[ppdb online, grendengvillage]

Informasi PPDB Online DKI Jakarta 2017/2018

Tahun ini sulung saya Insyaallah lulus SD dan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP.  Seperti kebanyakan orangtua, kami (saya dan istri) mencari informasi seputar prosedur penerimaan siswa baru untuk jenjang SMP – terlebih karena sudah beberapa tahun ini prosedur PPDB dilaksanakan secara online.

Tulisan ini dibuat berdasar informasi yang saya dan istri dapatkan dari berbagai sumber, mohon maaf sebelumnya apabila fokusnya lebih ke prosedur PPDB SMP untuk wilayah Jakarta, dan mohon koreksinya apabila ada hal yang tidak tepat.

SITUS RESMI PPDB JAKARTA 2017/2018

Setelah sempat menyelenggarakan PPDB mandiri, tahun ini PPDB Jakarta kembali ke situs terpusat yang beralamat:

https://jakarta.siap-ppdb.com/

Secara pribadi saya merasa lega karena berdasar pengalaman dan pengamatan tahun-tahun sebelumnya, situs terpusat ini lebih stabil ketimbang situs PPDB mandiri yang pernah dibuat Disdik DKI.  Halaman awal situs di atas menampilkan navigasi menu PPDB untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, juga ada informasi kontak Disdik DKI Jakarta.  Di bilah kanan terpampang deretan ikon media sosial akun SIAP Online.

TAHAPAN PPDB

Untuk jenjang SMP, PPDB dilaksanakan tiga tahap yaitu:

  1. PPDB Tahap I Jalur Umum, 15 – 17 Juni 2017, jam 08.00 s.d 14.00 WIB
    Informasinya, di tahap ini sekolah menerima calon peserta didik dari mana saja baik dari seluruh wilayah provinsi DKI sendiri (35%) maupun dari luar DKI (5%).
  2. PPDB Tahap II Jalur Lokal, 20 – 22 Juni 2017, jam 08.00 s.d 14.00 WIB
    Di tahap ini, sekolah hanya menerima calon peserta didik yang domisilinya sama dengan sekolah tersebut. Kuota yang disediakan untuk tahap ini sebesar 55% dari daya tampung sekolah.
  3. PPDB Tahap III, 5 – 6 Juli 2017, jam 08.00 s.d 14.00 WIB
    Dilaksanakan jika sekolah ybs masih memiliki sisa kuota/bangku kosong. Di tahap ini, sekolah hanya menerima calon peserta didik yang domisilinya sama dengan sekolah tersebut.

Untuk jenjang pendidikan lainnya khususnya SD, sila merujuk langsung pada situs PPDB di atas karena setahu saya ada perbedaan tanggal.

ALUR PELAKSANAAN PPDB

[alur pelaksanaan ppdb, siap-ppdb]
[alur pelaksanaan ppdb, siap-ppdb]
Berdasar informasi yang didapat, berikut penjelasan alur pelaksanaan PPDB:

  1. Untuk bisa mendaftar PPDB online, calon peserta didik terlebih dulu harus memiliki akun PPDB.  Akun tersebut bisa didapat di beberapa sekolah yang disebut sebagai Sekolah Penyelenggara, tidak harus di sekolah yang menjadi tujuan.  Misalnya, calon peserta didik yang berdomisili di Jakarta Barat bisa mendapatkan akun PPDB di sekolah terdekat untuk kemudian mendaftar secara online di sekolah Jakarta Selatan.
  2. Untuk jenjang SMP, informasi lokasi Sekolah Penyelenggara (lokasi pendaftaran akun) bisa dilihat di https://jakarta.siap-ppdb.com/#!/020001/lokasi atau klik menu ‘Lokasi’ di situs PPDB lalu cari lokasi sekolah yang terdekat dengan domisili kita.
    [informasi lokasi pendaftaran akun, siap-ppdb]
    [informasi lokasi pendaftaran akun, siap-ppdb]
  3. Untuk bisa mendapatkan akun PPDB, Sekolah Penyelenggara akan melakukan verifikasi data, karena itu saat mendaftar lengkapi persyaratan yang diperlukan yaitu:
    – Memiliki SKHUN SD/MI, DNUN Paket A atau SKYBS
    – Berusia maksimal 18 tahun pada hari pertama masuk sekolah
    – Memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) dengan menunjukkan KK (Kartu Keluarga)
  4. Setelah lolos verifikasi dan memiliki akun PPDB, calon peserta didik bisa melakukan pendaftaran sekolah secara online di situs PPDB.
  5. Sistem akan secara otomatis melakukan seleksi terhadap calon peserta didik. Sepanjang yang saya tahu, seleksi dilakukan berdasar nilai rata-rata hasil US dan usia calon peserta didik.  Untuk jenjang SMP, proses seleksi PPDB Tahap I berlangsung sampai tanggal 17 Juni 2017.  Untuk jenjang dan/atau tahap lainnya, sila merujuk pada informasi di situs resmi PPDB.
  6. Apabila lolos seleksi tahap I, calon peserta didik wajib melakukan lapor diri (pendaftaran ulang) pada tanggal 19 – 20 Juni 2017. Apabila tidak lolos, calon peserta didik bisa mengikuti PPDB Tahap II pada tanggal 20 – 22 Juni 2017.  Untuk jenjang lainnya, sila merujuk pada informasi di situs resmi PPDB.

Satu catatan penting, di situs ini saya tidak menemukan tautan pengunduhan formulir pendaftaran akun PPDB, padahal saya rasa akan lebih mempercepat apabila form tersebut sudah diisi dari rumah.  Semoga pihak yang berwenang segera menyediakan formulir pendaftaran akun PPDB untuk diunduh.

INFORMASI LAIN

Informasi yang akan saya tuliskan ini kemungkinan lebih berupa tips dan didapat dari berbagai sumber yang saya anggap kompeten.  Mohon masukannya apabila ada hal yang tidak tepat ataupun ada tambahan.

APA YANG TERJADI JIKA CALON PESERTA DIDIK TIDAK MENDAFTAR ULANG?

Setelah dinyatakan lolos seleksi PPDB Tahap I, calon peserta didik diwajibkan mendaftar ulang (lapor diri) di sekolah tujuan.  Beberapa orangtua beranggapan bahwa apabila tidak lolos seleksi PPDB Tahap I, calon peserta didik dinyatakan gugur dan bisa mengikuti PPDB Tahap II Jalur Lokal.

Meski masih simpang-siur, saya pernah membaca informasi bahwa calon peserta didik yang tidak melakukan lapor diri setelah lolos seleksi PPDB Tahap I tidak bisa mengikuti PPDB Tahap II dan hanya bisa mengikuti PPDB Tahap III, itupun apabila sekolah masih memiliki sisa kuota.

Karena itu pastikan untuk lapor diri sesuai jadwal.  Sila merujuk pada informasi di situs resmi PPDB.

Itulah informasi yang saya tahu dan bagikan sehubungan dengan PPDB Online 2017/2018 – khususnya untuk jenjang pendidikan SMP di provinsi DKI Jakarta.  Untuk jenjang dan/atau wilayah lainnya, sila merujuk langsung ke informasi di situs terpusatnya yang beralamat di:

https://siap-ppdb.com/

Sebagai penutup, saya sangat berharap kesiapan infrastruktur PPDB tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.  Saya masih ingat penyelenggaraan PPDB tahun-tahun sebelumnya yang diwarnai keluhan seputar server yang down, situs yang tidak bisa diakses, maupun kena hack.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, selamat siang, selamat menjalankan ibadah puasa.

Tautan Luar:

  1. Situs Terpusat PPDB Online
  2. Informasi PPDB Online DKI Jakarta, Disdik DKI
  3. PPDB Online DKI Jakarta
  4. Jadwal PPDB Online DKI Jakarta (SD)
  5. Jadwal PPDB Online DKI Jakarta (SMP)
  6. Jadwal PPDB Online DKI Jakarta (SMA)
  7. Jadwal PPDB Online DKI Jakarta (SMK)
  8. Twitter SIAP Online
  9. Facebook SIAP Online
Sumber gambar : grendengvillage
Tulisan ini dipublish pertamakali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diizinkan dengan mencantumkan URL lengkap posting di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini
252 orang sudah membaca tulisan ini

2 thoughts on “Informasi PPDB Online DKI Jakarta 2017/2018

  1. Kebayang aja nih kalau infrastruktur PPDB online Jakarta kalau sudah siap bakalan bisa pakai aplikasi Google Play android. Makin canggih deh murid mendafatar ke sekolah favorit mereka.

    • Kalo nggak salah apps Google Play-nya sudah ada, Mas, fiturnya mirip sama versi webnya, cuma kemarin sudah instal tapi isinya nggak update, masih data tahun lalu…

Tinggalkan komentar, komentar Anda mungkin memerlukan moderasi

%d blogger menyukai ini: