[ilustrasi tv dan android tv box, timedotcom]

Menonton YouTube dan Bermain Game di TV Menggunakan Android TV Box

Android TV Box?  Apa itu?

Meski nggak hobi banget, saya termasuk sering nonton di situs-situs streaming semacam Layar Kaca, Gogo Anime, dll ditambah saya memiliki akun Hooq dan Genflix.  Nah, jika sebelumnya film-film tersebut ditonton di layar komputer, laptop, atau tablet, kali ini saya ingin supaya film-film tersebut bisa ditonton di layar televisi.

Karena keinginan itulah saya membeli perangkat yang dikenal sebagai Android TV Box.

Setelah browsing kesana-kemari, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Android TV Box murah meriah bermerek MXQ.  Perangkat tersebut waktu itu saya beli dengan harga kurang dari Rp400.000!

Begini penampakannya:

[android tv box & kelengkapannya, dokpri menggunakan meizu m2 note]
[android tv box & kelengkapannya, dokpri menggunakan meizu m2 note]
Berikut spesifikasi perangkat yang saya beli:

  1. Quadcore processor
  2. 1 GB RAM
  3. 8 GB Memori internal
  4. 4 port USB & 1 slot kartu memori
  5. 1 port HDMI & 1 port AV
  6. Mendukung koneksi internet via LAN & WiFi
  7. Android versi 4 jika saya tidak salah ingat

Adapun sebelum memboyong Android TV Box, saya pribadi merekomendasikan hal-hal di bawah ini:

  1. Pastikan kita memiliki koneksi internet yang baik dan paket unlimited. Siapkan juga kabel LAN untuk menghubungkan perangkat dengan modem yang kita miliki (jika terdapat slot LAN pada modem).
  2. Untuk kenikmatan menonton, pastikan di pesawat televisi kita ada slot HDMI. Untuk suara, jika kita memiliki speaker aktif, tentu bakal lebih maksimal.

Paket pembeliannya terdiri dari:

  1. Perangkat Android TV box
  2. Remote
  3. Kabel power
  4. Kabel HDMI untuk menghubungkan perangkat dengan TV
  5. Buku manual

INSTALASI

Gambar di bawah ini hanya ilustrasi:

[perangkat android tv box beserta slot-slotnya, cnx-software]
[perangkat android tv box beserta slot-slotnya, cnx-software]
Proses instalasinya sangat mudah.

Pertama hubungkan kabel LAN dari modem ke port bertuliskan ETHERNET (jika melihat gambar di atas).  Di beberapa perangkat, Ethernet kadang ditulis sebagai RJ45 atau LAN.  Pokoknya hubungkan modem dengan perangkat agar perangkat bisa terhubung ke internet.

Berikutnya hubungkan kabel HDMI dari perangkat ke TV kemudian dengan menggunakan remote TV, carilah di mana input HDMI berada (biasanya ada di tombol ‘Source’ atau ‘Input’ pada remote, kemudian pilih ‘HDMI’).

Terakhir hubungkan kabel power karena perangkat yang saya beli tidak memiliki tombol On/Off.  Tunggu beberapa saat, kemudian begini kira-kira tampilan homescreen Android TV Box:

[homescreen android tv box mxq, youtube]
[homescreen android tv box mxq, youtube]
Perangkat pun siap digunakan!

APA YANG BISA DILAKUKAN OLEH ANDROID TV BOX?

Karena menjalankan sistem operasi Android, perangkat tersebut bisa melakukan hampir semua hal yang biasa dilakukan perangkat Android antara lain:

  1. Browsing
  2. Menonton YouTube
  3. Mengakses dan diinstal beragam aplikasi dari Google Play
  4. Mengakses e-mail
  5. Menonton streaming film dan TV online tentu saja

Karena itu saya juga merekomendasikan penggunaan USB mouse & keyboard supaya interaksi kita dengan perangkat lebih nyaman, apalagi jika mouse & keyboard-nya nirkabel.  Sedikit catatan, di pasaran tersedia perangkat yang disebut Air Mouse, merupakan perangkat input nirkabel dengan keyboard QWERTY seukuran kira-kira telapak tangan.  Air Mouse ini layak dipertimbangkan.

Saya sendiri menginstal permainan Final Fantasy Brave Exvius dan memainkannya di layar televisi.  Lumayan lah, berasa main game console 😊

Selain itu saya juga menginstal aplikasi radio streaming DeltaFM dan GenFM serta aplikasi TV online Tivi dan UseeTV meski jarang digunakan.

Bagi penikmat film, di perangkat yang saya beli sudah terinstal aplikasi bernama Kodi, karena itu apabila hendak membeli perangkat Android TV Box, tanyakan apakah Kodi sudah terinstal di dalamnya karena pengalaman saya menginstal Kodi lumayan rumit juga.

Dengan Kodi, kita bisa menonton ratusan (atau ribuan) streaming serial TV dan film dari beberapa server yang tersedia (saya tidak berkompeten membahas apakah masalah distribusi tayangan semacam ini legal atau tidak).

[begini kira-kira homescreen kodi, awesomepi]
[begini kira-kira homescreen kodi, awesomepi]
[sebagian list film di kodi, powerpi]
[sebagian list film di kodi, powerpi]
Jujur, untuk film saya lebih suka menonton di situs streaming favorit, namun untuk serial TV misalnya Humans, Terra Nova, Stargate Universe, Gotham, dsb saya lebih suka menonton di Kodi.  Masalahnya mungkin ada di subtitle (teks terjemahan) karena secara default film-film berbahasa asing itu tidak dilengkapi subtitle.  Namun dengan beberapa langkah pengaturan, kita bisa menampilkan subtitle Inggris maupun Indonesia (jika ada) yang diunduh dari situs-situs penyedia subtitle semacam SubScene, dll.  Menonton pun jadi makin nyaman.

KESIMPULAN

Dengan Android TV Box – apalagi yang sudah diinstal Kodi, kita bisa menonton film-film terbaru berkualitas HD di layar televisi karena jujur saja menonton di layar besar – apalagi dengan kualitas audio yang baik, pasti lebih memuaskan mata dan telinga kita.

Kita juga bisa memainkan game-game Android walau mungkin tidak semua karena pada dasarnya permainan di perangkat berlayar kecil dirancang untuk layar sentuh.

Dengan Android TV Box pula kita bisa mengakses internet.  Bahkan dengan menggunakan keyboard & mouse, kita bisa mengetik dokumen setelah tentu saja menginstal aplikasi untuk itu.

Mungkin satu-satunya kelemahan Android TV Box adalah karena berbasis Android, saat membelinya kita juga harus memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan (ingat, manajemen memori/aplikasi di Android masih kalah dibanding rival-rivalnya).  Perangkat yang saya miliki dengan RAM 1 GB kadang sedikit tersendat saat digunakan bermain game Final Fantasy Brave Exvius dan harus dibersihkan dulu cache-nya supaya lancar kembali.

Di pasaran, perangkat Android TV Box dijual dengan rentang harga bervariasi tergantung spesifikasi dan mereknya.

Berminat memiliki Android TV Box?

sumber gambar: pametnitelefoni
Tulisan ini dipublish pertamakali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diizinkan dengan mencantumkan URL lengkap posting di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini
32 orang sudah membaca tulisan ini

4 thoughts on “Menonton YouTube dan Bermain Game di TV Menggunakan Android TV Box

  1. Saya gak terlalu minat, soalnya masih senang nonton streaming dari komputer. Kebetulan komputer pakai kabel RJ45 juga, bukan Wifi. Jadi lumayan la. Kalau disuruh buka email dari tv kayaknya masih belum berani.

    • Kemarin beli tv 19 inch merek Changhong buat iseng nonton sambil nunggu renderan, harganya murah 1,1 juta, HDMI, support HD, bisa jd monitor PC pula hehehe

Tinggalkan komentar, komentar Anda mungkin memerlukan moderasi

%d blogger menyukai ini: