Imoo Z5? Ini A36E, Alternatif Terbaiknya

Ini cerita jaman jam Imoo Z5 sedang hot-hotnya.

Seorang kerabat datang dan bercerita bahwa anaknya pengen jam yang lagi ngehits; Imoo Z5 yang bisa video call.

“Masalahnya harganya itu 3,2 juta,” katanya.

Harga segitu menurutnya sangat mahal – bahkan setelah saya menunjukkan ada seller yang menjual dengan harga Rp 2,8 juta.

Ujung-ujungnya si kerabat ini minta rekomendasi.

“Ada nggak jam anak yang bisa video call, bisa selfie, tapi harganya nggak mahal?” pintanya.

Saya pun dibuat sibuk membandingkan satu demi satu jam anak yang bertebaran di marketplace hingga akhirnya menemukan satu yang menurut saya terbaik.

A36E

Di marketplace, jam ini dijual tanpa merek, pokoknya cuma A36E.

Atau jangan-jangan itu mereknya, ya.

Informasi yang beredar pun sangat minim bahkan nyaris tak ada. Saya hanya mengandalkan informasi dari beberapa marketplace baik dalam maupun luar negeri sbb:

  1. Mendukung kartu nano SIM dan jaringan 4G Indonesia untuk operator Telkomsel, Indosat, XL, dan 3 (lainnya saya tidak tahu).
  2. IP67 waterproof sebatas hujan dan percikan air, bukan untuk berenang.
  3. Layar sentuh 1.4 inch.
  4. Kamera untuk foto dan video call.
  5. Bisa untuk telepon dan memblokir otomatis panggilan dari nomor yang tidak terdaftar di phonebook (safe incoming calls).
  6. GPS sebagai penanda lokasi.
  7. Charger dengan sistem magnet, bukan USB.

Kenapa saya katakan A36E adalah yang terbaik dari sekian banyak jam yang mirip Imoo Z5?

  1. Fungsional, jam ini bisa melakukan video call layaknya Imoo Z5, jam lain belum tentu bisa.
  2. Charger magnet, lagi-lagi mirip Imoo Z5, jam lain masih ada yang menggunakan charger USB.
  3. Yang jelas, jumlah strip di strapnya ada tiga. Kata anak saya pengguna jam Imoo, jam dengan strap tiga berarti ori, kalo strip dua berarti fake alias KW. Ya sudahlah, saya nurut saja.
strip di strapnya ada 3, kata anak-anak kalau stripnya 3 berarti ori (dokpri)

Si kerabat minta saya melakukan pemesanan karena dia mengaku gaptek soal pembelian lewat online.

Beberapa jam kemudian, pesanan dikirim ke alamat saya, adapun paket pembelian A36E terdiri dari:

  1. Jam A36E.
  2. Charge,
  3. Obeng kecil untuk membuka skrup pelindung slot kartu SIM.

Lagi-lagi, tidak ada merek apapun. Kotaknya kotak biasa.

Review Singkat

Dengan asumsi kartu nano SIM sudah terpasang, nyalakan jam dengan menekan tombol power yang terletak di sisi kanan jam. Supaya jam A36E bisa berfungsi, orangtua harus terlebih dahulu menginstal aplikasi ‘Leefine’ di smartphone androidnya kemudian melakukan binding dengan jam.

Binding adalah prosedur menghubungkan jam dengan smartphone yang dijadikan admin (dalam hal ini smartphone orangtua; ayah atau ibu). Hanya satu nomor telepon yang bisa dijadikan admin.

Binding adalah protokol standar bagi pemilik jam anak.

Intinya, layar jam akan menampilkan QR code, kita diminta menginstal aplikasi (Leefine) lalu memindai QR code yang muncul di jam.

Bila proses pemindaian QR code gagal, kita bisa memasukkan 16 digit kode alfanumerik.

Setelah aplikasi Leefine diinstal, orangtua bisa memantau lokasi anak. Sepengetahuan saya, fitur pemantauan ini membutuhkan koneksi data. Karena itu pastikan nomor telepon si anak sudah ada paket datanya.

Setelah itu anggota keluarga yang lain bisa menginstal aplikasi Leefine dan melakukan prosedur binding supaya nomornya terdaftar di phonebook jam. Langkah ini harus dilakukan karena jam hanya menerima panggilan dari nomor-nomor yang sudah terdaftar di phonebook-nya. Saya sudah mencoba menelepon jam menggunakan nomor yang belum didaftarkan dan ternyata tidak bisa.

Berikutnya kita mencoba video call. Fitur ini membutuhkan koneksi data, jadi pastikan kartu yang dipasang di jam sudah ada paket datanya.

Sama seperti komunikasi telepon, video call hanya bisa dilakukan dengan nomor yang terdaftar di phonebook jam.

Kamera yang ada di jam juga bisa difungsikan untuk berswafoto (selfie) karena letaknya persis di atas layar jam. Hasil fotonya cukup baik, menurut saya.

Layar sentuhnya juga enak, responnya pas, setidaknya menurut saya.

Kesimpulan

Secara garis besar, saya menilai rekomendasi saya pada jam A36E tepat.

Fitur safe incoming calls yang otomatis memblokir nomor yang tak terdaftar membuat orangtua terbebas dari rasa waswas. Konsekuensinya, orangtua harus memastikan pulsanya cukup atau ponselnya tak ketinggalan saat mencoba menghubungi anak.

Fitur video call yang berfungsi dengan baik tentunya jadi prestis yang tinggi bagi si anak maupun orangtuanya. Kerabat saya cerita bahwa suatu waktu ada orangtua lain yang hendak mengetes apakah jam A36E bisa video call. Orangtua tersebut menyangka jam A36E sebagai Imoo Z5 dan dia tahu bahwa Imoo Z5 tiruan tidak bisa melakukan video call. Ketika video call berhasil, orangtua itu nyeletuk, “Ini kan harganya mahal, 3 jutaan.”

Si kerabat pun senyum-senyum.

Yang harus diperhatikan adalah, aplikasi Leefine sepertinya membutuhkan OS android versi tertentu supaya bisa diinstal. Saya pernah iseng mencari Leefine di smartwatch Zeblaze saya yang ber-OS android 5, dan ternyata tidak ditemukan.

Tertarik dengan A36E?

Harga jam A36E saat tulisan ini dibuat sudah turun di kisaran Rp 500.000-an serta tersedia dalam dua pilihan warna; biru dan pink, lagi-lagi seperti Imoo Z5.

Intermezo, si bungsu barusan nyeletuk,

“Ayah, (Imoo) Z6 bagus.”

Omai.

Keringat dingin pun mengucur.

Sumber Gambar: dokpri menggunakan Nokia 7

Artikel Terkait

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini. Disclaimer selengkapnya.

Artikel ini mendapat 134 views sejak dipublish

2 pemikiran pada “Imoo Z5? Ini A36E, Alternatif Terbaiknya”

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: