Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk

Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk | Ryan Mintaraga (duniaku)
Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk | Ryan Mintaraga (duniaku)

Daftar Isi

Lama baca: 5 menit

Halaman sebelumnya

Tahap 2 : Menyalin File ISO Wii ke Hardisk

Untuk gampangnya, file ISO adalah file yang merupakan hasil konversi (convert) dari keping CD / DVD.  Mengkopi isi sebuah CD / DVD yang autorun (langsung jalan ketika dimasukkan dalam perangkat yang tepat) tidak seperti kita mengkopi isi sebuah flashdisk misalnya.  Diperlukan langkah-langkah khusus agar isi CD /DVD tersebut bisa tersalin seluruhnya.

Di sini saya tidak bisa menyalin disk Wii yang saya punya menjadi ISO-nya karena perangkat DVD di komputer saya tidak bisa membaca disk Wii, kabarnya memang hanya DVD merk LG yang bisa membaca isi disk Wii.

Karena itu saya berburu ISO Wii saja yang sudah tersedia di internet dengan kata kunci ‘wii iso download’ tanpa tanda petik.

Sedikit catatan, setahu saya tindakan mendistribusikan ISO seperti itu adalah ilegal, mungkin ada netter yang lebih tahu?

Proses pengunduhan ISO juga berbelit-belit sama seperti kita mengunduh file MP3.  Kemudian saya menemukan satu situs yang proses pengunduhannya tidak bertele-tele, hanya saja pengunduhan gratis di sini lamanya minta ampun bisa sekitar 4-5 jam untuk file sebesar 4 GB.  Karena itu pertimbangkan untuk membeli paket keanggotaan yang ditawarkan situs tersebut, sepadan kok.

Jangan lupa juga, file yang diunduh kemungkinan masih berformat RAR sehingga harus kita ekstrak lagi.

Langkah-langkah menyalin file ISO menggunakan WBFS Manager:

  1. Jalankan WBFS Manager.
  2. Cek di tab ‘Drive‘, pastikan bahwa drive-nya sesuai dengan drive yang akan diisi file ISO kemudian klik ‘Load‘.
  3. Sekarang kita beralih ke panel kanan bawah, ada tombol yang bertuliskan ‘Browse‘.  Klik tombol tersebut dan tujukan ke folder di mana kita tadi menyimpan file ISO yang sudah diekstrak.
    klik tombol browse di kanan bawah (screenshot)
    klik tombol browse di kanan bawah (screenshot)

    arahkan ke folder di mana file unduhan disimpan (screenshot)
    arahkan ke folder di mana file unduhan disimpan (screenshot)
  4. Kita bisa memilih banyak file sekaligus, kemudian klik ‘Open‘ untuk melanjutkan.  Tunggu sejenak hingga WBFS selesai memanggil file-file yang diminta.
  5. Seperti inilah tampilan WBFS Manager sekarang:
    file-file ISO yang siap dikopi ke hardisk eksternal / USB Flashdisk (screenshot)
    file-file ISO yang siap dikopi ke hardisk eksternal / USB Flashdisk (screenshot)
  6. Perhatikan lagi di panel kanan bawah ada tombol ‘Add to Drive‘, klik saja untuk mengkopi file dari komputer kita ke hardisk eksternal atau USB Flashdisk yang sudah kita siapkan.  Lamanya proses penyalinan tergantung dari banyaknya file.
Baca juga:  Ingin Punya Kartu Jenius? Begini Tahapannya

Tahap 2 selesai!

Cabut hardisk eksternal dari komputer.

Tahap 3 : USB Loader & SD Card

Masukkan SD Card ke komputer menggunakan card reader dan pastikan bahwa SD Card tersebut berformat FAT32 – bukan NTFS yang merupakan standar Windows.

Berikutnya kita mengunduh script yang dinamakan USB Loader.  USB Loader tersebut nantinya akan dijalankan di konsol Wii agar bisa mengenali hardisk yang kita pasang.

USB Loader bisa diunduh dari alamat ini:

https://code.google.com/archive/p/usbloader-gui/downloads

Terus-terang saya tidak tahu banyak tentang USB Loader, karena itu saya mengunduh yang versi All In One Package sebesar kurang-lebih 15 MB.

File unduhan ini berformat ZIP sehingga – sekali lagi – harus diekstrak.

Usai diekstrak, salin seluruh isi folder ke SD Card.  Beberapa ada yang menyebutkan bahwa cukup foder ‘apps‘ saja yang disalin ke SD Card.  Sementara saya merasa puas dengan eksperimen kali ini, mungkin ada netter yang lebih tahu soal USB Loader?  Mohon koreksinya.

Setelah proses penyalinan selesai, cabut SD Card.

Tahap 3 selesai!

Tahap 4 : Let’s Play Wii Games!

Sekarang saatnya kita memasang hardisk dan SD Card yang sudah disiapkan sebelumnya.  Pastikan konsol Wii dalam keadaan off kemudian pasang hardisk dan SD Card sesuai gambar berikut:

pasang sd card & hardisk di nintendo wii sesuai gambar
pasang sd card & hardisk di nintendo wii sesuai gambar

Sedikit catatan, dari beberapa artikel disebutkan bahwa slot USB di Wii yang direkomendasikan untuk eksternal hardisk adalah slot 2 (bawah).  Saya sendiri tidak ada masalah saat hardisk dipasang di slot 1 maupun 2, namun ketika dicoba di konsol Wii milik adik ipar, sistem meminta agar hardisk disambungkan di slot USB nomor 2.

Sekarang nyalakan konsol Wii hingga tampil homescreen, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari homescreen Wii, pilih dan klik Homebrew kemudian klik ‘Start‘, layar akan berganti.
  2. Berikutnya pilih dan klik USB Loader, konsol akan membaca isi hardisk.  Lamanya proses sepertinya tergantung banyaknya file dan kecepatan hardisk.
  3. List game pun muncul, pilih dan klik game yang akan dimainkan.
  4. Selamat bermain!
Baca juga:  Langganan NETFLIX tanpa Kartu Kredit? Bisa!

Catatan

Saya sendiri nyaris tidak mengeluarkan biaya untuk membuat konsol Wii bisa memainkan game lewat hardisk karena kebetulan semua peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia.  Mungkin satu-satunya biaya yang saya keluarkan adalah meng-upgrade keanggotaan saya di satu situs penyedia ROM (ISO) agar bisa mengunduh file-file yang tersedia dengan kecepatan normal.  Biaya yang dikeluarkan sebesar US$ 9.99 untuk masa 1 bulan yang dibayar lewat PayPal.

Ribet?  Mungkin.

Jika netter mencari kepraktisan, rasanya cukup banyak penyedia jasa setting Wii supaya bisa memainkan game melalui hardisk – tentu dengan biaya.  Hardisk berisi game Wii juga cukup banyak yang jual, biasanya hardisk berkapasitas 500 GB dan diisi penuh.

Berapa harganya?

Rata-rata sekitar Rp 850.000,- wajarlah, toh harga hardisknya saja sudah sekitar Rp 500.000 – Rp 600.000,-

Atau mau jasa isi gamenya saja?  Ada.

Nah, pilihan ada di tangan netter.

Halaman berikutnya berisi update dan troubleshooting permasalahan seputar cara memainkan game Wii menggunakan hardisk seperti hardisk yang tidak terbaca, loading game yg stuck, juga update link download.

Halaman Berikutnya: Update Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk

Baca juga: DreadOut, Game Survival Horror Buatan Bandung

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

42 pemikiran pada “Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk”

  1. Gan mau nanya, dinkonsol wii saya dgn hardisk yg sdh di format wbfs ketika usb dipasang usblooder dll nya hilang, tpi ketika usb di lepas pada muncul, kira2 itu masalahnya dimana ya gan?

    Balas
    • Hm… mungkin USB-nya nggak kuat ngasih power. Mungkin ya, saya juga baru kali ini baca kasus seperti ini. Coba ganti kabel hardisknya pake yg bercabang, atau hardisknya USB berapa?

      Balas
  2. Mas , mau nanya kl punya console wii bisa maenin gamecube gak?? Kl bisa gmn caranya pake hardisk??Wii saya Uda hardisk. makasih

    Balas
  3. kak aku download WBFS manager tp pas dibuka langsung stopped working, udah coba install ulang, udh coba repair, tp tetep aja gabisa, tolong bantuannya ya, makasihh :))

    Balas
  4. Halo gan, mau tanya, kalo transfer file atau copy file wbfs di atas 4gb selalu merah atau invalid kenapa ya? proses copy berhasil tapi tulisan nya berwarna merah dan ada garis di tengah nya, saya coba format hdd saya ke fat32 dengan aplikasi wii backp manager, dan berhasil tercopy dengan baik. tp belum saya tes di wii nya.

    Balas
    • Saya belum ngalami yang seperti itu, tapi saya kira-kira saja:
      1. Format hardisknya masih belum FAT32, mungkin masih NTFS atau exFAT.
      2. Filenya corrupt.
      3. Hardisknya bermasalah (bad sector), coba format ulang.

      Balas
  5. Selamat siang gan, kalau wii saya ada kendala ketika proses USB Loading, berhenti / stak di “cIOS 249”, lalu nggak bisa ngapa-ngapain lagi tuh. Kira2 kenapa ya gan ? mohon pencerahannya gan. Terima kasih sebelumnya gan

    Balas
      • alhamdulillah sdh ketemu gan, ternyata ada salah satu file yang corrupt di folder apps nya, jadi saat loading gagal terus. Yang ane lakukan nyari ulang file lengkap apps nya di web yg agan saranin, lalu ane timpa dah tuh folder apps ane yang corrupt. Asal versi loader nya sama bisa jalan gan. Karena kalau beda tetep gak bisa jalan.

        sekedar nambahin pengalaman ane barusan gan, siapa tahu manfaat.

        Balas
  6. mas, sy mo tanya, sy cb caranya mas berhasil itu, setelah sy main beberapa minggu, tiba2 sekarang wii nya layarnya blank gitu mas, apa ada kendala yah,,

    kemarin sempat sy ke update mas, untuk wii nya, sy cb konekan ke wifi,

    apa ada effek dari sana y mas,,

    terima kasih

    Balas
    • Ada yang bilang, kalo main Wii yang ada homebrew-nya jangan konek ke internet. Cuma, Wii saya konek ke internet dan sejauh ini aman, mungkin karena nggak utak-atik update. Itu juga sebenarnya mengherankan karena biasanya konsol ginian selalu update otomatis.

      Tapi lampu powernya nyala?

      Menurut saya, walaupun misalnya kedeteksi OS-nya nggak ori pun seharusnya layar Wii masih nampil, nggak blank. Mungkin kabel-kabelnya, Mas?

      Balas
  7. Mas…kalo abis download di gamewii.net, terus cara mindahin ke hard disknya pake cara di atas ya? Karena kalo cuma di copy paste aja ga ke baca

    Balas
  8. Mas Ryan ini informatif sekali lho. saya terbantu banyak. tinggal download game dan beli stik baru.. ternyata stik saya tombol minusnya rusak.

    btw selain ngoprek wii, ngoprek console lain ga?

    Balas
    • Kebetulan saya ada PS3. Softwarenya sudah bolak-balik saya ganti dari ori ke custom (biar bisa game bajakan), balik lagi ke ori. Ganti hardisk internal sendiri, sampe bikin identitas bohongan biar bisa download game ori dari region lain 😀

      Sudah sempet bongkar casing buat ganti sendiri thermal paste-nya, tapi mundur, kabel fleksibelnya halus banget, nggak berani saya…

      Balas
  9. Hallo Gan ada no WA gan ? saya coba game nya sudagh menjadi format , tapi begitu di coba di wii tidak terbaca , tulisannya usb initiliazed

    Balas
  10. Halo mau tanya.. Sudah berhasil input file ke wbfs.. Sudah masuk ke usb loader dan terbaca, namun ketika dipilih hang.. Untuk mengubah kode mjd 250 jg sudah tapi te,tap tidak bisa.. Mhn pencerahan.. Oya fyi, sy pakai USBLoader_GX_V3_0_AllinOnePackage_IOS249.. Trims.

    Balas
    • Boleh kasih tau judul game-nya, Mas?

      Jadi inget kasus PS2 dulu, mungkin bisa dicoba di Wii.
      1. Masuk ke menunya USB Loader lagi
      2. Akses menu ‘Game Load’
      3. Akses submenu ‘Video Mode’
      4. Ganti setting videonya dari ‘Use Global’ ke ‘Force PAL’ atau ‘Force NTSC’ tergantung game-nya.
      5. Save

      Balas
  11. Punya saya beli game yg d hdd pas d coba bisa main sekali kaena loading saya reset trus sekarang malah g bisa main lagi. g masuk2 k hdd nya knp ya?
    Apa harus download ulang usb loadernya lagi gt? Please d tunggu jawabannya

    Balas
    • Lampu indikator hardisk gimana, Mbak? Kalo didengar, apa hardisknya bunyi ‘krrk krrk krrk’ konstan dan getar atau cuma bunyi ‘ctek, ctek’ dengan interval 2-3 detik?

      Kalo bunyi konstan seperti putaran, berarti secara fisik hardisk normal, mungkin perlu download loadernya lagi. Tapi kalo bunyi ctek ctek, bisa jadi hardisknya rusak, Mbak…

      Balas
  12. gan ane barusan beli wii trus kalo di wii menunya sdh ada usb loader tp ternyata masih ga bisa baca hdd napa ya? pdhal hdd sdh diformat wfbs n dah diisi game pake wiibackup manager

    Balas
  13. gan, maap tanya, wii saya versi 4.0u kok di homebrew channel tidak muncul ya usb loader nya? thanks gan 😀

    Balas
    • Waktu itu sih romulation.net, tapi kaya’nya sekarang sudah nggak keurus. Kemarin-kemarin sempat beli lagi premium membership, akun sudah ter-upgrade, tapi download-nya masih dicekik. Ternyata bukan saya saja yang ngalami.

      Setelah 2 bulan nggak ada perbaikan, akhirnya mention di twitter & forumnya, akhirnya duit di-refund.

      Kalo sekarang mungkin bisa coba gamewii.net, cuma yang ini saya belum tau ada versi premiumnya atau nggak. Gamewii.net ini sodaraan sama downloadgameps3.com

      Balas

Tinggalkan komentar