Cognos U8 Smartwatch (dokpri menggunakan Meizu M2 Note)

Review Cognos U8, Smartwatch Murah Seratus Ribuan

Terus terang saya memang penasaran pada benda bernama smartwatch sejak Sony merilis jam tangan pintar tersebut untuk seri Xperia-nya, hanya saja harga perangkat tersebut berada di luar garis yang sudah saya tetapkan.  Yah, saya pribadi masih belum merasa perlu memiliki sebuah jam tangan dengan harga jutaan.

Dan (sayangnya) smartwatch yang punya nama besar rerata dijual dengan harga tinggi, sampai akhirnya saya melihat sejak tahun 2015 di pasaran sudah hadir smartwatch buatan China yang dijual dengan harga murah.  Meski begitu, saya yakin beberapa bulan lagi harga yang sudah murah itu bakalan lebih murah lagi, karena itu saya masih menahan diri.

Hingga akhirnya di sebuah marketplace saya melihat Smartwatch U8 merk Cognos yang dijual di kisaran seratus ribuan!  Nama resminya agak panjang dan susah diingat : Cognos U Watch U8 Smart Watch, namun untuk gampangnya kita sebut Cognos U8 saja.

Sebentar, supaya tidak salah paham soal harganya, smartwatch ini kemarin saya dapat dengan harga Rp 115.000 menggunakan sistem pembayaran di tempat.

Begini isi paket smartwatch yang saya terima :

isi dalam kemasan cognos u watch u8 smartwatch (dokpri)

Isi paket terdiri dari :

  1. Smartwatch Cognos U8,
  2. Kabel charger seperti umumnya charger untuk smartphone,
  3. Buku manual berbahasa Indonesia dan jaminan dari penjual apabila barang yang kita terima ada cacat pabrik.

COGNOS U WATCH U8 SMARTWATCH, KESAN PERTAMA

Saya tidak menemukan spesifikasi resmi tentang Cognos U8, bahkan di kotaknya hanya terdapat informasi sbb :

  1. Jangkauan transmisi : 10 meter
  2. Waktu bicara : 3 jam
  3. Lamanya pengisian daya : 1 jam
  4. Daya tahan baterai saat memainkan musik : 6 jam
  5. Waktu siaga : 6 jam
  6. Versi Bluetooth : V3.0+EDR
  7. Dukungan bahasa : Multi / Indonesia
  8. Baterai : 230mAh

Saat pertama menyentuhnya, Cognos U8 terasa sangat ringan dengan bagian depannya terbuat dari plastik glossy berwarna hitam sementara bagian belakangnya – entahlah – mungkin stainless steel seperti umumnya jam?  Tampak luar Cognos U8 terkesan rapi, saya menilai finishing product-nya bagus, terlebih untuk sebuah produk dengan harga seratus ribuan.

Hanya jujur saja saya agak khawatir dengan kualitas kalepnya (tali jam) yang terbuat dari karet, sepertinya bahannya terlalu tipis, lentur, serta terkesan ringkih dan mudah robek.  Kekhawatiran itu masih berlanjut saat melihat karet penutup charging port-nya, kelihatannya bagian ini yang bakal lepas duluan.

Yang di tengah adalah karet penutup charging port Cognos U8 (dokpri)

Begini penampakan Cognos U8 saat saya kenakan :

Penampakan Cognos U8 di lengan kiri saya (dokpri)

Dengan menggunakan penggaris, dimensi smartwatch Cognos U8 kira-kira 4.5 x 5 x 1 cm (lebar, panjang, tebal), ukuran yang menurut saya ideal untuk sebuah jam tangan.

(ALMOST DEEP) REVIEW

Cognos U8 terhubung dengan smartphone Meizu M2 Note saya melalui jalur Bluetooth.  Tidak ada kesulitan saat dilakukan pairing antara smartwatch dengan smartphone, keduanya langsung saling mengenal saat dihubungkan.

Saat pertama dihubungkan, smartwatch mungkin meminta smartphone untuk menginstal aplikasi Fundo Companion melalui scanning QR Code.  Jika saya tidak salah, aplikasi tersebut berhubungan dengan aktivitas jalan kaki; berapa langkah yang sudah kita lakukan, berapa kalori yang dibakar, dan berapa jauh jarak yang kita tempuh.

