyebarannya, sekecil apapun.

Bagi kita, cara mencegah penyebaran virus ini adalah antara lain dengan berdiam di rumah dan tidak ke mana-mana, selain tentu saja menjalankan pola hidup sehat seperti membiasakan diri mencuci tangan dengan air dan sabun.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, tetap sehat semuanya, dan semoga badai pandemi ini segera berlalu.

Video data kasus terkonfirmasi Corona (live):

Sumber gambar: Markus Spiske (Pexels)

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar