10 Menit Memahami Alur Cerita “Westworld” Season 1

10 Menit Memahami Westworld | Ryan Mintaraga (Image: Wallpaperbetter)
10 Menit Memahami Westworld | Ryan Mintaraga (Image: Wallpaperbetter)

Daftar Isi

Lama baca: 3 menit

Halaman sebelumnya

Westworld, Tokoh Sentral

Untuk bisa memahami alur cerita Westworld, terlebih dulu kita berkenalan dengan tokoh-tokoh yang menurut saya menjadi kunci di cerita tersebut, antara lain:

Dolores Abernathy

Dolores adalah host yang menjadi tokoh utama serial ini dengan parasnya yang cantik dan pesonanya yang memikat. Dolores adalah putri seorang peternak di Sweetwater, salah satu tempat di dunia Westworld dan menjadi persinggahan pertama bagi para tamu yang datang.

Sangat mudah mengenali Dolores karena ia hampir selalu mengenakan dress berwarna biru.

Robert Ford

Bersama Arnold Weber, Ford adalah pendiri Westworld. Sorot matanya terkesan misterius dan menyembunyikan sesuatu.

Saat seseorang berbicara dengannya, ia terkesan menyimak kata-kata lawan bicaranya meski jelas mereka berada di kubu berbeda.

Orang yang dingin dan nyaris tanpa emosi ini adalah seorang yang cerdas, cerdik, sekaligus kejam.

Man in Black

Pria tua berpakaian koboi serba hitam.

Ia merupakan sosok kejam yang dengan ringannya menghabisi para host. Kedatangannya ke Westworld adalah kali kedua untuk memecahkan teka-teki labirin yang disebut-sebut sebagai peninggalan Arnold.

Kabarnya pria tua tersebut sudah menjelajahi dunia Westworld sampai ke ujungnya dan berinteraksi dengan seluruh host di sana kecuali satu host misterius bernama Wyatt.

westworld season 1 (usatoday)
westworld season 1 (usatoday)

William

Pria muda yang baru pertama kali mengunjungi Westworld bersama Logan, kawannya.

Semula William adalah pria peragu, penuh kehati-hatian, dan terikat nilai-nilai moral, inilah yang membuatnya beberapa kali ditertawakan Logan. Namun dalam perkembangannya, William berubah menjadi sosok yang tak segan mengambil risiko bahkan terkadang kelewat batas.

Oke, lalu bagaimana memahami alur cerita Westworld?

Alur Waktu yang Melompat-lompat

Setelah menonton episode terakhir season 1, saya sadar bahwa alur cerita dalam serial tersebut melompat-lompat kronologinya. Itu yang akhirnya menjelaskan kenapa ada dialog yang terkesan aneh di beberapa episodenya.

Baca juga:  Marak! Komik Dewasa dengan Desain Karakter yang Imut (Hati-hati Memilih Bacaan untuk Anak)

“Saat kami manusia mengingat sebuah kenangan, kenangan itu hanya berupa sesuatu yang kabur, tidak jelas. Berbeda denganmu yang tidak bisa membedakan mana kenangan dan mana kehidupanmu saat ini,” ujar seorang teknisi pada satu host yang kebingungan.

Di Westworld, para host tidak bisa membedakan mana ‘kehidupan’ yang sedang ia jalani dan mana yang hanya berupa ingatan (memori). Bahkan Dolores juga merasakan hal yang sama.

“Ini kapan?” jeritnya. “Sekejap lalu aku bersamamu di sini, lalu kau tiba-tiba menghilang, dan aku berada di tempat lain, lalu kembali ke sini lagi. Apa yang sebenarnya terjadi?”

Lalu bagaimana cara kita sebagai penonton memahami mana peristiwa yang terjadi di masa lampau dan mana peristiwa yang terjadi di masa kini supaya tidak terjebak seperti para host?

Halaman Berikutnya: Memahami Alur Waktu dalam Westworld

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

2 pemikiran pada “10 Menit Memahami Alur Cerita “Westworld” Season 1”

  1. Saya juga suka baca karyanya Michael Crichton mas, novel dia favorit saya Congo. Ini saya rencana mau hunting novel bekas Michael Crichton sama John Grisham.

    Kemaren itu saya mau nonton westworld kok malas, saya pikir koboi paling ini. Ternyata unik juga ya temanya, lagian karyanya Michael Crichton, ntar saya nonton ah.

    Balas

Tinggalkan komentar