Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk

Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk | Ryan Mintaraga (duniaku)
Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk | Ryan Mintaraga (duniaku)

Daftar Isi

Lama baca: 4 menit

Konsol game Nintendo Wii keluarga saya melemah optiknya! Konsol tersebut saya beli sekitar tahun 2012 dan memberi hiburan yang menyehatkan buat saya sekeluarga melalui aneka permainan seperti dance, tenis, tinju, golf, baseball, bowling, dll termasuk tentu saja game horor favorit saya – Fatal Frame – meski nggak pernah kelar.

Karena Wii adalah konsol lama keluaran tahun 2006 menurut Wikipedia, saat ini nyaris sudah tidak ada lagi yang menjual sparepart-nya bila terjadi masalah seperti melemahnya optik yang saya alami.

Optik yang lemah berarti harus ganti drive (DVD) dengan harga rerata Rp 500.000,-

“Itu juga inden, lagipula copotan (kanibalan),” ujar teknisi.

Wah!

Sudahlah harganya mahal, inden, kanibalan pula.  Bener-bener nggak worthed.

Karena itu saya memutuskan mencari informasi bagaimana cara memainkan game Wii menggunakan hardisk.

Ternyata bisa!

Lewat tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman, siapa tahu berguna.

Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Untuk bisa memainkan game Wii menggunakan hardisk, pastikan bahwa di konsol game Wii yang kita miliki ada Homebrew sbb:

pastikan ada homebrew di nintendo wii (uppap)
pastikan ada homebrew di nintendo wii (uppap)

Terkadang Homebrew tidak berada di homescreen utama saat kita menyalakan Wii, karena itu gunakan tombol (+) dan (-) pada WiiMote untuk mencari keberadaan Homebrew.

Jika kita yakin sudah ada Homebrew di konsol Wii yang kita miliki, siapkan pula beberapa hal berikut :

  1. Hardisk eksternal kecil 2,5″ – lebih baik yang kabelnya USB 3.0 – kapasitas bebas tapi 500 GB dirasa sudah cukup.  Untuk artikel ini, kebetulan saya punya hardisk eksternal yang sedang tidak dipakai.
  2. Kartu memori SD Card.  Ingat, bener-bener SD Card ya, bukan Mini atau Micro SD yang ditempatkan di adapter SD Card.  Saya menggunakan SDHC Card yang tadinya digunakan sebagai kartu memori kamera DSLR saya.  Minimum kapasitas SD Card yang disarankan oleh berbagai artikel adalah 256 MB, lebih besar kapasitasnya tentu lebih baik.
  3. Seperangkat komputer / laptop yang terhubung ke internet berikut card reader.  Di sini saya menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows 10 x64.
Baca juga:  Proyek Listrik 35.000 MW dan Sepak Terjang Bandit Ekonomi

Tahap 1 : Menyiapkan Hardisk Untuk Menampung Game Wii

Agar bisa dikenali oleh konsol Wii, sebelumnya kita harus menyiapkan hardisk dalam format WBFS.  Salah satu aplikasi untuk itu adalah WBFS Manager yang bisa diunduh di:

http://wbfsmanager.codeplex.com/releases/view/26808

Sesuaikan versi WBFS yang akan kita unduh dengan sistem operasi komputer yang kita punya, apakah x86 atau x64.

Besaran file ini kecil saja, sekitar 2-3 MB dan berbentuk zip yang artinya harus kita ekstrak lagi.

Usai pengunduhan dan ekstrak, instal WBFS Manager di komputer kita kemudian jalankan tapi sebelumnya colokkan hardisk yang akan kita format tadi.

Seperti inilah tampilan WBFS Manager versi 3.0 untuk Windows x64:

Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk
tampilan wbfs manager (screenshot)

Perhatian!

  1. Tab ‘Drive‘ di panel kiri adalah seluruh media simpan (hardisk internal / eksternal, termasuk USB Flash Disk) yang terpasang di komputer kita.
  2. Load‘ adalah perintah untuk menampilkan isi drive yang sudah terformat WBFS, jika formatnya bukan WBFS, aplikasi ini akan menampilkan galat (pesan error).
  3. Format‘ adalah perintah untuk memformat media simpan menjadi format WBFS.  Sebelum menjalankan perintah ini, pastikan dan selalu pastikan bahwa drive yang akan diformat adalah drive yang tepat – dalam hal ini hardisk eksternal yang akan kita gunakan sebagai media simpan game Wii.  Salah menentukan drive, fatal akibatnya.

Yakinkan sekali lagi bahwa hardisk yang akan kita format adalah eksternal hardisk yang akan kita gunakan untuk memainkan game Wii, pastikan hardisk tersebut di-assign sebagai drive apa (D, E, F, G, dll).  Di sini, saya pastikan bahwa media yang akan diformat WBFS adalah USB Flashdisk berkapasitas 8 GB yang di-assign sebagai drive I sbb:

Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk
[ini drive yang akan kita format, abaikan saja drive lainnya (screenshot)]
Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk
tahapan mem-format drive, hati-hati (screenshot)

Di WBFS Manager, pastikan bahwa drive yang akan kita format adalah drive I.  Bila sudah yakin, klik tab ‘Format‘ untuk mengubah drive I menjadi format WBFS.  Hardisk yang sudah terformat WBFS tidak akan dikenali oleh Windows, jadi tak perlu cemas.

Baca juga:  DreadOut, Game Survival Horror Buatan Bandung

Tahap 1 selesai!

Halaman berikutnya: Menyalin File ISO Wii ke Hardisk

Baca Juga: Panduan Memilih PlayStation 3, Konsol Lawas yang Masih Menggoda

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.ย  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.ย  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

39 pemikiran pada “Cara Memainkan Game Wii Menggunakan Hardisk”

  1. Mas , mau nanya kl punya console wii bisa maenin gamecube gak?? Kl bisa gmn caranya pake hardisk??Wii saya Uda hardisk. makasih

    Balas
  2. kak aku download WBFS manager tp pas dibuka langsung stopped working, udah coba install ulang, udh coba repair, tp tetep aja gabisa, tolong bantuannya ya, makasihh :))

    Balas
  3. Halo gan, mau tanya, kalo transfer file atau copy file wbfs di atas 4gb selalu merah atau invalid kenapa ya? proses copy berhasil tapi tulisan nya berwarna merah dan ada garis di tengah nya, saya coba format hdd saya ke fat32 dengan aplikasi wii backp manager, dan berhasil tercopy dengan baik. tp belum saya tes di wii nya.

    Balas
    • Saya belum ngalami yang seperti itu, tapi saya kira-kira saja:
      1. Format hardisknya masih belum FAT32, mungkin masih NTFS atau exFAT.
      2. Filenya corrupt.
      3. Hardisknya bermasalah (bad sector), coba format ulang.

      Balas
  4. Selamat siang gan, kalau wii saya ada kendala ketika proses USB Loading, berhenti / stak di “cIOS 249”, lalu nggak bisa ngapa-ngapain lagi tuh. Kira2 kenapa ya gan ? mohon pencerahannya gan. Terima kasih sebelumnya gan

    Balas
      • alhamdulillah sdh ketemu gan, ternyata ada salah satu file yang corrupt di folder apps nya, jadi saat loading gagal terus. Yang ane lakukan nyari ulang file lengkap apps nya di web yg agan saranin, lalu ane timpa dah tuh folder apps ane yang corrupt. Asal versi loader nya sama bisa jalan gan. Karena kalau beda tetep gak bisa jalan.

        sekedar nambahin pengalaman ane barusan gan, siapa tahu manfaat.

        Balas
  5. mas, sy mo tanya, sy cb caranya mas berhasil itu, setelah sy main beberapa minggu, tiba2 sekarang wii nya layarnya blank gitu mas, apa ada kendala yah,,

    kemarin sempat sy ke update mas, untuk wii nya, sy cb konekan ke wifi,

    apa ada effek dari sana y mas,,

    terima kasih

    Balas
    • Ada yang bilang, kalo main Wii yang ada homebrew-nya jangan konek ke internet. Cuma, Wii saya konek ke internet dan sejauh ini aman, mungkin karena nggak utak-atik update. Itu juga sebenarnya mengherankan karena biasanya konsol ginian selalu update otomatis.

      Tapi lampu powernya nyala?

      Menurut saya, walaupun misalnya kedeteksi OS-nya nggak ori pun seharusnya layar Wii masih nampil, nggak blank. Mungkin kabel-kabelnya, Mas?

      Balas
  6. Mas…kalo abis download di gamewii.net, terus cara mindahin ke hard disknya pake cara di atas ya? Karena kalo cuma di copy paste aja ga ke baca

    Balas
  7. Mas Ryan ini informatif sekali lho. saya terbantu banyak. tinggal download game dan beli stik baru.. ternyata stik saya tombol minusnya rusak.

    btw selain ngoprek wii, ngoprek console lain ga?

    Balas
    • Kebetulan saya ada PS3. Softwarenya sudah bolak-balik saya ganti dari ori ke custom (biar bisa game bajakan), balik lagi ke ori. Ganti hardisk internal sendiri, sampe bikin identitas bohongan biar bisa download game ori dari region lain ๐Ÿ˜€

      Sudah sempet bongkar casing buat ganti sendiri thermal paste-nya, tapi mundur, kabel fleksibelnya halus banget, nggak berani saya…

      Balas
  8. Hallo Gan ada no WA gan ? saya coba game nya sudagh menjadi format , tapi begitu di coba di wii tidak terbaca , tulisannya usb initiliazed

    Balas
  9. Halo mau tanya.. Sudah berhasil input file ke wbfs.. Sudah masuk ke usb loader dan terbaca, namun ketika dipilih hang.. Untuk mengubah kode mjd 250 jg sudah tapi te,tap tidak bisa.. Mhn pencerahan.. Oya fyi, sy pakai USBLoader_GX_V3_0_AllinOnePackage_IOS249.. Trims.

    Balas
    • Boleh kasih tau judul game-nya, Mas?

      Jadi inget kasus PS2 dulu, mungkin bisa dicoba di Wii.
      1. Masuk ke menunya USB Loader lagi
      2. Akses menu ‘Game Load’
      3. Akses submenu ‘Video Mode’
      4. Ganti setting videonya dari ‘Use Global’ ke ‘Force PAL’ atau ‘Force NTSC’ tergantung game-nya.
      5. Save

      Balas
  10. Punya saya beli game yg d hdd pas d coba bisa main sekali kaena loading saya reset trus sekarang malah g bisa main lagi. g masuk2 k hdd nya knp ya?
    Apa harus download ulang usb loadernya lagi gt? Please d tunggu jawabannya

    Balas
    • Lampu indikator hardisk gimana, Mbak? Kalo didengar, apa hardisknya bunyi ‘krrk krrk krrk’ konstan dan getar atau cuma bunyi ‘ctek, ctek’ dengan interval 2-3 detik?

      Kalo bunyi konstan seperti putaran, berarti secara fisik hardisk normal, mungkin perlu download loadernya lagi. Tapi kalo bunyi ctek ctek, bisa jadi hardisknya rusak, Mbak…

      Balas
  11. gan ane barusan beli wii trus kalo di wii menunya sdh ada usb loader tp ternyata masih ga bisa baca hdd napa ya? pdhal hdd sdh diformat wfbs n dah diisi game pake wiibackup manager

    Balas
  12. gan, maap tanya, wii saya versi 4.0u kok di homebrew channel tidak muncul ya usb loader nya? thanks gan ๐Ÿ˜€

    Balas
    • Waktu itu sih romulation.net, tapi kaya’nya sekarang sudah nggak keurus. Kemarin-kemarin sempat beli lagi premium membership, akun sudah ter-upgrade, tapi download-nya masih dicekik. Ternyata bukan saya saja yang ngalami.

      Setelah 2 bulan nggak ada perbaikan, akhirnya mention di twitter & forumnya, akhirnya duit di-refund.

      Kalo sekarang mungkin bisa coba gamewii.net, cuma yang ini saya belum tau ada versi premiumnya atau nggak. Gamewii.net ini sodaraan sama downloadgameps3.com

      Balas

Tinggalkan komentar