fbpx

Bisa! Dua WhatsApp di Satu Ponsel, Cocok bagi Pemilik Usaha

Saat ini sudah jamak seseorang memiliki lebih dari satu nomor di ponselnya, apalagi bagi para pemilik usaha, mereka sengaja membedakan nomor telepon pribadi dengan nomor telepon bisnisnya.

Saat ini sudah jamak pula seseorang menginstal aplikasi perpesanan WhatsApp di ponselnya.

Nah, salah satu ‘masalah’ bagi penggunaan dua nomor di satu ponsel adalah hanya ada satu aplikasi WhatsApp yang bisa diinstal.  Bagi pengguna pribadi mungkin hal ini bukan masalah besar, namun bagi pemilik usaha, keterbatasan tersebut cukup memusingkan karena sebenarnya mereka tidak ingin mencampurkan urusan bisnis dengan pribadi.

Ujung-ujungnya banyak pemilik usaha yang membeli satu ponsel lagi untuk komunikasi bisnis dengan pelanggannya.  Ke mana-mana pun akhirnya jadi menenteng dua ponsel, padahal ponsel sekarang rata-rata berukuran besar sehingga kurang nyaman dimasukkan kantong celana.

Lalu bagaimana?

WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi perpesanan dari WhatsApp yang dapat diunduh secara gratis.

Pernyataan berikut dikutip dari situs resmi WhatsApp:

“WhatsApp Business adalah aplikasi Android tersendiri yang dapat diunduh secara gratis, dan didesain khusus untuk pemilik bisnis kecil.  Dengan aplikasi ini, para bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan secara mudah menggunakan fitur-fitur untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan secara cepat.”

Dengan WhatsApp Business, para pemilik usaha tidak perlu lagi membawa dua ponsel ke mana-mana karena aplikasi tersebut bisa diinstal di ponsel yang sudah terinstal WhatsApp.

Syaratnya cuma satu: nomor yang digunakan harus beda, tentu saja.

ponsel saya sudah terinstal whatsapp business, screenshot
ponsel saya sudah terinstal whatsapp business, screenshot

Lalu, adakah perbedaan antara WhatsApp Business dengan WhatsApp?

Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp

Disalin dari berbagai sumber, perbedaan dari kedua aplikasi tersebut adalah:

  1. Perbedaan logo; WhatsApp Business menggunakan huruf kapital ‘B’ sebagai logonya dengan tetap mempertahankan warna hijau yang menjadi ciri khas aplikasi perpesanan WhatsApp.
  2. Ada informasi bisnis antara lain jam operasional, alamat surel, alamat web, dan sebagainya sesuai data yang kita isikan saat instalasi.

    profil bisnis, screenshot
    profil bisnis, screenshot
  3. Fitur auto-reply alias balasan otomatis saat ada pesan masuk.
  4. Verifikasi akun layaknya twitter. Kabarnya akun yang sudah terverifikasi akan diberi semacam centang hijau.
    “Jika Anda melihat lencana hijau di sebelah nama kontak, itu berarti WhatsApp telah memverifikasi jika nomor tersebut adalah benar milik perusahaan”, jelas WhatsApp di situs resminya.

Unduh, Instal, dan Jalankan!

Sejauh yang saya tahu sampai tulisan ini dibuat, WhatsApp Business hanya tersedia untuk telepon cerdas berbasis Android.

  1. Kunjungi PlayStore dan ketikkan ‘WhatsApp Business’ di kotak pencarian.
  2. Ingat, selalu pastikan bahwa aplikasi WhatsApp Business berlogo ‘B’ dengan dasar hijau. Pastikan pula bahwa aplikasi tersebut dibuat oleh WhatsApp, Inc sbb:

    pastikan tidak salah install, screenshot
    pastikan tidak salah install, screenshot
  3. Lakukan proses instalasi seperti biasa.
  4. Jalankan WhatsApp Business.

Saat menjalankan WhatsApp Business untuk pertama kalinya, kita akan diminta mengisi data-data yang berhubungan dengan usaha kita seperti hari dan jam operasional, merek dagang, kategori usaha, format pesan balasan otomatis, dan sebagainya.  Pastikan untuk diisi dengan benar terutama untuk nama usaha (atau nama akun) karena kabarnya nama ini tidak bisa diubah lagi.

aktivasi yang tidak jauh beda dengan whatsapp, screenshot
aktivasi yang tidak jauh beda dengan whatsapp, screenshot

Dan sekali lagi, nomor yang digunakan untuk WhatsApp Business adalah nomor yang berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa.  Sistem akan meminta verifikasi dengan mengirim SMS berisi kode unik ke nomor yang didaftarkan – sama seperti WhatsApp.

Jika tidak ada masalah, WhatsApp Business sudah siap digunakan!

selesai, whatsapp siap digunakan, screenshot
selesai, whatsapp siap digunakan, screenshot

Kesimpulan

Aplikasi ini belum lama dirilis, Indonesia pun termasuk negara pertama yang mencicipi WhatsApp Business.  Kabarnya kelak aplikasi ini akan bersifat freemium – artinya ada fitur-fitur yang bisa dinikmati jika penggunanya membayar.

Sampai saat ini yang saya perhatikan, belum ada notifikasi khusus yang membedakan mana pesan untuk WhatsApp dan mana pesan untuk WhatsApp Business.

terlihat belum ada perbedaan notifikasi dari kedua aplikasi tersebut, notifnya sama-sama ada 8 pesan baru padahal yang masuk ke whatsapp business sendiri hanya 1 pesan, screenshot
terlihat belum ada perbedaan notifikasi dari kedua aplikasi tersebut, notifnya sama-sama ada 8 pesan baru padahal yang masuk ke whatsapp business sendiri hanya 1 pesan, screenshot

Seperti terlihat dari gambar di atas, keduanya memberitahu ada delapan pesan baru, padahal yang masuk ke WhatsApp Business sendiri hanya satu pesan, sisanya ke WhatsApp Messenger.

Namun begitu, WhatsApp Business tetap solusi menarik bagi pemilik usaha yang tidak ingin direpotkan dengan membawa dua ponsel ke mana-mana.

Tertarik?

Referensi & Tautan Luar:

  1. Aplikasi WhatsApp Business, Official Site https://www.whatsapp.com/business/
  2. WhatsApp FAQ, Official Site https://faq.whatsapp.com/id/smba/26000095/
Sumber gambar: WhatsApp

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini. Disclaimer selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: