Belajar dari Rumah, Bagaimana Cara Menonton TVRI?

Bagaimana Cara Menonton TVRI? | Ryan Mintaraga (Image: MediaSulsel)
Bagaimana Cara Menonton TVRI? | Ryan Mintaraga (Image: MediaSulsel)

Daftar Isi

Lama baca: 5 menit

Mulai 13 April 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) menghadirkan program ‘Belajar dari Rumah’ yang bisa disaksikan lewat layar kaca Televisi Republik Indonesia (TVRI). Program ini direncanakan berlangsung selama tiga bulan untuk mengatasi kendala yang dihadapi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar selama wabah CoViD-19, terutama yang berkaitan dengan akses internet.

“Sekolah-sekolah di daerah mungkin tidak punya akses internet atau sulit memahami bagaimana menggunakan platform-platform teknologi, ataupun misalkan ada keterbatasan dana dari sisi kuota,” demikian diungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam video konferensi bersama wartawan, Kamis (09/04/2020).

Rencananya, program ‘Belajar dari Rumah’ mulai disiarkan pukul 08.00 WIB setiap Senin sampai Jumat dengan materi yang beragam, tak hanya untuk siswa namun juga bagi pengajar dan orang tua. Setiap materi yang ditayangkan berdurasi 30 menit.

Jadwal ‘Belajar dari Rumah’

Senin s.d Jumat

Jam TayangMateri
08.00 – 08.30 WIBPAUD
08.30 – 09.00 WIBSD kelas 1 – 3
10.00 – 10.30 WIBSD kelas 4 – 6
10.30 – 11.00 WIBSMP
14.00 – 14.30 WIBSMA
14.30 – 15.00 WIBPengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru

Terkait program ‘Belajar dari Rumah’, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar menuturkan, pada pukul 19.00 – 21.00 WIB dan 21.30 – 23.30 WIB rencananya akan ada pemutaran film Indonesia dengan pilihan genre seperti film anak, drama, dan dokumenter.

Adapun untuk hari Sabtu dan Minggu, TVRI akan menayangkan konten terkait kebudayaan dan film terbaik Indonesia mulai pukul 08.00 hingga 23.00 WIB.

Lantas, bagaimana dengan masyarakat di kota besar khususnya Jakarta yang sudah lama ‘meninggalkan’ TVRI dan tidak ada channel milik pemerintah itu di TV-nya? Bagaimana cara menonton program ‘Belajar dari Rumah’ yang disiarkan TVRI?

Baca juga:  Waspada Penipuan Berkedok Investasi Titip Dana

Jika berlangganan TV berbayar, baik yang menggunakan parabola ataupun internet, sebenarnya hampir semuanya ada channel TVRI. Namun bila tidak ada, streaming adalah pilihan cepat, dan lagi-lagi yang dibutuhkan adalah koneksi internet yang kencang dan unlimited supaya bisa nonton TVRI tanpa kendala.

Nonton TVRI Lewat Internet

Cara ini memiliki keunggulan yaitu siaran bisa ditonton di komputer, laptop, bahkan ponsel, tidak harus di televisi. Setidaknya ada dua opsi yang bisa dipilih untuk nonton TVRI lewat internet.

Streaming di Situs Resmi

Situs resmi TVRI menyediakan fitur live streaming yang bisa diakses di http://tvri.go.id/live. Ketikkan saja alamat tersebut di peramban.

Sedikit catatan: berdasar pemantauan hari Minggu 12 April 2020, kerap terjadi buffering saat menyaksikan tayangan. Semoga tidak ada kendala saat nanti program ‘Belajar dari Rumah’ diluncurkan hari Senin.

Melalui Aplikasi

Bagi pengguna telepon cerdas berbasis android bisa menginstal aplikasi TVRI KLIK di Google Play (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tvri.hub&hl=en).

Berdasar pemantauan secara bersamaan, kualitas streaming melalui aplikasi lebih baik ketimbang nonton TVRI langsung di situsnya. Tidak banyak ditemukan buffering. Namun apabila terjadi buffering, pengguna bisa mengeklik menu lain lalu segera kembali ke tayangan utama (Home).

Sekali lagi, semoga tidak ada kendala saat nanti program ‘Belajar dari Rumah’ diluncurkan.

Selain kedua cara di atas, di internet cukup banyak situs yang menyediakan live streaming untuk nonton TVRI, hanya saja ada kemungkinan situs-situs tersebut diblok oleh penyedia internet. Karena itu, penggunaan VPN mungkin bisa membantu mengatasi ‘masalah’ tersebut.

Beberapa situs yang menyediakan live streaming TVRI adalah:

  1. https://www.useetv.com/livetv/tvri
  2. https://www.metube.id/live/TVRI
  3. https://www.vidio.com/live/6441-tvri

Nonton Menggunakan IPTV

Penggunaan IPTV sendiri sebenarnya berada di wilayah abu-abu karena beberapa penyedia IPTV menyediakan channel yang – dari sisi legalitas – ‘tidak seharusnya ada’. IPTV ibarat pintu belakang bagi pengguna yang ingin menonton channel premium dengan harga sangat murah setiap bulannya.

Baca juga:  Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?

Sama seperti penyedia layanan TV berbayar, rata-rata penyedia IPTV ada channel TVRI, jadi seharusnya tidak ada kendala untuk mengakses program Belajar dari Rumah.

Untuk bisa nonton TVRI menggunakan IPTV dibutuhkan koneksi internet, android TV Box, dan aplikasi yang direkomendasikan.

Bagi netter yang memahami cara kerja IPTV, di internet banyak situs penyedia M3U TVRI yang bisa di-input sendiri.

Nonton TVRI Menggunakan Parabola, Gratis

Ninmedia adalah salah satu penyedia siaran FTA menggunakan parabola kecil. Biaya yang dikeluarkan untuk memasang Ninmedia hanyalah biaya pembelian dan pemasangan, untuk selanjutnya hampir seluruh siarannya – termasuk untuk nonton TVRI – bisa disaksikan gratis.

Satu kelemahannya, siaran akan terganggu bahkan mungkin tidak bisa ditangkap saat cuaca buruk. Reviewnya sudah saya tulis di blog ini juga.

Nah itulah jadwal program ‘Belajar dari Rumah’ berikut cara nonton TVRI bagi netter yang di rumahnya tidak ada channel milik pemerintah tersebut.

Ada yang mau menambahkan?

Semoga tulisan ini bermanfaat!

Referensi & Tautan Luar:

  1. Jadwal Lengkap Belajar dari Rumah yang Tayang di TVRI, Detik
  2. Live Streaming TVRI
  3. Apps TVRI KLIK, Google Play
  4. TVRI – Ketersediaan Channel, Wikipedia
Sumber Gambar: MediaSulsel

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

Tinggalkan komentar