Cara Instal Ulang WhatsApp Agar Chat Tidak Terhapus

Instal Ulang WhatsApp, Chat Tidak Hilang | Ryan Mintaraga (Foto: Pixabay)
Instal Ulang WhatsApp, Chat Tidak Hilang | Ryan Mintaraga (Foto: Pixabay)

Daftar Isi

Lama baca: 6 menit

Tak ada yang menyangkal kepopuleran WhatsApp sebagai sebuah aplikasi perpesanan. Didirikan tahun 2009, WhatsApp awalnya menantang dominasi BlackBerry Messenger dan kini sudah jadi bagian dari ekosistem media sosial terpopuler sejagat yaitu Facebook. Adapun salah satu pendirinya yaitu Brian Acton, kini membuat satu aplikasi perpesanan yang diklaim lebih aman ketimbang WhatsApp, yaitu Signal.

Kembali ke topik.

Berdasar pengamatan, sebagian orang tak pernah menghapus pesan WhatsApp-nya dengan alasan banyak chat penting yang nggak boleh dihapus.

Karena tak pernah dihapus itulah, beberapa pengguna akan kelimpungan tatkala pesan WhatsApp-nya hilang terhapus. Beberapa orang juga ragu-ragu mengganti ponselnya karena mengganti ponsel berarti menginstal WhatsApp lagi dari nol, padahal banyak chat penting yang ada di dalamnya.

Sebenarnya ada cara supaya pesan-pesan yang ada di WhatsApp tidak terhapus, bahkan pesan-pesan tersebut bisa dipindah ke ponsel yang baru dengan langkah mudah.

Bagaimana caranya?

Cukup dua kata: backup dan restore.

Backup

Backup adalah proses pencadangan data WhatsApp. Data WhatsApp yang tersimpan di ponsel akan dibuat salinannya di tempat lain, dalam hal ini di akun GMail kita.

Untuk melakukan backup, begini langkah-langkahnya. Sekadar informasi, panduan ini ditulis dengan asumsi bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.

  1. Jalankan WhatsApp kemudian tampilkan menu dengan men-tap ikon tiga titik di kanan atas layar (gambar 1 di bagian yang diberi tanda panah warna merah), lalu tap submenu ‘Settings’ sebagai berikut:

    jalankan whatsapp, tampilkan menu, pilih settings (screenshot)
  2. Lanjutkan dengan men-tap menu ‘Chats’ untuk menampilkan chat settings (gambar 3).  Setelah chat settings tampil, scroll ke bagian paling bawah, di situ ada menu ‘Chat backup’, tap seperti pada gambar 4 di bawah ini:

    lanjutkan dengan men-tap chats lalu pilih chat backup (screenshot)
  3. Perhatikan gambar 5 di bawah ini. Untuk mulai proses pencadangan (backup), pilih opsi ‘Back up to Google Drive’.  Dengan memilih opsi ini, seluruh chat WhatsApp nantinya akan disalin ke akun GMail.  Di bagian paling bawah layar sebetulnya ada opsi ‘Include videos’ yang apabila diaktifkan akan membuat video-video yang dikirim lewat WhatsApp akan disalin juga ke GMail.  Opsi ini opsional, default-nya tidak aktif.  Aktifkan opsi tersebut jika kita merasa video yang dikirim melalui WhatsApp memang bermanfaat.  Saya sendiri tidak pernah mengaktifkannya karena kebanyakan video sifatnya guyonan atau meme-meme yang menurut saya tidak penting.

    tap opsi back up to google drive (screenshot)
  4. Perhatikan gambar 6 di bawah ini.  Di sini kita menentukan kapan WhatsApp akan mencadangkan isi WhatsApp kita.  Untuk melakukan pencadangan sekarang, pilih pilihan ‘Only when I tap “Back up”’.  Setelah itu kita akan melihat gambar 7.  Pilih akun GMail mana yang akan dijadikan lokasi pencadangan.  Kebanyakan pengguna hanya punya satu akun GMail di ponselnya, namun jika kebetulan netter punya dua atau lebih akun GMail di ponsel yang sama, maka pilih akun GMail yang nantinya akan dijadikan akun utama di ponsel baru.

    pilih lokasi pencadangan (screenshot)
  5. Perhatikan perbedaan bagian yang bertanda panah antara gambar di bawah ini dengan gambar 5.

    perhatikan perbedaan gambar di atas dengan gambar 5 sebelumnya (screenshot)
  6. Masih dari gambar di atas.  Pastikan semuanya sudah tepat.  Jika sudah yakin semuanya tepat, tap tombol hijau bertuliskan ‘BACKUP’ untuk memulai proses pencadangan.
  7. Proses pencadangan dimulai.  Lamanya waktu yang diperlukan tergantung banyaknya chat dan besarnya data, juga kecepatan internet.  Tunggu hingga uploading selesai (100%)

    proses dimulai, tunggu hingga 100% (screenshot)

Setelah backup selesai, hapus WhatsApp dari ponsel lama netter kemudian cabut SIM card dan pasang di ponsel baru.

Baca juga:  PPDB DKI 2020: Cara Daftar Sekolah Online

Setelah itu instal WhatsApp di ponsel baru.

Restore

Restore adalah proses pemulihan data WhatsApp. Data WhatsApp yang tersimpan di akun GMail akan dipindahkan ke ponsel baru (atau ponsel lama yang di-factory data reset).

Syarat berhasilnya proses restore data WhatsApp adalah:

  1. Menggunakan nomor handphone yang sama antara ponsel lama dengan ponsel baru.
  2. Ponsel baru menggunakan akun GMail yang dijadikan lokasi backup data WhatsApp.
  3. Proses backup berjalan dengan baik hingga tuntas.
  1. WhatsApp akan melakukan verifikasi nomor ponsel.  Masukkan nomor handphone yang terpasang di SIM card.  WhatsApp juga akan meminta izin akses (gambar 2), tap ‘Continue’ untuk melanjutkan.
    whatsapp akan melakukan verifikasi nomor handphone dan meminta izin akses (screenshot)
  2. WhatsApp juga akan meminta beberapa izin akses.  Cukup tap ‘ALLOW’.
    whatsapp akan meminta beberapa izin akses, tap saja allow (screenshot)
  3. Jika nomor handphone dan akun GMail yang digunakan tidak berubah serta proses backup berjalan hingga tuntas, kita akan diberitahu adanya berkas cadangan seperti gambar 5 di bawah ini.  Untuk melanjutkan proses restore alias pemulihan, tap tombol ‘RESTORE’ yang berwarna hijau.
    untuk melanjutkan pemulihan data, tap tombol restore (screenshot)
  4. Berikutnya cukup tap ‘NEXT’ untuk memulai proses pemulihan.  Lamanya waktu yang diperlukan tergantung besarnya data dan kecepatan internet.  Proses pemulihan ini berjalan di background, jadi kita dibolehkan menggunakan ponsel saat pemulihan berlangsung.
    proses pemulihan dimulai (screenshot)


    cukup tap next (screenshot)
  5. Terakhir, kita akan ditanya apakah ingin menjadwalkan backup secara teratur.  Bebas saja, tergantung kebutuhan netter. Saya sendiri selalu memilih ‘Never’ yang artinya WhatsApp tidak akan melakukan backup atau pencadangan data.  Jika memilih ‘Daily’ artinya seluruh chat akan di-backup setiap hari.  Begitu juga untuk pilihan Weekly dan Monthly, penjadwalannya satu minggu dan satu bulan.
    jadwal backup otomatis chat whatsapp, pilih pilihan yang netter suka (screenshot)
  6. Selesai!  Seluruh pesan WhatsApp saya kembali!
    seluruh pesan whatsapp kembali (screenshot)

Dengan demikian kita tak perlu ragu untuk mengganti ponsel lama dengan yang baru. Kita juga tak perlu ragu melakukan factory data reset apabila ponsel yang kita miliki dirasa sudah menurun kinerjanya. Bahkan kita juga berpindah smartphone dari Android ke iOS atau sebaliknya.

Baca juga:  Dua WhatsApp di Satu Ponsel? Syaratnya Cuma Satu

Selamat mencoba!

Sumber gambar: Antonbe (Pixabay)

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar