Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?

Mitos Putri Duyung | Ryan Mintaraga
Mitos Putri Duyung | Ryan Mintaraga

Daftar Isi

Lama baca: 2 menit

Halaman sebelumnya

Mitos Duyung di Eropa

Sewaktu berlayar melintasi perairan Karibia dengan tujuan Rio del Oro tahun 1493, Christopher Columbus menulis dalam jurnalnya;

“…tampak tiga putri duyung yang muncul cukup tinggi di atas permukaan air.  Namun mereka tak secantik dalam lukisan, walau mereka memiliki rupa manusia…,” yang dikutip dari ‘The Diary of Christopher Columbus’, 9 Januari 1493.

Seperti kebanyakan penjelajah bangsa Eropa, penemu benua Amerika itu meyakini keberadaan putri duyung.

Jauh sebelum mitos putri duyung tersebar di seluruh Eropa, bangsa Yunani mengenal siren, anak-anak perempuan Dewa Sungai Achelous yang berubah menjadi perempuan bersayap serupa burung dan memiliki suara merdu. Meski ada banyak versi tentang asal muasal siren, semuanya menyimpulkan satu hal:

Dengan nyanyian cinta dan kata-kata manis, Siren membujuk para pelaut untuk mengubah haluan, datang ke pulau mereka, kemudian dimangsa.

ilustrasi siren, fanpop

Dalam epos Odyssey (sekitar 800 SM), Homer seorang filsuf dan penulis asal Yunani mengisahkan pengalaman Odysseus (Ulysess) yang meminta seluruh awak kapalnya menutup telinga dengan lilin agar terhindar dari pengaruh nyanyian siren. Odysseus sendiri memutuskan melawan para siren. Ia meminta awak kapal mengikat tubuhnya kuat-kuat di salah satu tiang kapal. Para siren yang mendekati kapal Odysseus akhirnya mati dengan kepala membentur badan kapal.

lukisan ‘ulysess and the sirens’ karya h.j draper yang menggambarkan adegan dimana odysseus melawan para siren dan meminta awak kapal mengikuat tubuhnya kuat-kuat di tiang kapal, wikimedia

Kepercayaan adanya siren disebut sebagai salah satu faktor berkembangnya mitos putri duyung di Eropa. Hingga abad pertengahan banyak dilaporkan penampakan putri duyung yang konon gemar menyisir rambut panjangnya di atas batu karang sambil menatap cermin.

Halaman berikutnya: Duyung dari Yunani dan Assyria

Baca juga:  Hindari Hoax, Ini Situs Penyedia Informasi Corona Covid-19

Dipublish pertama kali di blog.ryanmintaraga.com.  Copasing diperbolehkan dengan mencantumkan lengkap alamat URL di atas atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran ini.  Disclaimer selengkapnya.

Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat

2 pemikiran pada “Putri Duyung, Benarkah Keberadaannya Hanya Mitos?”

  1. kalo netizen yg ga suka mencari tau dulu, apa itu beneran ato hanya hoax atopun ternyata property film, pasti lgs main sebar aja :D. tapi bagus banget yaaa buatannyaa..:D, aku malah jd penasaran ama filmnya. ga nonton pas diputer dulu

    Balas

Tinggalkan komentar