Cognos U8 beroperasi menggunakan layar sentuh dan di bawah layar terdapat tiga tombol sentuh yaitu Menu/Confirm, Dial/Navigation, dan Back.  Respon layar dan tombol termasuk baik saat ditutul, bahkan bagi beberapa orang termasuk saya, layar terkadang terlalu responsif alias baru disentuh dikit sudah bereaksi.

Untuk mengakses menu, cukup sentuh tombol Menu/Confirm.  Layar kemudian akan menampilkan menu yang terakhir diakses.  Secara garis besar ada 20 menu utama yang dibagi dalam 4 menu untuk satu halaman.  Untuk ke halaman berikutnya, kita cukup melakukan swipe pada layar.

Adapun ke-20 menu itu tersusun sebagai berikut (saya menggunakan bahasa Inggris) :

  1. Settings, Anti Lost, Powersave, Profiles,
  2. Pedometer, Stopwatch, Bluetooth, Phonebook,
  3. Dialer, Messaging, Call Logs, Notifier,
  4. BT Music, Capture, Alarm, Calendar,
  5. Calculator, Sleepmonitor, Drink, dan Sedentary.
Sebagian tampilan menu di Cognos U8 (dokpri)

Belum semua menu saya jelajahi, hanya yang umum saja.

  1. Settings diantaranya untuk menentukan jam & tanggal, bahasa, dan tampilan jam (2 tampilan analog dan 2 tampilan digital) sbb :

    Pilihan tampilan jam di Cognos U8 (dokpri)
    Pilihan tampilan jam di Cognos U8 (dokpri)

  2. Anti lost, dengan fitur ini kita bisa membuat telepon berdering selama masih dalam jangkauan Bluetooth (radius 10 meter).
  3. Profiles untuk menentukan apakah smartwatch akan berdering, berdering dan getar, atau getar saja saat ada notifikasi atau pangilan masuk.  Khusus untuk notifikasi – selama penggunaan saya – Cognos U8 akan berdering/getar saat ada notifikasi Whatsapp, BBM, SMS, Instagram, dan facebook.  Notifikasi saja ya, jika kita ingin membaca pesan tersebut sila buka telepon kita.  Sekadar catatan, saya pribadi lebih nyaman menggunakan moda dering tanpa getar sehubungan dengan seringnya notifikasi yang masuk (saya diikutkan satu grup WA yang sangat aktif).
  4. Pedometer merupakan fitur untuk menghitung berapa banyak langkah yang sudah kita lakukan beserta waktu yang dibutuhkan.  Stopwatch?  Saya rasa cukup jelas.
  5. Phonebook?  Ya, kita bisa mengakses phonebook yang tersimpan di smartphone kita dari sini untuk kemudian melakukan panggilan keluar.  Hal yang sama juga berlaku untuk Messaging.
  6. Dialer merupakan fitur yang memungkinkan kita menelepon seseorang. Setelah menekan nomor tujuan, lanjutkan dengan menyentuh tombol Menu/Confirm.  Percakapan akan berlangsung dalam moda speakerphone di jam tangan.  Berasa futuristik hehehe…
  7. Capture, untuk menjalankannya terlebih dahulu aktifkan layar pada smartphone (buka kuncinya), setelah itu jalankan. Smartphone akan berganti menjadi moda kamera dan kita bisa mengetahui apa yang sedang dilihat kamera – melalui layar smartwatch.

Untuk menu lainnya, sila netter kulik sendiri.

KESIMPULAN

Setelah beberapa pekan penggunaan, saya menilai smartwatch Cognos U8 cukup fungsional – terutama bila sedang bermotor di jalanan, pun jika sedang berada di keramaian dimana suara dering telepon biasanya tidak terdengar.  Bahkan jika Meizu M2 Note saya titipkan di tas selempang si sulung, saya tak perlu sebentar-sebentar memeriksa barangkali ada missed calls, toh smartwatch akan berbunyi saat ada panggilan masuk.

Proses pengisian daya terhitung cepat, satu jam sudah penuh (jika baterai dalam keadaan kosong).  Daya tahan baterai termasuk sedang, rata-rata 24 jam jika terhubung dengan smartphone.  Penggunaan beberapa fitur saya rasa akan menguras daya tahan baterai.

Berhubung harga produk ini berada di angka seratus ribuan, tentunya ada satu-dua faktor yang harus kita maklumi terutama kurang halusnya tampilan huruf atau gambar pada layar smartwatch (jaggies alias bergerigi).  Kualitas layar ini makin terlihat saat kita menjalankan fitur Capture.

Yah, kalau mau yang layarnya halus dan tajam sih sila lirik smartwatch yang harganya juta-jutaan 🙂

dokpri

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat bagi netter yang mencari review smartwatch murah, selamat malam, selamat berakhir pekan, dan selamat menyongsong ibadah puasa Ramadan!

seluruh gambar dalam tulisan ini merupakan dokumentasi pribadi yang diambil menggunakan Meizu M2 Note.
Tulisan ini dipublish pertamakali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diizinkan dengan mencantumkan URL lengkap posting di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini
15.195 orang sudah membaca tulisan ini

45 thoughts on “Review Cognos U8, Smartwatch Murah Seratus Ribuan

  1. Pak, daya tahan baterai brapa jam saat terhubung dgn bluetooth? Kalau hanya sebagai jam biasa tahan brapa lama?

    Terima kasih

    • Semakin jauh jarak jam dengan handphone pasti pengaruh ke daya tahan baterai. Berdasar pengalaman, rata-rata saya nge-charge sehari sekali. Kalo sebagai jam tangan biasa bisa lebih lama, sekitar 2-3 hari, apalagi kalo kita sedikit ngutak-atik settingnya…

  2. saya baru beli disalah satu online shop pas ditekan tombol powernya ko ga nyala yah??apa baterainya dalam keadaan kosong jadi tidak bisa nyala

  3. Mantap reviewnya
    Asik nih kayanya, buat lari lumayan buat liat jarak sekalian waktunya.
    Sampe sekarang masih awet gak mas?

    • Jamnya sih masih ada, cuma lagi nggak dipake karena pasangannya (hapenya) lagi nggak ada, plus saya ternyata lebih suka jam biasa (pengalaman yang sama waktu pake jam kinetik yang nggak pake batre) hehehe…

    • Nah itu, saya juga masih belum tau, sama waktu beli dapet lempengan logam gitu, apa fungsinya juga masih misterius 🙂

  4. Mau tnya mas, klo dipake nelpon, suara org yg d telfon kok ga kdengeran yaa? Tpi suara sya d dnger sma yg d telfon

    • Kebetulan saya sendiri nggak ada masalah, Mas. Apa kondisi itu cuma terjadi sesekali, sering, atau selalu?

  5. mohon berbagi info gimana caranya setting BT location menggunakan wecare..sya coba tetapi selalu muncul warning IMEI is not exist dll..trimakasih

  6. bagaimana sara untuk menghubungkan kamera ya gan ? munculnya “download BT Notice dari Remote App” begitu…

    • Waktu itu saya tinggal tap menu Camera di smartwatch aja. Kalo muncul pesan “download BT Notice”, coba Masnya scan dulu QR code di smartwatch-nya untuk instal aplikasi (saya lupa adanya di menu apa karena jamnya lagi nggak deket-deket saya)…

    • Untuk informasi itu saya juga belum tau, Mas. Cepet lownya itu berapa lama? Maksudnya sejam, dua jam, atau berapa jam gitu?

  7. Mas, cognos saya kok kalendernya hanya sampai jan 2016 aja. Kenapa y? Apakah ad settings khusus? Thd.

  8. saya baru beli nih di lazada, kenapa ga bisa nyala yah , terus di charge ada notifikasi nya atau engga?? solanya punya saya ga ada reaksi apa2 ketika di charge.

    • Pengalaman saya pertama beli harus di-charge, untuk indikatornya pada saat nge-charge ada & kalo batre masih kosong biasanya agak lama baru muncul. Semoga nggak ada masalah apa-apa ya…

Tinggalkan komentar, komentar Anda mungkin memerlukan moderasi

%d blogger menyukai ini: