bahasa gaul (nyunyu.com)

Bahasa Gaul Anak-anak ABG yang Bikin Ngakak

Dunia anak muda – tepatnya dunia anak-anak ABG selalu kreatif dengan memunculkan istilah-istilah baru yang bisa bikin orangtua geleng-geleng kepala, tertawa, atau malah mungkin bengong karena tidak tahu apa yang sedang dibicarakan anak-anaknya.

Sebagai ABG tahun 80-an, istilah-istilah yang dulu ngetop di masa itu diantaranya “memble” dan “kece“.  Harap maklum karena saya tinggal di daerah, tentunya pengaruh metropolitan tidak terlalu terasa.  Istilah-istilah di atas pun biasanya didapat dari film-film komedi Warkop DKI yang digawangi trio Dono, Kasino, dan Indro.

Saat ini arus informasi sudah mengalir deras dan cepat tanpa bisa dibendung sehingga apa yang hari ini sedang ngetren di satu tempat, bisa jadi esok hari sudah jadi tren juga di kota lain – termasuk penggunaan istilah dalam berbahasa.

Sejauh ini karena saya memiliki anak pra-ABG berusia 10 tahun, tentunya menjadi hal yang menarik ketika saya mendengarkan (dan mengamati) istilah-istilah yang mereka gunakan dalam percakapan sehari-hari, baik secara lisan maupun chatting.  Selain istilah seperti “unyu” dan “kepo” yang saya yakin sudah banyak dipahami netter semua, ada istilah seperti “baper”, “DL”, dan “PDKT”.

Apa sih artinya?

Ketika saya tanyakan apa arti istilah-istilah tersebut, awalnya sulung saya menjawab dengan jawaban khas anak ABG sekarang,

“Kepooo, yaah kepoo…”

Namun akhirnya dia memberitahu juga apa arti istilah-istilah tersebut.

  1. BAPER
    Baper artinya “dibawa perasaan“, kemungkinan digunakan pada teman yang sedang melow karena suatu hal, “Ah elo, gitu aja baper.”
  2. DL
    Jika kita menganggap DL adalah “download“, maka anak-anak ABG ini punya arti sendiri untuk istilah “DL” yaitu “derita lo“. Biasanya digunakan untuk menanggapi keluhan seseorang.
    Contoh :
    Ani : “Aduh, gua tadi dimarahi pak Guru gara-gara nggak ngerjain PR!”
    Eni : “Yaa itu sih DL.”
    Modifikasi untuk DL adalah IDL (Itu Derita Loe), Delon (Derita Lo Bloon atau Derita Lo Nyet)
  3. PDKT
    PDKT?  Pendekatan?  Bukan!  PDKT di sini artinya “Puasa Doang Kagak Taraweh“.  Ya sudahlah tahu artinya apa ‘kan?  Istilah aktual di bulan Ramadhan hehehe…

Itulah sedikit istilah-istilah yang saya tahu.  Di luar itu masih banyak istilah lain seperti :

  1. PHO : Perusak Hubungan Orang
  2. PHP : Pemberi Harapan Palsu
  3. KZL : kezel (kesel), biasanya digabung dengan kata “bingits”
  4. Bingits : banget
  5. Cuanet : lucu banget, mungkin ngomongnya sambil pasang ekspresi duck face alias monyong-monyongin bibir 🙂
  6. Kerdus : kerudung dusta, konon biasanya dialamatkan pada cewek-cewek yang menggunakan kerudung untuk menyembunyikan sesuatu
  7. Modus : modal dusta, selain itu masih banyak arti lain dengan pengertian serupa seperti “mengkhianati orang dengan ucapan salah”
  8. Palbis : paling bisa
  9. Mager : males gerak
  10. Woles : slow
  11. Jeremy Teti : jerawat
  12. Bopung : Bocah Kampung
  13. Gabut  : Gaji Buta (udah terima bayaran tapi nggak kerja-kerja)
  14. Bomat : Bodo Amat (masa bodo, nggak peduli)
  15. Cekidot (check it out) : silakan liat
  16. Afgan : Sadis
  17. Tijel : Tidak jelas
  18. BPJS : Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita, biasanya berhubungan dengan barang-barang KW
  19. Boper : Bocah perusuh
  20. SWAG : Single Woles Anti Galau, haha saingan sama WAGS
  21. Botol : Bodoh dan Tolol
  22. Taken : Udah ada yang punya (punya pacar maksudnya)

Yah sutralah, mungkin cuma segitu tingkat pengetahuan saya.  Sila ditambahkan jika netter punya perbendaharaan kata baru.

Oya, mumpung ini malam Minggu, ada sedikit pesan dari nenek nih,

“Buat yang pecongan, hati-hati ya jangkar keterusan, ntar hamidah kan berabe,” kalo mau tau artinya sila cek bahasa gaul jadul di sini.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, sukur-sukur menghibur.  Selamat bermalam Minggu, selamat menikmati THR 🙂

UPDATE :

Tulisan ini memancing minat netizen untuk ikut menyumbangkan istilah-istilah gaul masa kini, karena itu saya tambahkan daftarnya di bawah ini sbb :

  1. Gajebo : Gak Jelas Bo
  2. Keles : Kali (bukan sungai lho ya)
  3. Jago : Jawa Bego
  4. Gamon : Gagal Move On
  5. Tuti Konde : Tukang Tipu Konco Dewe = Tukang Tipu Teman Sendiri
  6. Ndeso : Kampungan
  7. Kepo : Mau tau urusan orang lain
  8. Oretz (all right) : oke, siap

Thx buat netizen yang ikut menyumbangkan istilah-istilah gaulnya 🙂

Tulisan ini dipublish pertamakali di blog.ryanmintaraga.com, copasing diizinkan dengan mencantumkan URL lengkap posting di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini
78.929 orang sudah membaca tulisan ini

34 thoughts on “Bahasa Gaul Anak-anak ABG yang Bikin Ngakak

    • Walaahh iya, ‘kepo’ kok belum masuk. Naah kalo ‘oretz’ baru tau nih, thx thx thx nanti aku update 🙂

  1. *sabi = bisa/ keren
    cth nya =1. ga sabi tempat nya tuh = ga keren tempat nya tuh
    2. lo sabi tempat gue gak = lo bisa tempat gue gak
    sans = santai
    *cth nya = sans donk bro = santai donk bro

    *sokin= sini
    cthnya = sokin gabung sama kita aja = sini gabung sama kita aja

    hehe saran doank mas 😛 😀

Tinggalkan komentar, komentar Anda mungkin memerlukan moderasi

%d blogger menyukai ini: